Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Tips dan Trik Menulis Surat Lamaran Kerja (Job Application Letter)


Tips dan Trik Menulis Surat Lamaran Kerja (Job Application Letter) - Sebelum melamar suatu pekerjaan, pastilah kita perlu menulis surat lamaran kerja. Ketika teman - teman bingung seperti apa surat lamaran pekerjaan tersebut, pastilah kalian akan mencari beberapa contoh jenis surat tersebut. Namun, pernahkan terpikirkan oleh kalian apakah HRD atau hiring managers benar – benar membaca surat tersebut? Apakah teman – teman juga pernah berpikir alangkah baiknya jika surat lamaran pekerjaan kalian tersebut dapat mewakili siapa kalian sebenarnya? Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.


1. Tunjukkan Siapa Dirimu

Bicara tentang seberapa baik sebuah posisi yang kamu lamar adalah hal yang baik, namun hal tersebut mungkin sudah terdengar sangat umum bagi para ‘hiring managers’. Para HRD ini pasti sudah sangat paham akan hal itu. Hal yang ingin mereka tahu adalah apa yang akan kamu lakukan terhadap posisi dan juga perusahaan tersebut. Oleh karena itu, tunjukkanlah siapa dirimu sebenarnya. Selain menjelaskan apa yang telah kamu lakukan dan pengalaman – pengalamanmu sebelumnya, tunjukkan juga apa yang dapat kamu lakukan di masa depan dalam posisi dan untuk perusahaan tersebut.


2. Tunjukkan Keahlianmu

Ketika kamu tahu kamu punya potensi untuk melakukan pekerjaan dalam posisi yang kamu lamar di suatu perusahaan, namun pengalaman kerjamu di masa lalu tidak / belum cukup untuk mempromosikan dirimu sesempurna yang diinginkan untuk posisi tersebut, maka kamu tidak harus fokus terhadap pengalamanmu tersebut. Kamu justru harus fokus pada keahlian – keahlian yang kamu miliki. Dengan menjelaskan beberapa keahlian yang kamu miliki yang sesuai dengan posisi yang ingin dilamar, hal itu akan menjadi suatu pertimbangan bagi tim HRD / hiring managers di perusahaan tersebut.


3. Latar Belakang Pendidikan Bukanlah Hal Utama

Tak jarang bahkan sebagian besar para lulusan membuat kesalahan berulang – ulang ketika membuat surat lamaran kerja, yaitu terlalu fokus pada latar belakang pendidikan mereka. Dalam dunia kerja, kenyataan pada akhirnya yang dihiraukan dan menjadi suatu pertimbangan besar oleh para tim HRD / hiring managers dalam suatu perusahaan adalah pengalaman kerja (dan juga pengalamanmu menjadi relawan atau pengalaman internship). Selain itu, hal yang menjadi pertimbangan tim HRD / hiring managers adalah apa yang dapat kamu lakukan dan berikan kepada perusahaan ketika kamu diterima untuk bekerja dalam posisi tersebut.


4. Tuliskan Pengalaman yang Sesuai dengan Pekerjaan yang Dilamar

Memiliki berbagai pengalaman (pengalaman kerja, menjadi relawan, internship, partner, dan semacamnya) adalah suatu hal yang menguntungkan bagi seseorang yang hendak berkembang di dunia kerja. Hal yang perlu diingat ketika menulis surat lamaran pekerjaan adalah jangan lupa untuk menuliskan beberapa pengalaman kerja dan keahlianmu terkait dengan posisiyang dilamar. Namun, tulislah dengan singkat, mendetail dan langsung pada poin / intinya. Ingatlah bahwa surat lamaranmu menggambarkan dirimu, jangan menulis terlalu panjang dan bertele – tele yang dapat membuat seseorang salah menilaimu.

Advertisement

5. Gunakanlah Beberapa ‘Angka’

Ketika teman – teman mencari lowongan pekerjaan, penggunaan ‘angka’ terkadang lebih berhasil membuat kita mengerti tentang apa yang kita cari secara cepat dibandingkan harus membaca berbagai teks yang panjang. Hal ini juga berlaku pada saat tim HRD / hiring managers membaca surat lamaran kalian. Mereka lebih menyukai melihat ‘angka’ karena selain hemat waktu (daripada membaca berbagai urian panjang), alasan lainnya adalah penggunaan beberapa ‘angka’ dalam surat lamaranmu menunjukkan bahwa kamu dapat berbicara bahasa mereka dan bahwa kamu mengerti apa yang sedang mereka cari di seorang pegawai, yaitu ‘hasil’.


6. Tuliskan Hal yang ‘Sesuai’

Sebagian besar perusahaan ingin melihat bahwa kamu benar – benar tertarik untuk bekerja untuk posisi yang kamu lamar di suatu perusahaan. Hal ini berarti kamu harus memperhatikan benar – benar posisi apa yang kamu lamar (bagaimana tugas – tugas yang harus dilakukan dalam posisi tersebut) dan juga di perusahaan apa. Ketika tim HRD / hiring managers membaca surat lamaranmu yang tertulis, “Saya sangat tertarik untuk melamar posisi yang ada di perusahaan Anda. Saya harap dalam posisi tersebut saya dapat menggunakan dan mengaplikasikan keahlian saya untuk mengembangkan diri dalam karis daya di perusahaan Anda” atau hal semacam itu, mereka akan langsung berpikir bahwa hal yang kamu tulis dalam surat lamaranmu merupakan surat lamaran sangat umum yang banyak tersebar di seluruh penjuru kota. Hal terburuknya adalah surat lamaranmu mungkin tidak akan dipelajari lebih lanjut oleh mereka.


7. Gunakanlah ‘Kata – Kata’ dari Perusahaan yang Kamu Lamar

Surat lamaran kerja adalah cara yang sangat tepat untuk menunjukkan bahwa kamu mengerti lingkungan dan budaya dari perusahaan atau industri dari posisi yang kamu lamar dan juga menunjukkan bahwa kamu telah memiliki apa yang mereka cari. Jadi, ingatlah selalu siapa yang akan membaca surat lamaran kerjamu dan bahwa apa yang kamu tahu tentang ‘mereka dan perusahaannya’ akan membuat mereka tertarik. Gunakanlah waktumu sekitar 5 sampai 10 menit untuk membaca website perusahaan dan memahaminya sebelum kamu memulai untuk menulis surat lamaran kerjamu. Hal ini akan sangat berguna untuk membantumu apa yang harus ditulis dalam suratmu. Selain itu, kamu juga akan mengerti tentang bahasa, bidaya dan juga tipe perusahaan dari posisi yang akan kamu lamar.


8. Jangan Menulis Terlalu Panjang

Surat lamaran kerja yang kamu tulis hendaknya tidak lebih dari satu halaman karena pada umumnya sebagian besar tim HRD / hiring managers lebih menyukai membaca surat lamaran kerja yang singkat, padat dan jelas, tidak lebih dari 1 halaman atau bahkan hanya setengan halaman (sekitar 250 kata).


Demikianlah tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga penjelasan singkat tersebut dapat bermanfaat bagi teman – teman dalam menulis surat lamaran. Semoga berhasil!

Source:

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top