Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menulis sebuah Laporan

Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menulis sebuah Laporan - Menulis sebuah laporan terkadang merupakan hal yang sulit karena membutuhkan waktu dan proses yang lama. Selain itu sebuah laporan juga membutuhan data dan fakta sehingga tida bisa ditulis begitu saja. Sebelum menulis sebuah laporan, ada beberapa hal yang harus teman – teman ketahui agar menulis laporan menjadi lebih mudah. Berikut adalah hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis sebuah laporan.

A. Hal – Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Memilih Topik


1.   Mengerti akan Tugar yang Diberikan

Jika teman – teman diberi tugas oleh guru, dosen, atau bahkan atasan kalian di tempat kerja untuk membuat sebuah laporan, maka hal yang paling pertama kalian harus lakukan adalah pahami baik – baik laporan yang bagaimana dan jenis apa yang diminta. Umumnya, jika teman – teman diminta untu menulis sebuah laporan pada jenjang sekolah dasar (SD), SMP, atau SMA, kalian akan diminta untuk mempresentasikan sebuah topik tanpa menambahkan pendapat teman – teman terkait topik tersebut. Namun, ada kalanya pada jenjang SMA atau perkuliahan, teman – teman akan diminta untuk memberikan pendapat kalian dan mengajak para pembaca untuk melakukan hal tertentu (mempengaruhi para pembaca) terkait topik laporan yang kalian tulis. Tak jarang kalian pun akan diminta untuk menganalisis sebuah topik. Oleh karena itu, jika teman – teman diberi tugas untuk menulis sebuah laporan, pahami baik – baik dan jika perlu tanyakanlah hal yang belum kalian pahami kepada guru, dosen, atau ataan kalian.

2.   Pilih Sebuah Topik yang Kalian Suka dan Menarik

Ketika teman – teman memilih sebuah topik yang kalian suka, tentu kalian akan bersemangat mengerjakan tugas laporan. Topik yang kalian pilih hendaknya yang menarik agar para pembaca ingin tahu lebih dalam tentang apa yang kalian tulis dalam laporan tersebut. Jika topik sebuah laporan sudah ditentukan, maka cobalah cari hal – hal terkait topik tersebut yang dapat memberi semangat kepada kalian untuk mengerjakannya. Teman – teman juga dapat berkonsultasi dengan guru atau dosen kalian tentang topik terkait sehingga kalian akan lebih memahami tentang topik yang diberikan sehingga akan mendapatkan pencerahan bagaimana untuk menyelesaikan laporan tersebut.

3.   Ingatlah bahwa Topik dapat Diganti

Jika dalam tugas laporan teman – teman tidak ditentukan topiknya, hanya lingkup tema nya saja, maka hal ini baik untuk kalian. Kalian dapat memilih topik yang sesuai dengan kemampuan teman – teman. Jika teman – teman sudah memilih sebuah topik, namun kemudian kalian tidak / sulit menemukan informasi yang relevan / terkait topik tersebut, topik terlalu luas, atau sumber informasi terlalu sedikit, maka kalian dapat mengganti topik tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum teman – teman menulis sebuah laporan, tentukan dulu sebuah topik lalu cari berbagai sumber informasi terkait topik tersebut. Jika terjadi masalah seperti yang disebutkan sebelumnya, teman – teman masih memiliki banyak waktu untuk mengganti topik laporan kalian atau untuk memilih topik yang lebih spesifik (jika topik laporan terlalu luas).
Advertisement

B. Lakukan Penelitian terhadap Topik yang Dipilih


1.   Telitilah Topik yang Telah Dipilih

Langkah selanjutnya adalah meneliti topik yang telah dipilih. Sebelum memulai langkah ini, pastikan teman – teman memiliki sumber dan informasi yang cukup untuk mendukung penulisan laporan kalian. Jika kalian menulis laporan yang berhubungan dengan sejarah, maka jangan lupa untuk menambahkan time line (waktu kejadian secara kronologis). Jika teman – teman ditugaskan untuk menulis sebuah laporan tentang seseorang, telitilah masa lalunya, seperti apa masa kanak – kanaknya, hal / momen apa saja yang penting dalam hidupnya, dan seperti apa keluarganya. Jika kalian menulis laporan tentang suatu acara (event), cari tahu acara apa saja yang berkaitan dengan acara yang akan kalian bahas dalam laporan. Teliti juga apa saja yang terjadi dalam acara tersebut, siapa saja yang terlibat, apa sebab dan akibat dari acara tersebut, serta apa dampaknya.

2.   Kunjungi Perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat terbaik untuk mencari dan menemukan berbagai macam sumber informasi yang terkait dengan topik laporan kalian. Banyak buku, laporan lain, koran, dan sumber – sumber lain yang dapat kalian temukan dalam perpustakaan. Kalian juga dapat meminta bantuan petugas perpustakaan untuk mencari data yang berkaitan dengan topik laporan kalian. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan informasi yang relevan / terkait adalah dengan mencari beberapa buku yang sesuai dengan topik laporan yang akan kalian tulis, lalu lihat siapa penulis buku tersebut dan bukalah bagian referensi buku tersebut. Dalam referensi tersebut kalian akan melihat lebih banyak sumber yang terkait dengan topik laporan kalian.

3.   Pastikan Sumber Informasi Online yang Digunakan Tidak Abal – Abal

Jika teman – teman menggunakan sumber data / informasi online dari berbagai website, maka pastikanlah website tersebut bukan merupakan website yang ala kadarnya. Pastikan untuk selalu mengecek ulang tentang data / fakta yang kalian temukan dalam suatu website. Jangan hanya mengandalkan satu sumber saja, namun carilah beberapa sumber terkait data / fakta yang hendak kalian ingin temukan. Dengan begitu teman – teman akan mendapatan data yang akurat. Selain melakukan pengecekan, sellau perhatikan juga website apa yang kalian telusuri. Sebagai sumber referensi penulisan laporan, sebaiknya teman – teman mencari dari website resmi, seperti website tentang jurnal penelitian atau website resmi pemerintah. Hindarilah menelurusi website yang berisi forum – forum untuk memberikan pendapat.

4.   Tulis Semua Informasi yang Didapat

Penting bagi teman – teman untuk menulis semua sumber informasi yang telah didapat sebagai sumber referensi penulisan laporan kalian. Tulis dari mana, kapan, dimana kalian mendapatkan informasi tersebut, dan juga nama penulis serta nama kota dan penerbit (buku).

Demikianlah hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis sebuah laporan. Beberapa hal di atas sangatlah direkomendasikan untuk dilakukan sehingga ketika teman – teman menulis sebuah laporan tidak akan menjadi begitu sulit. Semoga bermanfaat!
Back To Top