Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Definisi, & Contoh Kalimat Persetujuan, Penolakan, & Penyanggahan

Definisi, & Contoh Kalimat Persetujuan, Penolakan, & Penyanggahan


Definisi


a. Kalimat Persetujuan

Sesuai dengan Namanya, kalimat persetujuan adalah ungkapan tanda setuju dan tidak setuju yang diwujudkan dalam bentuk kalimat. Pada umumnya, kalimat persetujuan ini diungkapkan dalam sebuah diskusi, dimana seseorang menyatakan setuju atas sebuah pendapat atau solusi  tertentu.

b. Kalimat Penyanggahan

Kalimat penyanggahan adalah ungkapan rasa tidak setuju yang diwujudkan dalam bentuk kalimat. Juga disertai dengan alasan yang rasional dan masuk akal sehingga memberikan kekuatan pada sanggahan tersebut.

c. Kalimat Penolakan

Kalimat penolakan adalah kalimat yang diungkapkan untuk menolak pendapat orang lain dalam sebuah diskusi. Untuk memberikan penolakan atas pendapat, maka penyampaiannya harus sopan dan disertai dengan alasan atau argumentasi yang masuk akal.

Advertisement

Contoh


a. Kalimat Persetujuan

1. Saya setuju dengan pendapat Anda bahwa Internet mempunyai manfaat yang positif apabila penggunaannya diawasi terutama pada usia anak-anak dan remaja.
2. Saya sangat mendukung perkataan Anda dimana pembangunan jalan aspal hingga ke desa-desa harus menjadi prioritas suatu daerah.
3. Pendapat Anda tentang peremajaan hutan dimana kita harus menanam pohon lebih banyak dari yang kita tebang adalah ide yang bagus. Saya Bersama aparatur desa akan mendukung rencana tersebut.
4. Pemberian saluran irigasi kepada desa-desa di kecamatan Sidonggo adalah solusi yang kami dukung sepenuhnya.
5. Saya sangat setuju dengan ide penjualan produk dari rumah ke rumah karena cara itu efektif untuk mendapatkan pelanggan.
6. Kami mendukung sepenuhnya jika Komputer sekolah harus segera diperbaharui mengingat banyak sekali perangkat lunak yang sudah tidak dapat dijalankan karena rendahnya spesifikasi. 
7. Saya dukung ide bisnis hidroponik karena cocok dengan keterampilan sebagian besar warga yang merupakan petani sayuran.
8. Kami setuju terhadap ide pengadaan kantin khusus di dalam sekolah karena siswa tidak perlu jajan keluar sekolah ketika istirahat.

b. Kalimat Sanggahan

1. Solusi pembuatan meja kantor yang Anda kemukakan sepertinya bukan ide yang bagus karena biaya yang harus dikeluarkan terlalu besar.
2. Menurut saya, pemberian bantuan tunai kepada petani tidaklah tepat, sebaiknya kita memberikan bantuan alat sehingga bisa bermanfaat dalam kurun waktu yang lebih lama.
3. Saya rasa ide Anda tentang memindahkan kegiatan ekstrakulikuler ke hari Ahad adalh hal yang tidak tepat. Karena, hari Ahad adalah hari lubur dimana siswa seharusnya berkumpul dengan kaluarga.
4. Kami berpendapat bahwa ide meningkatkan gaji karyawan kurang cocok dengan iklim perusahaan karena Anda tahu bahwa di tahun pertama, kita mengalami kerugian besar.
5. Pendapat Anda mengenai siswa harus membawa makanan siap saji ketika akan berkemah saya rasa kurang tepat. Justru lebih baik mereka belajar memasak di kegiatan perkemahan nanti.
6. Penyampaian aspirasi Anda memang bagus, namun saya rasa belum tepat disampaikan saat ini mengingat para direktur perusahaan sedang pergi berlibur.
7. Mohon maaf, pendapat mengurangi jam kerja di siang hari agar karyawan bisa beristirahat lebih, saya pikir bukan solusi yang baik.
8. Mohon izin berpendapat, kami rasa pendapat bapak tentang peniadaan mata pelajaran Komputer tidaklah tepat karena sesuai dengan hasil voting, 90% siswa masih amat berminat dengan mata pelajaran tersebut.


c. Kalimat Penolakan

1. Kami dengan tegas menolak acara kerja bakti pembangunan jalan RT, karena kita memiliki dana yang cukup bahkan untuk membayar puluhan pekerja atau pembuat jalan.
2. Dengan pendanaan perusahaan yang masih minim, saya tidak setuju dengan acara liburan akhir tahun bagi seluruh manajer karena hal itu hanya akan menghabiskan uang.
3. Ide penghapusan pembuatan sim online adalah opini yang buruk. Saya terus terang menolak pendapat itu karena justru di zaman sekarang semua hal harus serba online dan didukung oleh teknologi.
4. Kami menolak jika kita pergi ke lokasi malam ini, karena cuaca sangat dingin dan bisa membuat kita sebuah terkena hipotermia.

Itulah definisi serta contoh kalimat persetujuan, penolakan, dan juga kalimat sanggahan.

Back To Top