Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Loading...

Penjelasan Singkat tentang Memo beserta Contohnya

Penjelasan Singkat tentang Memo beserta Contohnya - Teks singkat dalam bahasa Indonesia dapat berbentuk teks pesan, teks pengumuman, teks iklan, teks memo, dan sebagainya. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai memo. Apakah teman – teman sudah familiar dengan kata tersebut? Memo biasanya dapat ditemukan di area sekolah atau pun perkantoran. Agar lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan singkat tentang memo beserta contohnya.

A. Definisi Memo


Memo merupakan sebuah pesan singkat yang ditulis dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Memo biasanya ditujukan kepada seseorang ataupun orang banyak, seperti seluruh pegawai di sebuah perusahaan.

B. Bagian – Bagian Memo


Memo umumnya terdiri dari beberapa bagian, yaitu sebagai berikut:

• Kepada: (nama orang yang dituju)
• Dari: (nama orang yang mengirim memo)
• Tanggal: (hari dan tanggal pelaksanaan)
• Subjek / hal: (hal atau pokok pembahasan)
• Konten / isi: (isi memo yang akan disampaikan)

C. Contoh Penulisan Memo


Contoh 1

MEMO

Kepada : Seluruh Manajer Pemasaran di Kantor Pusat dan Kantor Cabang
Dari  : Direktur Utama
Tanggal : 08 Januari 2018
Subjek  : Pemasaran Produk Baru

Seluruh manajer pemasaran baik di kantor pusat dan kantor cabang diharapkan untuk dapat menghadiri rapat pada tanggal 08 Januari 2018 pukul 10:00 di Ruang Rapat Gedung A. Kita akan membahas tentang pemasaran sebuah produk baru kita. Mohon seluruh manajer untuk dapat datang tepat waktu. Terima kasih.

Contoh 2

MEMO

Kepada : Jenny Sintia, S. Pd
Dari  : Dedi Kurniawan, M. Pd
Tanggal : 10 Maret 2017
Subjek  : Proposal Konferensi Pendidikan Internasional

Jenny, bulan ini kita mengadakan sebuah acara besar. Kita akan mengadakan konferensi bertema Konferensi Pendidikan Internasional selama satu bulan terhitung mulai tanggal 01 April 2017. Konferensi ini akan dihadiri oleh 37 perwakilan dari 17 negara. Konferensi ini akan membahas tentang pendeatan dan metode pengajaran berbasis teknologi terbaru. Konferensi ini juga mengadaan pelatihan bagi para guru terpilih. Mohon kirimkan proposal terkait dengan acara ini ke ruangan saya esok siang sesegera mungkin. Terima kasih.

Advertisement
Contoh 3

PEMERINTAH KOTA JAKARTA
PT. AFFORTEE

MEMO
23 Juni 2017

Dari : Staf Divisi Humas (Human Resources)
Kepada: Manajer Pemasaran

Pertemuan rutin 3 bulan sekali untuk bagian pemasaran (sales) akan diadakan pada tanggal 12 September 2017 di Pusat Kota Radisson. Dengan hormat kami mengundang Anda untuk ikut berpartisipasi dalam sesi interaktif pada jam 10 pagi. Berbagai masukan dari Anda akan sangat berharga bagi tim pemasaran (sales) dalam membuat rencana kerja untuk tahun depan.
Tolong konfirmasi kehadiran Anda pada hari Jumat dengan menelpon/ mengirimkan sms kepada saya di 6373920 atau dengan mengirimkan email kepada saya di affortee@goodtobegreen.com.

Terima kasih banyak atas partisipasinya.

Staf Divisi Humas

Jeremy Houston

Contoh 4

MEMO

Dari  : Rikkard Ambrose
Kepada : Linton Wallace
Tanggal : 15 Februari 2018
Perihal  : Rapat Penting

Rapat penting tentang evaluasi pengenalan produk baru akan diadakan hari ini jam 2 siang. Tolong bawa beberapa file terkait produk baru tersebut ke kantor saya segera. Selain itu, Anda diharapkan dapat menghadiri rapat tersebut. Sebelum rapat dimulai, tolong siapkan file yang dibutuhkan dan datang tepat waktu. Terima kasih.

Contoh 5

MEMO

Dari  : Mira Triasih
Kepada : Joko Friansyah
Tanggal : 22 Juli 2017
Subjek  : Bantuan kepada anak - anak di daerah pesisir

Anak – anak di daerah pesisir di daerah kita sangatlah memprihatinkan. Saya telah melihat anak-anak di sana tidak mendapatkan kesehatan dan terutama pendidikan yang layak. Saya merasa kasihan pada mereka. Mereka memiliki semangat yang tinggi untuk belajar, namun tidak memiliki banyak buku untuk dibaca. Kondisi sekolah di daerah ini pun sangat kurang baik. Saya rasa kmonutisa kita dapat membantu mereka dengan membuat rumah baca. Saya akan membutuhkan persetujuan dan bantuan dari anggota lain. Dapatkah Anda mengirim pesan ke seluruh anggota di komunitas kita untuk menghadiri pertemuan pada tanggal 22 Juli terkait hal ini? Terima kasih.

Contoh 6

PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG
MENTERI PEMERINTAH BAGIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

MEMO
20 Agustus 2017

Dari : Staf Divisi bagian Humas (Human Resources)
Kepada: Kepala Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lampung

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lampung akan mengadakan sebuah seminar pada hari Selasa, 07 September 2017. Menurut saya, seminar ini cocok untuk para mahasiswa baru di universitas kita, terutama para anggota baru di BEM. Tolong undang beberapa mahasiswa baru dan 5 anggota baru BEM untuk mengikuti seminar tersebut. Biaya untuk satu peserta seminar adalah Rp 50.000. Jika kamu menyetujiunya, tolong hubungi saya segera sehingga saya dapat membuat proposalnya. Terima kasih.

Staf Divisi bagian Humas (Human Resources)

Joko Widyatmoko

Contoh 7

MEMO

Kepada : Seluruh Karyawan
Dari  : Malik Wibowo, Manajer Umum
Tanggal : 21 Agustus 2018
Perihal  : HUT Perusahaan

Perusahaan akan menyelenggarakan sebuah acara untuk merayakan ulang tahun perusahaan minggu depan. Acara ini akan diselenggarakan pada hari Selasa, 28 Agustus 2018 pukul 9 pagi. Akan ada banyak kegiatan, bazaar, dan doorprize untuk beberapa karyawan yang beruntung. Seluruh karyawan diharapkan dapat ikut berpartisipasi dalam acara ini dan hadir tepat pada waktunya. Terima kasih.

Demikianlah penjelasan singkat tentang memo beserta contohnya. Dalam menulis memo, bagian – bagian memo haruslah diperhatikan dengan baik agar memo dapat dipahami dengan baik oleh si pembacanya. Semoga bermanfaat!

Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top