Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Teks Deskriptif Singkat tentang Orang dan Benda

Contoh Teks Deskriptif Singkat tentang Orang dan Benda - Sama halnya seperti bahasa Inggris, bahasa Indonesia pun memiliki berbagai macam teks. Salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia membahas tentang gambaran seseorang, binatang, atau pun benda. Jenis teks ini disebut dengan teks deskriptif. Untuk lebih jelasnya tentang teks jenis ini, berikut ini adalah contoh teks deskriptif singkat tentang orang dan benda.

Contoh 1


Apa yang Membuat Seorang Teman Disebut sebagai Teman Ideal?

Menyebut seseorang sebagai teman yang ideal bukanlah hal termudah untuk dilakukan oleh setiap orang. Setiap orang memiliki persepsi tersendiri tentang apa yang akan terjadi. Namun, secara umum, ada atribut tertentu yang oleh sebagian besar orang dianggap sebagai karakteristik teman yang ideal. Setia, dapat dipercaya, terbuka untuk menunjukkan kelemahan, kepedulian, meyakinkan, dan mengilhami adalah kualitas umum yang dilekatkan oleh sebagian besar orang kepada ‘teman-teman ideal’.

Loyalitas adalah atribut yang biasa diberikan kepada ‘teman-teman ideal’. Selain itu, teman-teman ideal biasanya disebut sebagai orang yang dapat dipercaya. Dalam sebuah pernyataan oleh Psychology Today, mereka mengatakan bahwa, “Kepercayaan sering kali merupakan elemen yang dapat “membangun atau menghancurkan” hubungan antarpribadi. Setiap pelanggaran, terlepas dari besarnya yang dipersepsikan, dapat menghancurkan suatu hubungan. Kepercayaan terdiri dari beberapa komponen, termasuk kejujuran, ketergantungan, dan kesetiaan, dan sementara masing-masing penting untuk hubungan yang sukses, kejujuran dan ketergantungan telah diidentifikasi sebagai yang paling vital dalam bidang persahabata” (“13 Ciri Penting dari Teman Baik” ). 

Sejalan dengan kejujuran, atribut lain yang sering diguanakn untuk menyebut seseorang sebagai teman ideal adalah  kemampuan menunjukkan kelemahan seseorang. Menurut Book of Life, "Teman yang ideal tidak berusaha membuktikan seberapa kuat dan sukses mereka; sebaliknya, cukup sering mereka memberi tahu kami hal-hal yang canggung dan berpotensi memalukan tentang diri mereka sendiri. Mereka menunjukkan betapa mereka mempercayai kita dengan mengakui kegagalan dan kesedihan yang akan membuka mereka terhadap kemungkinan penghinaan dari dunia luar. Mereka memberitahu kita tentang kerentanan mereka”. Keterbukaan itu dihargai, karena agar dekat dengan seorang individu, seseorang harus mau berbagi perasaan dan keadaannya yang sebenarnya.

Banyak orang mengatakan bahwa kepedulian adalah inti dari cinta. Teman akan datang dan pergi dalam hidup kita, tetapi yang lebih penting adalah penerimaan teman Anda akan diri Anda apa adanya. Seorang teman yang baik akan menunjukkan bahwa mereka peduli dengan tindakan kita baik yang besar ataupun kecil. Teman yang ideal peduli dengan kesejahteraan kita atas masalah apa pun yang mungkin timbul di antara kita. Idealnya, seorang teman akan melakukan yang terbaik untuk mengangkat semangat Anda ketika Anda sedang down.

Seorang teman yang ideal dapat menjadi inspirasi atau memberikan ide bagi kita. Seorang teman yang baik dapat memberikan ide nya atau menceritakan pengalamannya kepada kita untuk mengembangkan pemikiran kita. Mereka melihat potensi dalam apa yang kita katakan ketika kita tidak tahu bahwa ada potensi dalam diri kita. Jadi, seorang teman yang ideal memungkinkan kita untuk mengembangkan ide-ide kita dan menjadikannya lebih besar dari pemikiran kita sesaat.

Ada lebih banyak kualitas yang bisa dibicarakan ketika berbicara tentang teman yang ideal. Namun, ini adalah yang paling umum disebutkan. Loyal, dapat dipercaya, terbuka untuk menunjukkan kelemahan, peduli, meyakinkan, dan menginspirasi sering dinyatakan sebagai atribut / ciri-ciri teman yang ideal.

Advertisement

Contoh 2


Kamarku

Pintu kamar saya berwarna putih. Gagang pintu berwarna coklat dan terbuat dari logam. Ruang kamarku sekitar tiga panjang rentang lenganku. Lantai di kamarku terbuat dari kayu, dan berderit saat diinjak. Namun, saya punya satu karpet putih mewah di sekitar lantai. Karpet tersebut membuat kamarku terlihat agak bersih, mengingat itu putih dan tidak dicuci secara teratur.

Di sebelah kiri pintu ada kursi kulit, yang tidak ada gunanya khusus, selain menggantung pakaian yang setengah digunakan di atasnya. Selain kursi adalah kabel terminal dan barang - barang elektronik saya, tempat saya mengisi baterai telepon saya di malam hari, dan mengisi baterai alat cukur saya pada siang hari. Juga, di sebelah kiri ada jendela persegi panjang yang menghadap ke taman halaman belakang dan kolam renang kami. Ini adalah pemandangan yang menyenangkan untuk ruanganku yang tidak terlalu besar.

Tempat tidur queen-size saya berada di sebelah kiri, dengan selimut putih dan abu-abu. Selimutku memiliki desain bunga. Bantal saya memiliki juga berwarna putih. Tempat tidur saya terbuat dari kayu dan berwarna krem.

Di sebelah kanan atas tempat tidur, ada jendela sempit dan memanjang, yang memungkinkan seseorang untuk melihat ke arah langit dan pagar tetangga. Di ambang jendela, ada lampu lilin, yang tidak pernah saya gunakan. Saya sering dapat menemukan serangga mati di ambang jendela juga, seperti lalat.

Di sebelah kanan ada lemari saya, yang berisi rak sweater, jas, syal, dan ikat pinggang. Ada juga lemari pakaian ramping berwarna cokelat, yang memiliki sisa pakaian saya di dalamnya. Di lantai, di bawah rak, ada benda yang lain, seperti selimut ekstra, sepatu, dan minyak rambut. 

Kamar saya adalah salah satu kamar terdingin di rumah kami, karena jendelanya cukup tua dan tipis, dan tidak memiliki teralis. Selama musim gugur dan musim dingin, terkadang pemanas ruangan dinyalakan agar ruangan terasa nyaman.

Kamar saya adalah ruangan sederhana yang sesuai dengan kepribadian saya dan apa yang saya butuhkan.

Demikianlah contoh teks deskriptif singkat tentang orang dan benda. Semoga beberapa contoh teks deskriptif di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.


Back To Top