Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Tips Merangkum sebuah Teks dengan Benar


Tips Merangkum sebuah Teks dengan Benar - Merangkum atau ‘membuat rangkuman’ adalah kegiatan menulis ulang sebuah teks panjang dalam satu / beberapa paragraf singkat. Saat berada di sekolah, pada umumnya para guru akan meminta para siswanya untuk merangkum sebuah teks panjang. Hal ini dikarenakan dengan merangkum, para siswa akan lebih mudah memahami apa yang telah dibaca karena mereka juga akan menuliskan kembali apa yang telah dibaca tersebut. Namun, merangkum bukanlah sesuatu yang mudah bagi sebagian orang. Masih banyak dari kita yang bingung mana bagian yang harus ditulis dan mana yang tidak ketika merangkum. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips merangkum sebuah teks dengan benar.


Mengerti makna ‘merangkum’

Merangkum adalah mempersingkat sebuah teks dengan menulis bagian pentingnya saja. Sebuah rangkuman tidaklah harus selalu panjang. Sebuah rangkuman ditulis dengan menggunakan kata – kata sendiri untuk menguraikan secara singkat tentang ide utama dan detail penjelasan yang berkaitan dengan sebuah teks yang telah dibaca. Inti utama dari sebuah rangkuman adalah menuliskan tentang apakah sebuah teks tersebut dan apa yang ingin diutarakan oleh si penulis teks tersebut.


Buatlah daftar pertanyaan

Ketika teman – teman membaca sebuah teks yang panjang, jangan lupa untuk membuat catatan yang berisi jawaban dari pertanyaan apa / siapa yang menjadi fokus dalam teks tersebut dan juga pertanyaan who, what, when, where, why, how. Gunakanlah pertanyaan – pertanyaan tersebut untuk membantu kalian membaca dan menemukan maksud teks tersebut dan juga untuk membantu teman – teman saat menulis rangkuman secara terstruktur.


Temukan ide dan topik utama dari keseluruhan teks

Terkadang, ide utama dari sebuah teks terletak pada di bagian awal (di paragraf pertama) dan ide / kalimat pendukung dari ide utama tersebut berada di setiap paragraf satu per satu yang kemudian dari kalimat pendukung tersebut dikembangkan lagi dengan lebih detail. Oleh karena itu, fokuslah pada paragraf awal untuk mendapatkan topik utama dari keseluruhan teks. Jika teman – teman telah menemukan topik / gagasan utama dari keseluruhan teks tersebut, maka teman – teman akan mudah untuk menemukan kalimat pendukung dari gagasan tersebut pada paragraf – paragraf selanjutnya. Judul teks dan juga sub – judul dapat membantu kalian untuk menemukan topik dan gagasan utama dari sebuah teks.


Beritahu pembaca teks apa yang kalian rangkum dan milik siapa

Ketika teman – teman menulis sebuah rangkuman, jangan lupa untuk memberitahu para pembaca teks apa dan teks siapakah yang kalian rangkum. Tulislah judul teks, nama penulis, dan juga sumber dimana teks tersebut dapat ditemukan. Berikut adalah contoh format yang dapat teman – teman gunakan:

Dalam teks yang berjudul “Judul teks” (sumber dan tanggal kapan teks tersebut diambil), penulis mengungkapkan bahwa: ide utama dari teks tersebut. Penulis mendukung ide tersebut dengan menuliskan ____________________ dan menunjukkan bahwa __________________. (dan seterusnya...)


Rangkuman yang ditulis haruslah jelas

Advertisement
Saat teman – teman menulis rangkuman, perhatikan juga kejelasan dari rangkuman tersebut. Kalian harus menuliskan apa yang menjadi poin – poin utama dalam sebuah teks, seperti sub – judul, kalimat utama dari setiap paragraf dan contohnya (jika ada) untuk menambah kejelasan rangkuman. Namun tidak perlu semua hal ditulis. Sebelum merangkum ada baiknya teman – teman menggarisbawahi atau memberi tanda bagian / kalimat mana saja yang akan teman – teman tulis di rangkuman. Selain itu, teman – teman juga tidak harus menulis apa yang tertulis dalam teks sama persis, namun gunakanlah kata – kata kalian sendiri. Hal yang perlu diperhatikan adalah ide pokok dalam kalimat tersebut tidak hilang meskipun kalian menuliskannya kembali dengan kata – kata kalian sendiri.


Tahu kapan harus membuat rangkuman

Dalam kenyataan sehari – hari, banyak sekali kesempatan untuk teman – teman mendapat tugas untuk merangkum. Kalian mungkin akan ditugaskan untuk merangkum sebuah artikel, merangkum sebuah materi belajar (bab tertentu), merangkum berbagai teks dari berbagai sumber untuk bahan penelitian, dan sebagainya. Seorang peneliti biasanya akan membuat sebuah / beberapa rangkuman dari berbagai sumber sebagai rujukan penelitiannya. Dengan menggunakan rangkuman dari berbagai sumber (termasuk artikel penelitian), seorang peneliti akan dapat menuliskan berbagai informasi yang bersifat sangat luas menjadi lebih singkat dan padat. Rangkuman juga terkadang digunakan pada bagian awal dari sebuah artikel penelitian atau bagian awal sebuah teks untuk menjelaskan secara singkat keseluruhan isi yang akan didiskusikan / yang ada dalam artikel penelitian / teks tersebut.


Perhatikan kualitas rangkuman

Sebuah rangkuman yang baik sebaiknya tidak terlalu panjang, berkaitan, dapat dimengerti dengan baik, dan menggunakan kata – kata sendiri.

·         Sebuah rangkuman haruslah singkat (tidak terlalu panjang). Dalam merangkum sebuah teks, hindarilah pengulangan kalimat yang memiliki inti / ide pokok yang sama. ingatlah bahwa sebuah rangkuman haruslah berisi poin – poin penting saja dan tidak menggunakan bahasa yang bertele – tele.

·         Sebuah rangkuman haruslah berkaitan. Rangkuman yang teman – teman tulis haruslah berkaitan antara kalimat / paragraf yang satu dengan yang lain. Selain itu, isi / kalimat dalam rangkuman tersebut haruslah masuk akal bagi kalian atau pun bagi para pembaca.

·         Sebuah rangkuman haruslah dapat dimengerti dengan baik. Sebelum teman – teman merangkum, sebaiknya kalian buatlah daftar tentang hal apa saja yang akan ditulis. Dengan membuat daftar tersebut kalian akan mengerti mana hal yang harus ditulis terlebih dahulu dan mana yang ditulis kemudian agar isi keseluruhan rangkuman dapat dimengerti dengan baik.

·         Sebuah rangkuman haruslah menggunakan kata – kata sendiri. Merangkum bukanlah sebuah imitasi / plagiarisme karena dalam merangkum teman – teman diharuskan untuk menggunakan kata – kata sendiri untuk menyampaikan ide dan poin – poin penting yang ada dalam sebuah teks. Oleh karena itu, sebelum mulai merangkum kalian sebaiknya membaca teks tersebut secara keseluruhan dengan baik agar kalian lebih mudah dalam membuat rangkumannya.

Demikianlah tips merangkum sebuah teks dengan benar. Semoga penjelasan dan tips singkat di atas dapat membantu teman – teman agar dapat menulis rangkuman dengan lebih baik. Terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top