Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Latihan Pemahaman Bacaan Bahasa Indonesia dengan Teknik Scanning

Membaca sebuah teks panjang dapat dilakukan dengan berbagai macam teknik, tergantung dengan tujuan dari membaca teks itu sendiri. Salah satu teknik yang sering digunakan dalam membaca teks panjang adalah teknik scanning, yaitu membaca untuk menemukan informasi tertentu dalam sebuah teks. Berikut adalah beberapa contoh soal untuk latihan pemahaman bacaan bahasa Indonesia dengan teknik scanning.

Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pilihan A, B, C, atau D!

Teks berikut untuk soal nomor 1 – 3.

Obat Baru untuk Kanker Pankreas

Para ilmuwan dari Inggris berhasil menemukan obat untuk kanker pankreas. Kanker pankreas yang agresif mungkin disembuhkan dengan obat baru ini menurut para ilmuwan dari Cancer Research UK.

Tumor atau kanker pankreas sangatlah berbahaya. Hal ini dilihat dari satu dari lima orang yang dapat bertahan hidup selama satu tahun setelah didiagnosa menderita kanker pankreas. Hal ini dikarenakan gen penderita dimatikan oleh sel kanker tersebut.

Para peneliti sekararang tengah menguji obat yang berpotensi untuk mengubah gen dan menghentikan penyebaran sel kanker. Obat tersebut telah dipraktekkan kepada tikus. Hasilnya menunjukkan bahwa gen USP9x, yang mengontrol sel untuk membelah diri, dimatikan oleh sel kanker tersebut.

Gen tidak mengalami mutasi, namun protein dan bahan kimia lain dalam gen terhenti dan membuat gen tersebut mati. “Kami menduga bahwa kesalahan tidak pada kode genetik, tetapi kimia yang mengubah gen menjadi mati atau hidup. Kami akan memberikan konfirmasi setelah beberapa tes lagi,,” papar peneliti dari Cancer Research UK, David Tuveson.

David Adams, seorang peneliti dari Wellcome Trust Sanger Institute, mengatakan bahwa penelitian ini memperkuat pemahaman kita tentang biologis sel. “Untuk mengidentifikasi semua gen yang berperan dalam kanker, kita harus melihat ke dalam sistem biologis sel,” jelasnya.

Tiap tahun, sekitar 7.800 orang di Inggris didiagnosa menderita kanker pankreas. Kanker pankreas sangatlah berbahaya, hingga masuk ke dalam lima kanker yang paling mematikan.

1. Kalimat yang sesuai dengan isi bacaan yaitu ...
A. Sel tidak dapat bermutasi
B. Penyakit kanker pankreas adalah penyakit yang mudah disembuhkan
C. Pankreas termasuk dalam sepuluh kanker yang paling mematikan
D. Kanker pankreas berbahaya karena gen USP9x, yang mengontrol sel untuk membelah diri, dimatikan oleh sel kanker

2. Masalah utama yang menjadi pokok bahasan teks di atas adalah ...
A. Gen tidak dapat bermutasi
B. Obat kanker pankreas berhasil ditemukan
C. 7.800 orang di Inggris didiagnosa menderita kanker pankreas tiap tahun
D. Hanya satu dari lima orang yang dapat bertahan hidup setelah didiagnosa

3. Kata Gen mendekati arti ...
A. Unit hereditas dalam organisasi hidup
B. Sel yang membentuk sifat sesuai dengan induknya
C. Seatu bagian terkecil dari makhluk hidup
D. Sifat penurunan

Teks berikut untuk soal nomor 4 – 7.

Industri perbankan syariah mengalami tren peningkatan signifikan di Indonesia. Perkembangan bisnis keuangan berslogan antiriba ini mencapai rata-rata 12 – 20 persen dari tahun ke tahun. Bank syariah di Indonesia membuktikan peningkatan yang terbilang mencengangkan. Dari 1992, grafik menunjukkan tren positif, dan bertengger di 35 persen sejak 2000 hingga 2011. “Ini luar biasa,” ujar pakar ekonomi syariah M. Amin Suma.

Perkembangan ini ditengarai ekonom Universitas Gajah Mada, Revrisond Baswir, sebagai fenomena perekonomian global. Sistem perekonomian syariah yang sonder spekulasi membuat industri ini dinilai lebih stabil. Meskipun dalam transaksinya dituding tidak ada perbedaan, perbankan syariah telah menjadi alternatif dari sistem perbankan konvensional yang sarat riba dalam transaksinya. “Kalau bicara transaksi, produknya jelas beda,” ujar Revrisond.

Advertisement
Namun demikian, keuntungan besar yang dipanen perbankan syariah dinilai tak banyak membawa manfaat bagi masyarakat. Sumbangannya terhadap perekonomian nasional masih jauh tertinggal dibanding bank konvensional. Industri yang berlabel dikelola secara syariah ini menuai banyak kritik karena dinilai lebih peduli pada nasabah makmur.

Arviyan mengakui bahwa sumbangan perbankan syariah dari sisi persentase masih dikisaran 5 persen. Peran perbankan syariah dinilainya menjadi sektor yang dapat mendongkrak perekonomian nasional karena rata-rata mengelola sektor riil. Demikian halnya dengan cabang-cabangnya di daerah, dengan jaringan baitul wal wattamwil yang bergerak pada jasa pinjaman usaha, diakui berperan membangkitkan perekonomian rakyat.

Menurut Achsanul, keunikan lain dari bank syariah yaitu kecenderungannya nasabah makmur. Sebab, kata dia, bicara murabahah yang berbasis pada kredit dan modal kerja, perbankan syariah cenderung berhati-hati dalam memilih nasabah, sehingga hanya perusahaan-perusahaan besar dan settle yang lebih mudah mendapatkan kredit. Selain itu, pasar yang begitu kompetitif tak membuat bank syariah berupaya membuka seruk pasar baru. “Bank syariah tak pernah berusaha membuka pasar baru.”

Perbankan syariah jarang sekali melakukan pelatihan bagi nasabah dan hanya mengambil alih nasabah bank konvensional. Karena persaingan perbankan yang begitu besar, jalan instan dengan cara melakukan take over menjadi tak terhindarkan.

4. Judul yang paling tepat untuk teks tersebut adalah ...
A. Bank Syariah vs. Bank Konvensional
B. Ketegaran Bank Syariah di Tengah Krisis
C. Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia
D. Menagih Kiprah Bank Syariah

5. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah ...
A. Pelayanan bank syariah diutamakan untuk perusahaan-perusahaan besar dan settle
B. Perbankan syariah merupakan sektor yang penting dalam menunjang perekonomian nasional
C. Perkembangan perbankan syariah rata-rata pertahun sebesar 19 persen.
D. Perbankan syariah mempunyai perbedaan yang signifikan dengan bank konvensional dari sisi transaksi maupun produknya

6. Pertanyaan yang jawabannya tidak terdapat pada teks di atas adalah ...
A. Mengapa perbankan syariah belum mampu memberikan manfaat bagi masyarakat?
B. Bagaimana perbandingan kondisi perbankan syariah di berbagai negara?
C. Mengapa perbankan syariah hanya mau melayani nasabah makmur?
D. Apa yang menyebabkan perbankan syariah mampu bertahan di tengah krisis?

7. Arti istilah sonder spekulasi dalam paragraf 2 adalah ...
A. Tanpa spekulasi
B. Spekulasi yang baik
C. Minim spekulasi
D. Spekulasi secara syariah

Kunci Jawaban:

1. D
2. B
3. A
4. D
5. C
6. B
7. A

Demikianlah beberapa contoh soal untuk latihan pemahaman bacaan bahasa Indonesia dengan teknik scanning. Semoga contoh soal tersebut dapat bermanfaat untuk melatih pemahaman bacaan teman – teman dalam membaca teks. Terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top