Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Beberapa Teknik Belajar yang Efektif bagi Para Siswa


Beberapa Teknik Belajar yang Efektif bagi Para Siswa - Belajar bukanlah sebuah hal yang sulit dilakukan. Belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal diperlukan teknik – teknik khusus yang efektif. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang terutama para siswa untuk mengetahui teknik – teknik belajar yang efektif agar mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Berikut adalah beberapa teknik belajar yang efektif bagi para siswa.


1. Practice Testing

Teknik uji praktik (practice testing) ini dipuji oleh para ahli pembelajaran sebagai salah satu cara terbaik untuk mempertahankan informasi yang didapat selama pembelaharan. Practice testing ini memiliki lebih dari 100 tahun penelitian untuk mendukung keefektifannya dan ternyata itu berhasil.

Dalam menerapkan teknik ini tidak harus benar-benar berada dalam situasi ujian. Pada kenyataannya, teman-teman dapat menguji diri sendiri kapan saja, di mana saja, dan dengan apa saja. Teman-teman dapat menguji kemampuan berpikir diri sendiri dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri dan menjawabnya sebisa mungkin. Teman-teman juga dapat menguji diri sendiri dengan menggunakan kartu flash. Teman-teman dapat menguji diri sendiri dengan melakukan berbagai latihan mengerjakan soal tanpa bantuan catatan atau materi buku teks.

Tips: Latihan teknik uji praktik ini sebaliknya dilakukan ketika teman-teman memiliki waktu yang cukup dan dilakukan dengan sering secara teratur.


2. Distributed Practice

Praktek terdistribusi adalah metode membagi waktu belajar teman-teman dari waktu ke waktu sedikit. Hal ini akan lebih memberikan hasil yang optimal dibandingkan dengan belajar dengan waktu yang lama dan hanya sesekali saja. Alasan dari penggunaan teknik distributed practice ini adalah karena teknik ini memberikan waktu bagi otak untuk menyerap informasi dengan beralih bolak-balik antara mode berfikir terfokus dan difus. Buktinya cukup jelas bahwa memberi jarak pada waktu belajar teman-teman sangatlah penting untuk mengingat apa yang telah dipelajari dengan mudah.

Tips: Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menggunakan interval waktu 24 jam untuk mempelajari kembali materi yang telah dipelajari. Teman-teman dapat menggunakan waktu senggang sepulang sekolah untuk membuka buku dan catatan tentang materi yang telah dipelajari. Tidak perlu waktu yang lama, cukup 5 sampai 10 menit saja namun lakukanlah dengan sering dan secara teratur. Teman-teman juda dapat menggabungkan distributed practice ini dengan practice testing dan nilai teman-teman pasti akan meningkat.

3. Elaboratif Interrogation

Interogasi elaboratif (elaboratif interrogation) adalah proses bertanya pada diri sendiri sebagai upaya untuk memahami konsep. Misalnya, jika Anda belajar tentang E = MC ^ 2, pertanyaan awal yang mungkin Anda tanyakan pada diri sendiri adalah "mengapa E sama MC ^ 2?". Teknik ini sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan pelatihan, namun teknik ini memang membutuhkan pemahaman yang baik tentang topik terkait yang telah dipelajari agar menjadi efektif dan mendapatkan hasil yang iinginkan.

Teknik ini sangat efisien sebagai salah satu cara dalam pembelajaran mandiri. Teman-teman dapat menggunakan teknik ini ketika membaca sesuatu. Membaca umumnya merupakan kegiatan yang monoton sehingga dengan menerapkan teknik ini selama membaca dapat meningkatkan keingintahuan teman-teman akan sesuatu sehingga akan meningkatkan aktivitas otak. Tentunya jika hal ini sering dilakukan teman-teman akan terbiasa untuk berpikir kritis.
Advertisement

Tips: Teknik elaboratif interrigation ini bisa sangat efektif bila dilakukan dengan sering. Jadi saat teman-teman membaca, pastikan untuk memahami materi yang teman-teman baca dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri pada setiap beberapa paragraf atau lebih. Penelitian menunjukkan bahwa keuntungan dari teknik ini didapat ketika teknik elaboratif interrogation ini digunakan setiap 1-2 halaman sekali. Untuk menggunakan teknik ini lebih jauh, gunakan buku catatan untuk menuliskan beberapa pertanyaan yang teman-teman tanyakan serta jawabannya. Praktik menuliskan pertanyaan dan jawaban ini dapat membuat teman-teman lebih paham tentang materi yang dipelajari dan juga memperkuat memori.


4. Interleaved Practice

Interleaved practice adalah teknik dimana siswa mempelajari sebuah topik pelajaran dan juga memadukannya dengan topik / konsep yang sebelumnya telah dipelajari pada saat yang bersamaan. Misalnya, jika seorang siswa sedang mempelajari konsep polinomial minggu ini dalam Aljabar tetapi siswa tersebut pada beberapa minggu sebelumnya telah belajar tentang menyederhanakan persamaan aljabar dan memecahkan ketidaksetaraan, maka berarti siswa harus menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mempelajari polinomial dan juga mempelajari tentang menyederhanakan persamaan aljabar dan memecahkan ketidaksetaraan.

Tips: Teknik interleaved practice ini adalah sebuah teknik yang harus dilakukan saat teman-teman mempelajari matematika dan sains. Mengerjakan latihan tentang bab dan topik sebelumnya adalah sebuah bentuk penyegaran (refreshment) yang sangat dibutuhkan karena kebanyakan materi dalam pelajaran matematika dan sains disusun dan terdiri atas materi-materi yang dipelajari sebelumnya. Teknik interleaved practice ini juga dapat digunakan ketika teman-teman mempelajari sebuah bahasa asing. Jadi, yang harus teman-teman lakukan dalam menerapkan teknik interleaved practice ini adalah menggabungkan latihan dari berbagai topik / bab yang telah dipelajari sebelumnya dengan topik / bab yang teman-teman pelajari saat ini ketika kalian sedang belajar. Teknik interleaved practice ini juga  dapat memperkuat basis pengetahuan teman-teman karena kalian akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kapan atau tidaknya menggunakan sebuah rumus atau cara tertentu untuk mengerjakan soal tertentu.


Demikianlah beberapa teknik belajar yang efektif bagi para siswa. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi teman-teman sehingga dapat menggunakan berbagai teknik yang efektif saat belajar untuk mencapai hasil yang optimal. Terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top