Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Unsur-Unsur Iklan Baris dalam Bahasa Indonesia

Unsur-Unsur Iklan Baris dalam Bahasa Indonesia
Definisi Iklan Baris


Iklan baris merupakan sebuah iklan yang mempunyai ruang terbatas. Bentuknya berbaris-baris mempunyai Panjang minimal dua baris dan maksimal 10 baris. Karena ruang yang diberikan tidak terlalu besar, maka iklan baris ini mempunyai banyak penyingkatan kata. Misalnya sebagai berikut,

1. MBL = Mobil
2. LB = Luas Bangunan
3. LT = Luas Tanah
4. HM = Hak Milik
5. Ush = Usaha
6. Ktr = Kantor
7. Pddkn = Pendidikan
8. Wlyh = Wilayah
9. Llsn = Lulusan
10. Mmbthkn = Membutuhkan
11. Dtng = Datang
12. Brpnglmn = Berpengalaman
13. Fas = Fasilitas
14. Lmrn = Lamaran
15. Dkrm = Dikirim
16. Min, Max = Minimal, Maksimal
17. Jl ry = Jalan Raya

Meskipun sebuah iklan, namun iklan baris tidak semuanya berbentuk fakta, karena iklan baris juga bisa mempunyai bentuk opini.
Iklan baris yang berbentuk fakta merupakan hal yang ditawarkan kepada orang lain mengenai informasi yang pasti, misalkan Luas Tanah & Luas Bangunan dalam iklan rumah, Tahun Pembuatan Mobil dalam iklan mobil, dan Penawaran Besaran Gaji dalam iklan lowongan pekerjaan.
Namun iklan yang berbentuk opini misalkan sebuah rumah yang dikatakan mempunyai “lokasi strategis”, nah strategis atau tidaknya sebuah lokasi untuk masing-masing orang berbeda-beda, maka inilah yang disebut dengan opini.

Advertisement

Unsur-Unsur Iklan Baris


1. Barang/Jasa/Informasi yang Ditawarkan atau Diumumkan

Unsur atau elemen pertama dalam iklan adalah barang, jasa, atau informasi apa yang ditawarkan di iklan tersebut.  Apakah itu lowongan pekerjaan, mobil yang dijual, rumah yang dijual atau disewakan, bahkan info kehilangan suatu benda yang kemudian diumumkan melalui iklan baris.

2. Informasi Mendalam Mengenai Objek yang ada di Dalam Iklan

Setelah ada barang, jasa, atau informasi lainnya yang menjadi objek dalam iklan, maka unsur selanjutnya adalah spesifikasi mengenai objek iklan tersebut. Hal ini ditujukan supaya pembaca atau calon konsumen memahami dengan baik sehingga tidak ada kesalahpahaman informasi ketika mereka membeli atau meminati iklan kita. Kedepannya, tidak ada penipuan yang bisa merugikan konsumen.

Beberapa informasi atau spesifikasi yang ditampilkan dalam iklan baris antara lain,

a. Kondisi

Misalkan ada seseorang mengiklankan sebuah mobil, maka informasi yang harus dia berikan apakah mobil tersebut baru atau bekas. Untuk iklan rumah, maka harus ada info kondisi rumah apakah ada bagian yang rusak atau tidak, apakah atapnya bocor, dinding yang retak, dan sebagainya.

Kondisi suatu barang atau jasa yang ditawarkan harus jelas kondisinya sehingga tidak ada kesalahpahaman informasi ke pembeli.

b. Harga

Harga juga merupakan elemen utama dalam informasi barang atau jasa. Satu hal yang harus diperhatikan adalah penjual sebaiknya tidak memberikan info harga yang menyesatkan.

Misalkan ada smartphone yang dijual dengan harga Rp 1 jutaan. Maka ada baiknya harganya memang berkisar antara 1 juta hingga maksimal 1,5 juta, bukan pada 1,99 juta. Jika hargamya 1,99 juta, maka tawarkan dengan harga yang tepat bukan dengan menyebut 1 jutaan.

c. Lokasi

Lokasi adalah informasi penting dalam spesifikasi iklan. Misalkan iklan properti, maka lokasi bisa menentukan harga dari properti tersebut, semakin lokasi berada di kota, atau lokasi tersebut strategis maka harga akan semakin tinggi bukan?

d. Posisi Pekerjaan & Syarat Pendidikan
Tentu saja, ini merupakan iklan lowongan pekerjaan dimana untuk memberikan lowongan yang jelas sehingga perusahaan mendapatkan karyawan yang sesuai, maka harus dicantumkan posisi pekerjaan apa yang dibutuhkan dan apa syarat Pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh pelamar.

e. Info/Syarat Lain

Misalkan dalam menjual sebuah mobil, ada informasi mengenai tambahan variasi atau upgrade fitur apa yang telah dilakukan terhadap mobil tersebut. Kemudian jika iklan properti berupa kredit rumah, maka diperlukan informasi lainnya seperti bagaimana syarat-syarat kredit rumah tersebut, dan sebagainya.

Pada intinya, informasi atau syarat lain ini bersifat penunjang untuk menampilkan iklan agar lebih jelas dan lebih memikat.

Baiklah, diatas adalah artikel mengenai unsur iklan baris di dalam penggunaan Bahasa Indonesia, semoga bermanfaat. Jika Anda ingin mencari contoh iklan baris, maka silakan klik link ini.
Back To Top