Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Penjelasan Singkat dan Contoh Teks Laporan dalam Bahasa Indonesia

Penjelasan Singkat dan Contoh Teks Laporan dalam Bahasa Indonesia - Salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia adalah teks laporan. Jenis teks ini sering kita temukan dalam berbagai macam buku laporan kegiatan, laporan perjalanan / wisata, dan sebagainya. Salah satu hal yang menjadi ciri dari teks laporan adalah teks ini menceritakan tentang suatu kejadian / peristiwa secara kronologis. Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan singkat dan contoh teks laporan dalam bahasa Indonesia.

A. Penjelasan tentang Penulisan Teks Laporan


Terdapat beberapa bagian yang harus dietahui sebelum menulis sebuah teks laporan yaitu sebagai berikut.

1. Judul

Cantumkan nama penulis dan tanggal

2. Rangkuman 

Tulislah hal – hal yang penting dalam suatu peristiwa/ kejadian yang ingin dilaporkan. Tulislah semua hal yang penting terkait dengan peristiwa tersebut namun tidak dengan bahasa yang berbelit – belit. Cukup gunakan bahasa yang sederhana saja namun sudah mencakup semua informasi penting yang ingin disampaikan kepada pembaca.

3. Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian penting dalam penulisan teks laporan. Pada umumnya, bagian ini ditulis di lembar pertama. Dalam bagian ini, jelaskanlah kepada pembaca tentang masalah apa yang ada dalam kejadian tersebut dan tulislah alasan kenapa teks laporan tersebut dibuat. Pada bagian ini juga, jelaskanlah beberapa kosakata yang sekiranya tidak dimengerti oleh masyarakat umum dan juga jelaskan bagaimana kamu akan menguraikan isi laporanmu.

4. Isi

Bagian ini merupakan bagian utama dalam penulisan laporan. Pada bagian ini biasanya terdapat sub bagian dengan sub judul yang berbeda. Sub bagian tersebut umumnya disusun sesuai dengan tingkat kepentingannya. Sub bagian yang memiliki informasi paling penting ditulis di bagian awal.

5. Kesimpulan

Pada bagian ini, hindari menulis atau menambahkan sebuah topik baru. Bagian kesimpulan adalah bagian dimana kamu menulis poin utama mengapa kamu menulis laporan tersebut. Bagian ini biasanya berdampingan dengan bagian rangkuman dan terletak setelahnya.

6. Rekomendasi

Bagian ini berisi saran – saran / rekomendasi yang ingin kamu sampaikan kepada para pembaca terkait dengan hal yang telah kamu uraikan dalam bagian isi laporan. Jangan lupa untuk mengurutkannya sehingga dapat dimengerti dengan baik oleh para pembaca.

Advertisement

B. Contoh Teks Laporan Singkat


Berikut ini adalah 2 contoh teks laporan singkat pada bagian rangkuman.

Contoh 1

Contoh tes laporan untuk majalah sekolah yang menggambarkan Festival Budaya yang diadakan di sekolah dan beberapa sekolah di kota ikut serta dalam festival tersebut.

TEKS LAPORAN
FESTIVAL BUDAYA
-Robin Dey-
24 Oktober 2014

Pada 22/10/2014, Cultural Fest yang penuh warna dan berkesan diselenggarakan di sekolah kami. Acara ini sepanjang hari dan diadakan di auditorium sekolah kami. Dalam acara besar ini, banyak sekolah dari kota kami ambil bagian.

Pertunjukan akbar dimulai dengan kedatangan berbagai tim dari sekolah. Kemudian Kepala Tamu, Kolektor Distrik, dari Distrik kami, tiba bersama istrinya. Ada sambutan warna-warni yang diikuti oleh pencahayaan lampu. Itu disertai oleh Vandana Saraswati merdu, memanggil dewi pengetahuan dan kebijaksanaan. Itu diikuti oleh pidato sambutan yang diberikan oleh Kepala Sekolah kami. Kemudian ada buket presentasi kepada para tamu undangan dan acara akbar dimulai. Itu adalah pertunjukan yang benar-benar memukau ketika tim-tim dari berbagai sekolah menyajikan banyak program. ada nyanyian, tarian, pembacaan puisi, sandiwara, mimikri, pertunjukan mono, kombinasi klasik dan modern dari beberapa angka penyadapan kaki. Semua orang duduk terpaku pada pertunjukan. Ketua Tamu sangat memuji seluruh acara. Dia membimbing dengan kata-kata inspirasinya dan mengilhami untuk melakukan yang lebih baik. Itu diikuti oleh pengumuman tim pemenang, Sekolah ABC kota kami. Tim dari sekolah kami mengantongi posisi kedua dan semua orang saling memuji. Itu diikuti oleh suara terima kasih formal dan acara berakhir.

Kami benar-benar menikmati banyak hal dan menyebar dengan harapan yang tulus bahwa acara-acara besar seperti itu harus diselenggarakan berulang kali dan memberi siswa kesempatan untuk menampilkan bakat mereka.

Contoh 2

Contoh laporan untuk surat kabar yang menggambarkan kemacetan di mana banyak pengemudi terjebak selama berjam-jam.

TEKS LAPORAN
KEMACETAN LALU LINTAS
-Shailey John-
24 Oktober 2014

Kemarin pada 23/10/2014, jalan raya utama yang menghubungkan dua pinggiran utama kota kami menyaksikan kekacauan nyata dalam bentuk kemacetan lalu lintas di mana ribuan orang ditangkap selama beberapa jam,

Saat itu sekitar jam 5 sore dan pengunjung kantor, bus sekolah dari berbagai sekolah dan pedagang bersama dengan yang lainnya kembali dari rute yang sibuk. Lalu lintas berjalan lancar tetapi tiba-tiba kendaraan berhenti tiba-tiba. Ada kebingungan di antara semuanya. Lalu lintas tidak bergerak bahkan satu inci pun. Segera kemarahan meletus di antara banyak orang. Kesabaran perlahan meleleh dan ada pertengkaran, pembicaraan panas, dan bahkan beberapa keluar dari kendaraan mereka dengan marah. Dengan marah, semua orang jengkel mengetahui penyebab kemacetan itu. Orang-orang terburu-buru untuk mencapai tujuan mereka, tetapi bahkan tidak ada satu pun petugas polisi lalu lintas yang terlihat di sekitarnya. Kemudian beberapa anak muda yang bersemangat melompat ke tempat kejadian dan mulai membersihkan tempat kejadian. Mereka sampai di tempat pemberhentian dimulai. Seseorang yang terluka parah terlihat pingsan di dalam mobil yang rusak. Situasi dipahami dan segera ambulans dipanggil oleh penonton. Dalam waktu singkat, ambulans datang diikuti oleh polisi juga. Butuh dua jam untuk membersihkan lalu lintas. Tetapi akhirnya orang yang terluka dibawa ke ambulans, mobil yang rusak diambil oleh polisi dan lalu lintas bergerak.

Demikianlah penjelasan singkat dan contoh teks laporan dalam bahasa Indonesia. Semoga penjelasan singkat tersebut dapat menambah pengetahuan teman – teman tentang jenis teks ini. Semoga bermanfaat!

Back To Top