Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

9 Tips Menulis Sebuah Teks Review yang Baik

9 Tips Menulis Sebuah Teks Review yang Baik - Teks review adalah sebuah teks yang berisi pendapat si penulis terhadap sebuah produk barang / jasa tertentu. Tujuan dari jenis teks ini adalah untuk mengevaluasi atau memberikan pendapat kita akan suatu hal. Dalam kehidupan sehari – hari pasti kita berpendapat tentang sesuatu. Sebagai contoh, jika teman – teman memiliki band favorit atau acara televisi favorit pasti kalian akan memberikan pendapat kalian tentang band atau acara tersebut. Contoh lainnya adalah ketika kalian pergi ke supermarket tertentu dan kalian memberi komentar tentang supermarket itu. Secara tidak sadar kalian telah memberikan pendapat / me-review suatu hal. 

Ketika teman – teman menulis sebuah teks review, kalian haruslah menyatakan pendapat kalian sendiri berdasarkan pengalaman kalian menggunakan sebuah produk. Agar teks review yang teman – teman tulis terlihat baik dan menarik, berikut adalah 9 tips dalam menulis sebuah teks review.

1. Baca, tonton, atau dengarkan sebuah produk lebih dari satu kali

Ketika teman – teman membaca sebuah novel atau menonton suatu film baru, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengerti keseluruhan cerita dalam novel atau film tersebut dan menceritakan tentang apakah cerita dalam novel / film tersebut. Lalu, teman – teman dapat memikirkan tentang apa saja kelebihan dan kekurangan dalam produk tersebut. Kalian dapat membaca novel atau menonton film tersebut kembali untuk meyakinkan diri kalian tentang pendapat awal saat pertama kali membaca novel atau menonton film tersebut. Ketika kalian membaca novel atau menonton film tersebut untuk kedua kalinya, jangan lupa untuk mencatat hal – hal penting terkait cerita tersebut. 

2. Tulislah berbagai informasi penting terkait produk tersebut

Dalam memberikan review tentang suatu produk, tulislah hal – hal utama terkait produk tersebut. Tulislah judul / nama produk tersebut dengan lengkap dan siapakah pembuat / penulisnya. Jika ada, tulislah juga nama penerbit, tanggal dipublikasikan / tanggal rilis, dan informasi lain tentang produk tersebut atau informasi dimana para pembaca / konsumen dapat membeli / menemukan produk tersebut. Hal – hal penting lainnnya yang dapat kalian tulis adalah informasi terkait produk tersebut yang telah kalian catat sebelumnya. Berilah juga beberapa fakta agar tulisan kalian terlihat lebih akurat.

3. Cari tahu siapa yang akan membaca teks review yang kalian tulis

Teks review dapat ditemukan dimana saja. Kalian dapat menemukan jenis teks ini dalam penerbitan lokal dan nasional, online review, dan juga dalam beberapa jurnal atau dalam koran – koran. Oleh karena itu, sebelum menulis teks review, cari tahu terlebih dahulu dimana kalian akan menerbitkan tulidan kalian. Setelah itu, kalian akan dapat menuliskan sebuah teks review yang sesuai dengan para pembaca yang akan membaca hasil tulisan kalian.

Advertisement
4. Pilihlah di posisi mana kalian berada (positif / negatif) terhadap produk tersebut

Sebelum menuliskan pendapat dalam sebuah teks review, pastikan terlebih dahulu dimana posisi kalian saat berpendapat terhadap produk tersebut. Sebuah teks review dapat berisi pendapat negatif, positif, atau keduanya. Hal yang harus kalian lakukan setelah menentukan posisi kalian adalah memberikan bukti atau informasi lainnya yang akan mendukung pendapat kalian. Selain terlihat lebih akurat, hal ini juga akan menegaskan posisi kalian dan mengapa kalian memilih posisi tersebut.

5. Jelaskan bagaimana cara kalian memberikan pendapat tentang produk tersebut

Dalam teks review kalian, jelaskan juga kriteria dan standar yang akan kalian gunakan dalam memberikan pendapat / judge tentang sebuah produk (buku, film, lagu, makanan, atau produk lainnya). Sebagai contoh, teman – teman mungkin berpendapat bahwa sebuah novel akan sukses jika karakter dan jalan ceritanya menarik dan membuat para pembaca penasaran. Jelaskan hal – hal yang menjadi pendapat kalian sehingga para pembaca mengerti apa yang kalian tuliskan.

6. Jangan lupa memberikan bukti untuk mendukung pendapat kalian

Teman – teman akan membutuhkan beberapa bukti untuk mendukung pendapat kalian terkait produk yang kalian review. Bukti pendukung tersebut dapat berupa cuplikan kalimat / gambar, atau deskripsi dari sebuah scene (dari sebuah film). Kalian juga dapat menggunakan bukti yang diambil dari sumber lain namun terkait dengan produk tersebut. Sebagai contoh kalian dapat menggunakan potongan pendapat yang diutarakan dari teks review orang lain tentang produk yang sama. Namun pastikan kalian mencantumkan nama penulis teks review tersebut jika kalian ingin menggunakannya sebagai bahan referensi (rujukan).

7. Cari tahu apa saja yang harus terlibat dalam sebuah jenis produk

Setiap jenis dari produk seni pasti memiliki unsur – unsur yang spesifik. Sebagai contoh, sebuah cerita misteri pasti memiliki unsur horor / menakutkan, sedangkan sebuah cerita romantis pasti memiliki karakter – karakter yang tertarik satu sama lain. Pikirkanlah tentang tema, struktur, karakter, tempat, percakapan, dan faktor – faktor lain terkait produk yang kalian review. Pahamilah apa saja yang seharusnya terlibat dalam jenis produk tersebut.

8. Bandingkanlah produk tersebut dengan produk lain yang sejenis

Perbandingan dapat menjadi cara yang sangat baik untuk mengevaluasi suatu produk. Namun saat kalian akan membandingkan sebuah produk, pastikan kalian membandingkan produk tersebut dengan produk yang memiliki jenis yang sama sehingga para pembaca akan lebih mudah mengerti perbedaan yang dimiliki produk tersebut.

9. Hindarilah merangkum semua plot dalam teks review

Untuk produk berupa buku, novel, film, dan acara televisi pasti memiliki awalan, pertengahan, dan akhir cerita. Orang – orang membaca jalan cerita tersebut karena mereka ingin tahu apa yang terjadi. Namun dalam teks review, kalian cukup menuliskan jalan cerita tersebut secara umum dan singkat, dan jangan memberikan bagian yang menarik (terutama bagian akhirnya).

Demikianlah 9 tips dalam menulis sebuah teks review. Semoga beberapa tips di atas dapat bermanfaat dalam penulisan teks review teman – teman. terima kasih and good luck!

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top