Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Teks Anekdot dalam Berbagai Macam Topik

Contoh Teks Anekdot dalam Berbagai Macam Topik - Salah satu jenis tes yang ada dalam bahasa Indonesia adalah teks anekdot. Apakah yang dimaksud dengan teks anekdot? Teks anekdot adalah sebuah jenis teks yang mengandung hal – hal lucu, terutama tentang pengalaman yang telah dilakukan oleh orang lain. Jenis teks ini pada umumnya ditulis dengan singkat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh teks anekdot dalam berbagai macam topik.

Contoh 1


Tentang berbicara di depan umum

Ketika ditanya bagaimana dia bisa menjadi pembicara publik yang sangat baik, Winston Churchill mengatakan rahasianya untuk mengatasi kecemasan dan tidak menjadi gugup dalam berpidato. “Ketika saya bangun dan diberikan sebuah tugas untuk berbicara di depan orang banyak, saya selalu berusaha memperhatikan orang-orang / penonton saya. Lalu aku berkata pada diriku sendiri, "Aku dapat berdiri di sini berarti aku hebat, bayangkan jika semua orang berdiri bersama saya di sini, berarti saya adalah penonton." Dan kemudian dia selalu merasa lebih baik dan tidak gugup lagi.

Contoh 2


Tentang berurusan dengan orang-orang sulit / identitas yang salah

Albert Einstein sering diminta untuk berbicara di acara makan malam, acara sosial, dan pertemuan lainnya - sebuah praktik yang tidak terlalu ia pedulikan. Suatu malam, sopirnya mengantarnya ke acara berbicara lain dan Einstein mengeluh bahwa dia bosan dengan pertunangan berbicara. Sopirnya terlihat sangat mirip dengan Einstein dan menyarankan bahwa karena dia telah mendengar Einstein berkali-kali berpidato, dia bisa menyampaikan pidatonya dan Einstein bisa santai. Berpikir itu adalah ide yang bagus dan ingin melihat apakah sopir bisa menarik keluar burung, Einstein setuju. Saat makan malam, Einstein mengambil topi dan mantel sopir dan sopir masuk terlebih dahulu, berjabat tangan dan menyapa tuan rumah. Saat makan malam, sopir memberikan pidato yang hampir sempurna saat Einstein duduk di belakang ruangan. Sopir bahkan berhasil menjawab beberapa pertanyaan dasar yang sering diterima Einstein. Akhirnya, seorang pria dengan sikap arogan dan meremehkan mengajukan pertanyaan, memasukkan ide dan pendapatnya sendiri ke dalam pertanyaan sehingga penonton akan terkesan bahwa dia tahu begitu banyak. Sopir menunggu sampai pria sombong itu selesai pidatonya dan berkata, "Jawaban untuk pertanyaan itu sangat sederhana, bahwa saya akan membiarkan sopir saya yang duduk di belakang, untuk menjawabnya untuk saya."

Advertisement

Contoh 3


Tentang filsafat / tentang akademisi / tentang identitas

Filsuf Jerman Arthur Schopenhauer mengunjungi rumah kaca suatu hari dan merenung ketika dia merenungkan sebuah tanaman. Seorang siswa botani memperhatikan minatnya yang besar pada tanaman, penampilannya yang ilmiah dan sikapnya yang rajin belajar dan berasumsi bahwa dia harus menjadi spesialis. Mahasiswa itu mendekatinya dan dengan terengah-engah bertanya, "Siapa kamu?" Sang filsuf berbalik dan memandang pemuda itu sejenak sebelum menjawab, "Jika Anda hanya bisa menjawab pertanyaan itu untuk saya, saya akan berterima kasih selamanya."

Contoh 4


Tentang optimisme / kesalahpahaman

Putra Presiden Ronald Reagan menceritakan kisah ini tentang ayahnya. "(Ronald Reagan), seperti yang Anda tahu, adalah orang yang terkenal optimistis. Kadang-kadang, optimisme seperti itu membuat Anda melihat dunia seperti yang Anda inginkan, bukan seperti apa adanya. Pada titik tertentu dalam kepresidenannya, ayah memutuskan dia adalah akan menghidupkan kembali gerakan jempol. Jadi dia pergi ke seluruh negeri, tentu saja, memberikan semua orang jempol. Dory dan aku menemukan diri kita di Presidential Limousine suatu hari kembali dari suatu peristiwa besar. Ibuku ada di sana dan ayah ada di sana. tentu saja, ibu jari mengangkat kerumunan di sepanjang jalan, dan tiba-tiba, menjulang di jendela di sisi mobilnya adalah wajah yang menggeram ini. Orang ini menghidupkan kembali gerakan tangan yang sama sekali berbeda. Dan mengangkat angka yang sama sekali berbeda ke arah kami. melihat ini dan tanpa henti ketukan menoleh ke kami dan berkata, "Anda lihat? Saya pikir itu menangkap. "

Contoh 5


Tentang ketidakmampuan / tentang tetap fokus pada tujuan / efisiensi

Pemerintah memiliki halaman bekas peralatan militer tua yang berlebih di daerah kosong besar di tengah-tengah beberapa tanah federal. Ada kekhawatiran bahwa seseorang mungkin mencuri peralatan itu sehingga mereka membentuk komite untuk mencari solusi. Komite mereka memutuskan untuk menyewa penjaga malam untuk mengawasi itu. Tetapi kemudian mereka berpikir, "Tetapi bagaimana penjaga akan tahu apa yang harus dilakukan?" Jadi mereka menyewa seseorang untuk menulis prosedur operasi tentang bagaimana ia harus melakukan pekerjaannya. Tetapi ada kekhawatiran bahwa penjaga mungkin tidak mengikuti instruksi dengan benar, sehingga komite menyewa penasihat untuk mengevaluasi seberapa baik penjaga melakukan pekerjaannya, dan orang lain menulis laporan untuk dibawa kembali ke komite. Tetapi masalah muncul bahwa tidak ada seorang pun untuk mengajukan laporan dan melakukan tugas administrasi. Jadi panitia mempekerjakan seorang asisten administrasi untuk mengajukan laporan dan seorang pegawai penggajian untuk melakukan penggajian, dan seorang pegawai senior untuk memeriksa penggajian ditambah seorang sekretaris hukum untuk memastikan bahwa kantor itu dijalankan dengan baik dan petugas yang memiliki kesempatan yang sama untuk memastikan semuanya dilakukan dengan benar dan seorang petugas keselamatan dan kepala perencanaan dan penasihat pelatihan dan penyelia senior untuk mengelola semua karyawan. Panitia kemudian menerima memo yang menyatakan proyek mereka telah melebihi anggaran sebesar $ 50,000! Mereka harus memotong biaya sehingga mereka memutuskan untuk memecat karyawan yang paling junior. Mereka memecat penjaga malam.

Demikianlah contoh teks anekdot dalam berbagai macam topik. Beberapa contoh teks di atas diharapkan dapat bermanfaat bagi teman – teman. Terima kasih.

Back To Top