Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bahasa Indonesia

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bahasa Indonesia - Beberapa teks yang teman – teman baca dalam koran atau pun majalah mungkin dapat berupa teks eksplanasi. Apakah itu teks eksplanasi? Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi penjelasan tentang terjadinya suatu peristiwa / fenomena. Jenis teks ini juga dapat ditemukan di ensiklopedia. Untuk memahami jenis teks ini, berikut ini adalah contoh teks eksplanasi singkat bahasa Indonesia.

Contoh 1


Bagaimana Pengangguran Terjadi

Pengangguran adalah keadaan di mana seseorang tidak memiliki pekerjaan, berada dalam umur untuk bekerja, dan saat ini sedang mencari pekerjaan. Tingkat pengangguran digunakan dalam studi ekonomi dan indeks ekonomi seperti Indeks Conference Leading Indicators Amerika Serikat. Tingkat ini ditentukan sebagai persentase dari mereka yang berada dalam angkatan kerja tanpa pekerjaan. Ada beberapa jenis pengangguran yang umum disebutkan yaitu sebagai berikut.

Pertama, pengangguran friksional. Jenis pengangguran ini terjadi ketika seorang pekerja berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Sementara dia mencari pekerjaan, dia mengalami pengangguran friksional. Ini adalah bagian produktif dari ekonomi, meningkatkan kesejahteraan jangka panjang pekerja dan efisiensi ekonomi.

Kedua, pengangguran klasik. Jenis pengangguran friksional atau upah riil terjadi ketika upah riil untuk suatu pekerjaan ditetapkan di atas tingkat kliring pasar. Hal ini sering dianggap berasal dari intervensi pemerintah, seperti dengan upah minimum, atau serikat pekerja.

Ketiga, pengangguran struktural. Pengangguran jenis ini disebabkan oleh ketidaksesuaian antara pekerjaan yang ditawarkan oleh pemberi kerja dan pekerja potensial. Ini mungkin berkaitan dengan lokasi geografis, keterampilan, dan banyak faktor lainnya. Jika ketidaksesuaian seperti itu ada, pengangguran friksional cenderung lebih signifikan juga.

Keempat, pengangguran musiman terjadi ketika suatu pekerjaan tidak diminati pada musim-musim tertentu. Pengangguran jenis ini juga diakibatan dengan ketidaksesuaian antara kemampuan dan jenis pekerjaan yang ditawarkan sehingga meski ada lowongan pekerjaan, jumlah pengangguran tetap besar.

Terakhir, pengangguran siklis atau juga dikenal sebagai pengangguran yang kekurangan permintaan. Jenis pengangguran ini terjadi ketika tidak ada permintaan agregat yang cukup untuk tenaga kerja. Ini disebabkan oleh resesi siklus bisnis dan upah tidak turun untuk memenuhi tingkat keseimbangan.

Advertisement

Contoh 2


Asal-usul Bahasa Slang

Slang adalah penggunaan kata-kata dan ekspresi informal untuk menggambarkan suatu objek atau kondisi. Kata slang adalah kosa kata yang dimaksudkan untuk ditafsirkan dengan cepat tetapi tidak harus secara harfiah, karena kata-kata atau istilah slang sering merupakan metafora atau alegori.

Pertama, salah satu penggunaan bahasa gaul adalah untuk menghindari tabu sosial, karena bahasa utama cenderung menghindar dari membangkitkan realitas tertentu. Karena alasan ini, kosa kata bahasa gaul sangat kaya dalam bidang-bidang tertentu, seperti kekerasan, kejahatan dan yang lainnya. Fakta menarik tentang kata slang adalah bahwa kata itu awalnya merupakan istilah slang untuk frasa lama bahasa Prancis "sale langue", yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berarti "bahasa kotor". Bahasa ini bisa tumbuh hanya dari keakraban dengan hal-hal yang dijelaskan. Sebagai contoh, di antara para penikmat anggur, Cabernet Sauvignon mungkin dikenal sebagai "Cab Sav", Chardonnay sebagai "Chard" dan seterusnya; ini berarti bahwa penamaan anggur yang berbeda menghabiskan upaya yang tidak berlebihan. Ini juga berfungsi sebagai kode bersama di antara para penikmatnya.

Kemudian, bahkan dalam satu komunitas bahasa tunggal, bahasa gaul cenderung sangat bervariasi di seluruh strata sosial, etnis, ekonomi, dan geografis. Bahasa gaul terkadang tumbuh semakin umum hingga menjadi cara dominan untuk mengatakan sesuatu, yang pada saat itu dianggap sebagai bahasa umum yang dapat diterima (mis., Kata Spanyol caballo), sementara di waktu lain bahasa tersebut mungkin tidak digunakan lagi. Banyak istilah slang masuk ke pidato arus utama informal, dan kadang-kadang ke pidato formal, meskipun ini mungkin melibatkan perubahan makna atau penggunaan.

Selain itu, bahasa gaul sangat sering melibatkan penciptaan makna novel untuk kata-kata yang ada. Sangat umum untuk makna novel seperti itu untuk menyimpang secara signifikan dari makna standar. 

Istilah slang sering dikenal hanya dalam klik atau dalam kelompok kecil. Misalnya, Leet ("Leetspeak"), awalnya hanya populer di kalangan sub-budaya Internet tertentu, seperti cracker ("peretas" jahat) dan gamer video online. Namun, selama tahun 1990-an dan 2000-an, Leet menjadi semakin umum di Internet, dan bahkan telah menyebar di luar komunikasi berbasis Internet dan ke dalam bahasa lisan. Jenis lain dari bahasa gaul, dengan akar dalam budaya Internet, adalah bahasa teks (txt atau chatspeak), yang banyak digunakan dalam pesan instan di Internet (berbicara AOL) dan ponsel (bahasa SMS).

Contoh 3


Kemiskinan

Kemiskinan adalah suatu kondisi yang umumnya mengacu pada kondisi ketika seseorang tidak memiliki uang untuk menopang kebutuhan dasar manusia mereka seperti makanan, tempat tinggal, pakaian, air minum yang aman. Kemiskinan juga ditandai oleh kurangnya akses ke pendidikan, informasi, dan perawatan kesehatan. 

Tidak seperti apa yang dipikirkan banyak orang, masalah kemiskinan tidak terbatas pada negara-negara berkembang saja. Bahkan di belahan dunia maju, sebagian kecil dari populasi sering hidup dalam kemiskinan. Di dunia sekarang ini, dengan kesenjangan yang semakin lebar antara si kaya dan si miskin, fraksi ini berkembang dengan kecepatan yang meningkat. Di Hong Kong, sebagai contoh, dari 1996 hingga 2006, jumlah orang di bawah Skema Bantuan Jaminan Sosial Komprehensif meningkat secara drastis dari 223.384 menjadi 521.611.

Demikianlah contoh teks eksplanasi singkat bahasa Indonesia. Semoga beberapa contoh teks eksplanasi tersebut dapat bermanfaat bagi teman – teman semua. Terima kasih.

Back To Top