Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Definisi Majas Kontradiksi Interminus, & 40 Contoh Lengkap dalam Kalimat

Definisi Majas Kontradiksi Interminus, & 40 Contoh Lengkap dalam Kalimat


Majas Kontradiksi Interminus merupakan sebuah majas yang masuk ke dalam bentuk majas pertentangan. Kalimat majas ini sifatnya mempertentangkan atau berlawanan atas sebuah pernyataan tertentu. Biasanya, pernyataannya diawali dengan kata semua, kemudian majas kontradiksi interminus diawali dengan kata kecuali.

Berikut ini ada 40 contoh majas kontradiksi interminus yang bisa digunakan sebagai referensi.

1. Semua siswa yang ada di sekolah ini sudah pulang ke rumah, kecuali beberapa siswa yang mengikuti ekstrakulikuler Kelompok Ilmiah Remaja.
2. Semua outlet yang ada di sepanjang jalan ini menjual berbagai oleh-oleh, kecuali hanya satu toko diujung sana yang menjual sembako.
3. Semua buku telah disiapkan untuk dibawa, kecuali buku yang ada dipojok ruangan tersebut.
4. Setiap pagi, pak Ali bersepeda Bersama anak-anaknya mengelilingi kompleks, kecuali ketika ia sedang ada tugas kantor sehingga harus berangkat kerja pagi-pagi sekali.
5. Sejak dulu, karyawan di bengkel ini mampu memperbaiki semua mobil, kecuali mobil buatan Jerman yang saya bawa ini.

6. Dania sudah menyelesaikan semua biaya semester, hanya saja ia tetap belum bisa ikut ujian karena ada satu mata kuliah yang belum lulus.
7. Semua siswa mendapatkan nilai yang bagus di raport, kecuali beberapa siswa yang ketahuan merokok dikelas.
8. Hampir semua buku sudah ia baca, kecuali novel yang ada di ujung sana, karena itu adalah novel berbahasa Perancis dimana ia belum paham artinya.
9. Semua siswa wajib hadir di perkemahan sabtu minggu, kecuali yang sedang sakit.
10. Anggota yang ada di ruangan ini sudah memakai seragam, kecuali yang seragamnya tertinggal dirumah.

11. Dia berkata sudah tidak sanggup lagi bekerja di perusahaan ini, kecuali jika ada kenaikan gaji.
12. Diskon berlaku untuk pembelian semua produk, kecuali yang harganya dibawah 50 ribu.
13. Semua orang disini bergembira kecuali saya.
14. Pekerjaan ini tidak semua orang bisa, kecuali orang tersebut bersungguh-sungguh ingin melakukannya.
15. Kurma adalah sumber energi yang baik bagi tubuh sehingga cocok untuk penderita diabetes, kecuali yang dicampur dengan gula pasir.

16. Banyak mahasiswa yang bersuka cita merayakan wisuda, tetapi beberapa diantaranya tampak bersedih karena orang tua mereka tidak datang.
17. Ayah mampu berbicara semua Bahasa Daerah, hanya saja untuk Bahasa Batak, beliau kurang fasih.
18. Saya dahulu bersekolah di Arab Saudi mengandalkan kiriman biaya dari orang tua, kecuali pada waktu-waktu musim haji dimana saya mendapatkan penghasilan dari menjadi Tour Guide.
19. Seluruh rumah subsidi sudah selesai dibangun, kecuali 5 rumah yang harus dibangun ulang karena bahan baku yang kurang baik.
20. Rata-rata penjahat yang keluar dari penjara sudah bertaubat, kecuali mereka yang lingkungannya kurang baik sehingga kembali terjerumus pada perbuatan jahat.
Advertisement

21. Daniel sudah mampu berbicara Bahasa jawa, hanya saja ia masih kurang fasih dan masih harus banyak berlatih.
22. Pada tanggal 17 Agustus, semua siswa & guru wajib hadir untuk upacara bendera di lapangan sekolah, kecuali yang menjadi perwakilan di ibukota provinsi.
23. Semua anggota pecinta alam sudah siap berangkat, hanya saja Fina masih harus membeli jas hujan di pasar terdekat.
24. Andrea bisa mengerjakan semua soal Matematika yang saya berikan, tetapi ia masih harus mempercepat strategi pengerjaan agar tidak kehilangan banyak waktu saat olimpiade berlangsung.
25. Semua buku yang ada di atas meja boleh disumbangkan, kecuali yang sudah sobek baik sampul maupun lembar didalamnya.

26. Tidak ada perabot tersisa karena banjir bandang yang melanda semalam, kecuali emas perhiasan karena ibu memasukkannya di dalam saku.
27. Biasanya ketika akhir pekan ia bertamasya ke luar kota, kecuali kali ini dimana ia sedang berbaring di rumah sakit akibat kecelakaan kemarin.
28. Jamu kunyit adalah salah satu minuman yang menyehatkan tubuh, kecuali jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan mandul bagi wanita.
29. Olahraga baik bagi tubuh, tetapi jika dilakukan pada malam hari efeknya kurang bagus karena malam adalah waktu tubuh beristirahat.
30. Semua harga barang yang ada di toko kami sudah didiskon, kecuali untuk baju anak karena kami merasa labanya begitu rendah.

31. Semua santri harus membaca surah Al Waqiah berulang-ulang pagi ini, kecuali yang tadi malam sudah melakukannya selepas sahur.
32. Karyawan yang ingin makan siang bisa ke ruangan sebelah mushola, kecuali yang sudah makan siang di rumah bisa langsung mengikuti acara training lanjutan.
33. Semua adik saya ingin menjadi tentara, kecuali adik nomor tiga karena ia sepertinya lebih menyukai dunia mengajar.
34. Air di desa saya merupakan barang langka, kecuali jika di bulan Desember dimana curah hujan sedang tinggi-tingginya.
35. Biasanya Mbah Parmin selalu menyapa orang yang ia temui, tetapi pagi ini ia diam saja ketika saya mengucapkan salam kepadanya.

36. Tidak ada yang bisa Sinta lakukan pagi ini, kecuali terus-menerus mengeluh dan berteriak menahan rasa sakit.
37. Beberapa karyawan masih berada di kantor hingga larut malam, kecuali yang sudah menyelesaikan pekerjaan di awal waktu sehingga mereka bisa pulang lebih cepat.
38. Dia bisa menyelesaikan semua pekerjaan rumah kecuali memasak karena lidahnya sepertinya kurang peka terhadap rasa makanan.
39. Bayu anak yang pandai, tetapi ia bukan anak yang baik karena beberapa kali saya lihat ia berkata kasar kepada orang tuanya.
40. Harta yang kita cari di dunia akan kita tinggalkan kecuali beberapa barang dan uang kita sumbangkan di jalan Allah Azza Wa Jalla.

Baiklah teman-teman semua, semoga bermanfaat artikel yang saya tulis kali ini.

Back To Top