Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

7 Tips/Cara Mengajar yang Baik bagi Para Guru

7 Tips/Cara Mengajar yang Baik bagi Para Guru - Bagi sebagian orang mungkin memiliki pendapat bahwa mengajar merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun pada kenyatannya, mengajar bukanlah semudah yang dibayangkan. Mengajar memerlukan teknik khusus yang harus sangat diperhatikan oleh setiap guru setiap kali menyampaikan pelajaran di dalam kelas. Berikut adalah 7 cara mengajar yang baik bagi para guru.

1. Jangan Malas Bergerak


Saat sedang mengajar, guru sebaiknya tidak hanya berdiri terus di depan kelas setiap saat, baik saat menjelaskan maupun saat mengontrol kelas. Guru juga sebaiknya tidak menghabiskan waktu mengajar dengan hanya duduk di meja guru. Namun, alangkah baiknya jika menerapkan mobile teaching saat mengajar. Mobile teaching adalah teknik mengajar dengan cara berkeliling kelas saat menyampaikan pelajaran atau saat para murid mengerjakan tugas untuk mengontrol mereka dan juga untuk mencoba lebih deat dengan para murid. Hal ini sangat baik untuk dilakukan agar mudah bagi para guru untuk memahami karakteristi murid dan juga untuk memperhatikan apakah para murid mampu melakukan tugas sesuai dengan yang diajarkan atau tidak.

2. Lakukan Berbagai Macam Teknik Mengajar


Teknik mengajar yang bervariasi ternyata sangatlah berpengaruh terhadap keberhasilan para murid untuk menerima dan memahami materi pelajaran yang disampaikan. Jika guru hanya menggunakan teknik mengajar yang sama dan itu-itu saja dari waktu ke waktu, misalnya seperti menggunakan teknik pidato dimana para murid hanya mendengarkan penjelasan guru sewaktu menyampaikan materi pelajaran dan lalu mengerjakan tugas yang diberikan, hal ini akan membuat materi pelajaran akan sulit untuk dipahami. Namun sebaiknya, para guru melakukan variasi teknik mengajar saat dikelas, contohnya seperti menyaksikan berbagai gambar atau sebuah video terkait materi pelajaran yang sedang dipelajari di awal pembelajaran, menyisipkan sebuah game di awal atau menjelang akhir pembelajaran yang dapat membantu para murid untuk memahami pelajaran dengan lebih baik, atau membuat yel-yel yang dapat dipraktekkan sebelum mengajar agar murid merasa lebih bersemangat untuk belajar. Jika guru melakukan variasi saat mengajar, para murid pasti akan lebih bersemangat untuk menerima pelajaran yang diberikan oleh para guru.

3. Perhatikan Para Murid


Memperhatikan keadaan para murid merupakan bagian dari tugas mengajar. Mengajar bukanlah menyampaikan materi pelajaran semata, namun juga mengetahui keadaan para murod yang diajarkan. Guru harus memperhatikan mana muris yang rajin, yang paling pintar, yang malas, yang suka membolos, dan sebagainya. Hal ini penting untuk dilakukan agar para guru dapat memberikan perhatian yang lebih pada murid yang memiliki kekurangan dibandingkan teman-temannya yang lain saat menerima pelajaran. Jika guru memperhatikan keadaan muridnya yang memiliki karakteristik berbeda, guru akan dapat menerapkan cara mengajar yang tepat untuk mendukung mereka memahami pelajaran dengan baik dan membantu mereka berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Advertisement

4. Memanfaatkan Teknologi 


Di zaman yang serba modern ini, guru sebaiknya mulai berlatih menggunakan beberapa teknologi yang ada untuk membantu mengajar di kelas. Para guru dapat menggunakan laptop dan proyektor untuk menampilkan materi melalui power point, membuat graphic organizers untuk mempermudah para murid memahami pelajaran, menggunakan gambar dan audio saat membuat tugas bagi para murid, membuat kelas berbasis online agar guru dapat mengirimkan berbagai sumber belajar atau tugas di kelas tersebut sehingga para murid lebih mudah untu mengunduh materi atau tugas yang diberikan, dan sebagainya. Murid-murid zaman searang sudah kenal dengan teknologi, oleh sebab itu para guru sebaiknya juga belajar untuk mendekatkan diri dengan teknologi agar lebih memahami tentang dunia peserta didiknya.

5. Berusaha untuk Lebih Interaktif


Proses belajat mengajar di kelas sebaiknya penuh dengan interaksi antar murid tentang pelajaran yang dipelajari. Oleh karenanya, guru sebaiknya menyusun kegiatan pembelajaran dimana para murid akan lebih aktif baik saat bertanya tentang materi yang dipelajari maupun saat mengerjakan tugas yang diberikan. Guru dapat membuka kelas diskusi sebelum masu ke dalam inti pelajaran dimana guru memberikan beberapa pertanyaan terkait materi yang berupa masalah yang sedang hangat dikalangan siswa dan siswa diajak untuk berdiskusi tanya jawab tentang pendapatnya mengenai masalah tersebut dan bagaimana cara menyelesaikannya. Hal ini akan membangun kedekatan antara guru dan siswa dan juga dapat digunakan untuk menjembatani materi yang sudah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari sehingga para murid akan lebih mudah memahami materi baru tersebut.

6. Berikan Penghargaan (Reward)


Di sela-sela waktu mengajar, perhatikanlah untuk selalu menyampaikan atau memberikan penghargaan kepada siswa yang menjawab dengan benar atau yang mendapat nilai ujian paling bagus di kelas. Penghargaan (reward) yang diberikan oleh guru berupa pujian-pujian sangatlah bermakna bagi para murid. Hal ini karena jika mereka dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru dan guru memberinya penghargaan dengan pujian, para murid akan merasa lebih dihargai oleh guru dan mereka akan merasa lebih menjadi bagian dari proses pembelajaran tersebut. Terlebih jika guru memberikan sesuatu sebagai hadiah jika ada muridnya yang mendapat nilai paling tinggi saat ujian. Hadiah tersebut tidaklah harus mahal, namun pemberian guru tersebut pasti akan membuat para murid lebih bersemangat saat belajar dan juga membuat para murid akan lebih mengingat guru dan materi yang disampaikan dengan lebih baik.

7. Perhatikanlah Penutupan (Closing) Mengajar


Saat guru hendak menutup pelajaran, guru sebaiknya mengulas materi apa saja yang telah dipelajari. Guru juga sebaiknya menanyakan kepada para murid tentang beberapa materi terkait pelajaran pada hari tersebut agar guru dapat memastikan para murid sudah mengerti dengan baik materi yang telah dipelajari. Selain itu, guru juga sebaiknya menanyakan kepada para murid tentang perasaan mereka akan pelajaran pada hari itu apakah materi yang disampaikan mudah atau terlalu susah bagi mereka. Hal ini akan membantu guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran pada hari berikutnya.

Demikianlah 7 cara mengajar yang baik bagi para guru. Semoga penjelasan singkat di atas dapat bermanfaat bagi teman – teman. Happy teaching!

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top