Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Cara Menulis Teks Laporan yang Baik dan Benar

Cara Menulis Teks Laporan yang Baik dan Benar - Sebuah teks laporan adalah tulisan yang berisi tentang gambaran/ deskripsi tentang suatu hal. Yang membedakan antara teks laporan dan teks deskripsi adalah umumnya teks laporan ini membutuhkan data dan juga fakta dalam penulisannya. Oleh karena itu, penulisan laporan ini haruslah dengan cara yang benar. Berikut adalah cara menulis teks laporan yang baik dan benar.

A. Hal – Hal Sebelum Penulisan Laporan


1. Tulislah pernyataan yang berisi ide utama

Sebuah teks laporan haruslah memiliki ide utama. Teman – teman dapat menuangkan ide utama tersebut dalam sebuah pernyataan yang merangkum apa yang akan kalian tulis dalam teks laporan tersebut. Pernyataan yang berisi ide utama tersebut sebaiknya cukup umum (general) agar dapat mencakup sub-topik yang teman – teman tulis dalam laporan. Hal yang perlu diperhatikan adalah jika kalian menulis sebuah laporan yang berisi ajakan atau sebuah laporan tentang analisis suatu hal, maka ide utama perlu berisi sebuah argumen / pendapat kalian yang ingin dibuktikan dalam laporan tersebut.

2. Buatlah sebuah outline

Outline adalah sebuah gambaran awal bagaimana seharusnya laporan ditulis dan dapat membantu teman – teman apa yang harus dan tidak harus ditulis dalam sebuah laporan. Outline dapat berupa daftar, jaring ide, atau peta konsep yang berisi poin – poin utama dan sub judul dari laporan yang akan ditulis. Ketika kalian telah menulis sebauh pernyataan berisi ide utama, kalian lalu dapat membuat sebuah outline berisi beberapa gagasan utama yang mendukung ide utama tersebut. Selanjutnya, teman – teman dapat menulis detail tentang gagasan utama tersebut.

3. Pilihlah format untuk teks laporanmu

Format sebuah teks laporan akan tergantung pada topik laporan yang teman – teman pilih. Sebagai contoh, jika kalian menulis sebuah teks laporan tentang seseorang, kalian perlu menuliskan laporannya secara kronologis.

B. Saat Penulisan Laporan


1. Tulislah bagian perkenalan (Introduction)

Advertisement
Bagian perkenalan (introduction) adalah bagian dimana teman – teman memperkenalkan topik laporan dan menyatakan ide utama. Bagian ini haruslah ditulis semenarik mungkin agar para pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut teks laporan yang kalian tulis. Berilah beberapa informasi terkait latar belakang dan tulislah ide utama dari topik yang kalian pilih untuk laporan dalam bentuk sebuah pernyataan. Pernyataan ide utama tersebut sebaiknya dibagian akhir dari bagian perkenalan ini agar para pembaca tahu apa yang akan kalian bahas dalam teks laporan tersebut. Hal lain yang perlu diingat adalah jangan menggunakan pengulangan / membahas kembali hal yang telah disebutkan sebelumnya dalam satu paragraf yang sama.

2. Tulishlah bagian paragraf isi

Bagian isi dari teks laporan terdiri dari beberapa paragraf berisi pernyataan – pernyataan tentang berbagai bukti yang mendukung pernyataan ide utama yang telah kalian tulis dalam bagian perkenalan (introduction). Dalam bagian isi laporan kalian juga dapat menuangkan dan membahas semua hal terkait topik. Setiap paragraf pasti memiliki gagasan utama dan beberapa kalimat pendukung. Gagasan utama dalam setiap paragraf hendaknya mengandung topik tentang laporan kalian, serta merujuk kembali kepada keseluruhan ide utama. 

3. Tulislah kalimat – kalimat pendukung gagasan utama

Setelah teman – teman menulis gagasan utama untuk setiap paragraf isi, hal selanjutnya yang dilakukan adalah menulis beberapa kalimat pendukung untuk gagasan utama pada setiap paragraf. kalian dapat memberikan data, informasi, atau bukti dari penelitian yang telah dilakukan sebagai kalimat pendukung gagasan utama. Bukti – bukti atau informasi tersebut juga dapat berupa gambaran tentang hal – hal yang disebutkan dalam gagasan utama, kata – kata dari para ahli tekait topik yang dibahas, atau data – data yang telah teman – teman cari sebelumnya dari berbagai sumber.

4. Tulishlah bagian kesimpulan

Bagian akhir dari sebuah teks laporan adalah bagian kesimpulan. Paragraf ini berfungsi untuk memberikan rangkuman tentang ide utama yang ditulis dan menyajikan pendapat si penulis (pendapat kalian) tentang topik laporan. Dalam bagian ini juga teman – teman sebaiknya menyatakan kembali apa yang poin utama yang harus diketahui oleh para pembaca setelah membaca laporan kalian.

5. Jangan lupa mencantumkan bagian referensi

Referensi merupakan bagian dimana penulis mencantumkan semua sumber yang digunakan dalam penulisan sebuah teks, termasuk teks laporan. Sebelum membuat bagian referensim teman – teman dapat menanyakan kepada guru atau dosen yang memberi tugas tentang format referensi yang biasa digunakan oleh mereka, apakah itu berupa APA style atau Chicago style. Jika guru atau dosen kalian tidak memberikan instruksi tentang format referensi yang digunakan, kalian dapat menuliskan bagian referensi tersebut sesuai dengan jenis format yang kalian sukai. Format standar untuk penulisan akademik (termasuk teks laporan) adalah jenis huruf Times New Roman atau Arial, ukuran huruf 12, double-spaced lines, dan margin 1 inch pada setiap bagian. 

C. Setelah Penulisan Laporan


1. Check and re-check

Cek lah hasil tulisanmu jika ada penggunaan kata yang salah, salah penulisan huruf, salah ketik, dan sebagainya. Sebuah teks yang baik hendaknya tidak memiliki kesalahan dalam bagian formatting dan penulisan.

2. Mintalah orang lain untuk membaca hasil laporanmu

Setelah selesai menulis laporan, mintalah seseorang (angota keluarga atau teman kalian) untuk membaca kembali laporan yang telah kalian tulis. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan berbagai masukan yang akan membuat penulisan laporan kalian menjadi lebih baik karena setiap orang memiliki perspektif (sudut pandang) yang berbeda – beda. Tanyakan kepada mereka beberapa pertanyaan terkait laporanmu, misalnya apakah mereka mengerti apa yang dibahas dalam laporan tersebut, apakah semua hal yang tertulis dalam laporan tersebut sudah cukup jelas, apakah ada bagian yang perlu diganti, dan sebagainya.

Demikianlah cara menulis teks laporan yang baik dan benar. Cara di atas diharapkan dapat membantu teman – teman dalam penulisan laporan agar tidak menjadi terlalu sulit. Semoga bermanfaat!

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top