Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Loading...

Penjelasan Lengkap tentang Pengumuman, Cara Membuat, dan Contohnya

Salah satu bentuk teks singkat dalam bahasa Indonesia adalah pengumuman. Teks pengumuman biasanya tertulis atau diumumkan secara singkat dengan mengacu langsung kepada poin – poin isinya. Teks pengumuman juga menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang banyak (khalayak ramai). Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan lengkap tentang pengumuman, cara membuat dan contohnya.

A. Pengertian Teks Pengumuman


Apakah teks pengumuman itu? Pengumuman adalah sebuah teks yang ditulis, dicetak, atau diucapkan secara lisan yang berisi informasi yang mengumumkan tentang sesuatu yang terjadi atau yang akan terjadi.

Tujuan dari teks pengumuman adalah memberikan informasi kepada orang banyak / masyarakat tentang sebuah hal yang sedang atau akan terjadi.

B. Struktur Teks Pengumuman


Pada umumnya sebuah teks pengumuman memiliki beberapa bagian sebagai struktur teksnya yaitu sebagai berikut:
• Judul 
(Tema atau nama dari acara atau sebuah hal yang diumumkan)
• Tanggal dan waktu
(Keterangan hari, tanggal, dan waktu kegiatan, acara, atau suatu hal yang akan digelar)
• Tempat
(Keterangan nama dan almat tempat kegiatan, acara, atau hal  yang akan dilaksanakan)
• Contact Person
(Keterangan nama orang, nomor telepon, atau alamat yang dapat dihubungi)

C. Jenis Teks Pengumuman


• Teks Pengumuman lowongan pekerjaan
• Teks Pengumuman pemenang suatu kompetisi
• Teks Pengumuman kegiatan/ acara
• Teks Pengumuman produk baru
• Teks Pengumuman peresmian/ pernikahan/ kelahiran
• Teks Pengumuman orang/ barang hilang
• Teks Pengumuman berita duka
• dan sebagainya...

D. Cara Membuat Teks Pengumuman


Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat teks pengumuman bentuk tertulis dan lisan. Dalam teks pengumuman tertulis, judul atau jenis peristiwa, tanggal / waktu, tempat (place), dan orang / alamat yang dapat dihubungi haruslah diperhatikan.

Sedangkan dalam membuat atau menyampaikan pengumuman dalam bentuk lisan, hal – hal yang harus diperhatikan adalah volume suara harus disesuaikan agar pendengar dapat memahami isi pengumuman dengan baik, kejelasan dalam menyampaikan pengumuman, dan juga intonasi dan jeda harus sesuai agar orang mudah memahami pengumuman.

Berikut adalah beberapa tips cara membuat teks pengumuman:

1. Sebelum membuat sebuah teks pengumuman, pertimbangkanlah terlebih dahulu tujuan membuat pengumuma. Hal ini karena pengumuman, dalam suatu konteks tertentu (misalnya dalam mengumumkan produk baru dalam bisnis), bukanlah sekadar pernyataan belaka tetapi juga dapat meningkatkan relasi bisnis atau menambah tingkat kepercayaan pelanggan.
2. Untuk teks pengumuman dalam benuk tulis, teks pengumuman haruslah singkat, jelas dan ditulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
3. Dalam menulis atau menyampaikan sebuah pengumuman, berilah beberapa fakta dengan seperlunya dan tidak perlu berlebihan agar tidak mengubah tujuan dari teks pengumuman itu sendiri.
4. Dalam teks pengumuman tertulis atau lisan, teks pengumuman harus ditulis atau disampaikan dengan singkat. Hindari juga penggunaan bahasa yang diulang dan berbelit – belit karena itu akan mengganggu para pendengar atau pembaca dalam memahami isi pengumuman.
5. Jangan terburu – buru untuk menyebarkan atau menyampaikan pengumuman. Jika sudah selesai membuat pengumuman, cek terlebih dahulu dengan cara proofreading. Mengecek dengan cara proofreading menghindarkan teks pengumuman dari terjadinya salah eja, frasa yang digunakan kurang tepat, kalimat yang kurang efektif, dan sebagainya.

Advertisement

E. Contoh Pengumuman


Contoh 1

PENGUMUMAN

SMAN 1 Jati Agung akan mengadakan Acara Temu Alumni pada tanggal 15 Februari 2018 pada jam 09.00 di Hotel Seventh sebagai perayaan Ulang Tahun ke-20 SMAN 1 Jati Agung. 

Pada kesempatan ini, kami mengundang Anda secara spesial untuk dapat hadir di acara ini sembari bertemu teman lama, teman sekelas, guru, dosen, mengingat kembali kenangan lama, saling bertukar cerita tentang kesuksesan masing – masing dan yang paling utama adalah untuk memperbarui komitmen kita terhadap Almamater tercinta kita ini.

Biaya pendaftaran untuk acara ini sebesar Rp 200.000,- per orang dan diharapkan untuk membayarnya di tempat (on the spot). Biaya ini termasuk kaos alumni, kartu ID alumni, souvenir alumni, makan siang, dan pertunjukkan live.

Untuk informasi lebih lanjut, tolong hubungi bagian Sekretaris Alumni di (0721) 889-6484 atau kirim sms di 082274646373.

Kami mengharapkan kehadiran Anda di acara ini. Terima kasih.

Contoh 2

Perlombaan Pidato Bahasa Indonesia

Untuk seluruh siswa SMAN 10 Bandar Lampung, kami mengumumkan Perlombaan Pidato Bahasa  Indonesia.

Tanggal dan Waktu : Selasa, 17 April 2018
Tempat  : Aula SMAN 10 Bandar Lampung

Setiap kelas harus mengikuti perlombaan ini dan mengirimkan minimal satu perwakilan untuk setiap kelas dengan memilih salah satu topik berikut ini:

• Mencintai Produk Indonesia
• Cara Menghargai Pahlawan di Era Modern
• Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pemersatu

Untuk informasi lebih lanjut, temui panitia pelaksanaan Perlombaan Pidato Bahasa Indonesia di ruang OSIS

OSIS SMAN 10 Bandar Lampung.

Contoh 3

PENGUMUMAN

SMA Global Surya menyediaan beasiswa untu 100 siswa SMP dan SMA. Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi:

- Memiliki minat yang tinggi di bidang Matematika dan Science
- Memiliki sertifikat di bidang IT, termasuk Ms. Office, Photoshop, CorelDraw, atau AutoCAD

Kepala Sekolah juga memungkinkan untuk menyediaan surat rekomendasi bagi para siswa agar mendapatkan beasiswa.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.globalsurya.sch

Demikianlah penjelasan lengkap tentang pengumuman, cara membuat dan contohnya. Diharapkan penjelasan di atas dapat bermanfaat. Terima kasih.

Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top