Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Materi UN SMA Bahasa Indonesia tentang Paragraf Non Sastra dan Contoh Soal

Materi UN SMA Bahasa Indonesia tentang Paragraf Non Sastra dan Contoh Soal - Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang masuk dalam Ujian Nasional. Sebelum teman – teman berlatih mengerjakan soal, ada baiknya teman – teman belajar mengenai materi yang diujikan dalam UN untuk pelajaran Bahasa Indonesia. Berikut adalah beberapa materi UN SMA untuk pelajaran Bahasa Indonesia tentang Paragraf Non Sastra beserta contoh soal.

A. Memaknai Kata/ Istilah


Sebuah paragraf disusun mengunakan kalimat – kalimat yang saling berkaitan dan mengandung arti/ makna untuk setiap katanya. Dalam membentuk sebuah kalimat atau paragraf, sebuah kata harus benar – benar dipilih agar mampu menyampaikan maksud penulis. Kata – kata yang digunakan dapat berupa kata berantonim, kata baku, kata sinonim, kata yang mengalami perubahan makna, dan kata bermakna denotasi atau konotasi. Sedangkan istilah berhubungan dengan pengungkapan makna konsep, proses, sifat, atau keadaan tertentu. Makna kata leksikal adalah makna kata yang banyak ditemui dalam soal. Makna kata leksikal adalah makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain.

Contoh Soal:
“Kabut asap yang terjadi di Indonesia merupakan sebuah tragedi, bukan merupakan bencana alam,” papar perwakilan dari CIFOR (Organisasi Center for International Forestry Research). Telah dipaparkan juga bahwa kabut asap bukan merupakan bencana alam karena peristiwa tersebut tidak terjadi secara alamiah, namun akibat kesalahan manusia.

Makna kata yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Peristiwa memilukan
B. Peristiwa menyedihkan
C. Peristiwa mengejutkan
D. Keadaan genting
E. Perubahan drastis

Jawaban: B

B. Mengidentifikasi Informasi Tersurat dalam Teks Non Sastra


Sebuah paragraf dapat berisi informasi berupa gagasan, peristiwa, atau masalah yang berupa fakta atau opini. Fakta adalah peristiwa atau kejadian yang benar – benar terjadi. Sedangkan opini adalah gagasan, pendapat, pemikiran, atau ide seseorang terhadap suatu peristiwa, objek, atau masalah, yang dapat berbeda dari pendapat orang lain. Kita dapat mengetahui masalah yang terdapat dalam teks dengan membuat pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks dengan menggunakan kata tanya sebagai berikut.
1. Kapan untuk menanyakan waktu peristiwa dalam teks.
2. Siapa untuk menanyakan orang atau objek dalam teks.
3. Apa untuk menanyakan peristiwa atau masalah yang dibahas dalam teks.
4. Di mana untuk menanyakan tempat peristiwa dalam teks.
5. Bagaimana untuk menanyakan proses terjadinya masalah atau peristiwa dalam teks.
6. Mengapa untuk menanyakan masalah, sebab atau alasan, atau peristiwa dalam teks.

Advertisement
Contoh Soal:
1) Kekerasan terhadap anak semakin marak. 2) Satgas Perlindungan Anak setiap hari menerima enam laporan kekerasan dan kejahatan terhadap anak. 3) Dengan angka kekerasan terhadap anak yang tinggi ini memperlihatkan bahwa kita memiliki rasa kepedulian yang rendah terhadap anak untuk tumbuh dan berkembang dengan wajar dan bebas dari rasa takut. 4) Oleh karena itu, kita menuntut Kementrian Perlindungan Perempuan dan Anak membuat kebijakan nasional yang lebih konkret dalam melindungi hak-hak anak.

Opini penulis dalam paragraf tersebut ditunjukkan dalam kalimat ...
A. dan 2)
B. dan 3)
C. dan 3)
D. dan 4)
E. dan 4)

Jawaban: E

C. Menemukan Ide Pokok/ Gagasan Utama


Ide pokok atau gagasan utama adalah gagasan yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf. Ide pokok terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf. Paragraf yang memiliki ide pokok di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf yang memiliki ide pokok di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf yang memiliki ide pokok di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran. Paragraf yang memiliki ide pokok di seluruh paragraf disebut paragraf narasi.

Contoh soal:
Pemberantasan narkoba sudah saatnya menyentuh dunia pendidikan. Peredaran permen lollypop yang mengandung narkoba yang tersebar di kalangan pelajar merupakan modus baru yang mengundang perhatian kita semua. Banyak pengedar narkoba mengincar sekolah sebagai tempat peredaran narkoba di segmen usia muda. Peredaran narkoba dengan cara ini tentu harus diantisipasi sejak dini.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ...
A. Kemudahan mendapatkan narkoba
B. Modus baru peredaran narkoba
C. Harga narkoba yang terjangkau pelajar
D. Pemberantasan narkoba di dunia pendidikan
E. Peredaran narkoba di kalangan pelajar

Jawaban: D

D. Menemukan Kalimat Utama dalam Paragraf


Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok. Ciri kalimat utama diantaranya yaitu:
1. Terdapat suatu permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut;
2. Merupakan sebuah kalimat lengkap;
3. Memiliki arti jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain;
4. Dapat berdiri sendiri tanpa kata sambung; dan
5. kalimat utama sering ditandai kata kunci seperti jadi atau dengan demikian (dalam paragraf induktif).

Contoh Soal:
Kerusakan lingkungan hidup di Indonesia semakin hari semakin parah. Baik cepat atau lambat, kondisi seperti ini akan mengancam kehidupan manusia. Memingkatnya bencana alam yang terjadi belakangan ini pun akibat meningkatnya kerusakan alam. Proses deteriorasi (proses kemunduran) lingkungan ini ditandai dengan rusaknya ekosistem, punahnya flora dan fauna, dan hilangnya sumber daya tanah, air, dan udara.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...
A. Kerusakan lingkungan hidup di Indonesia semakin parah.
B. Kerusakan lingkungan hidup mengancam kehidupan manusia.
C. Kerusakan lingkungan hidup meningkatkan risiko bencana alam.
D. Kerusakan lingkungan hidup dapat diartikan penurunan mutu lingkungan.
E. Kerusakan lingkungan ditandai dengan hilangnya sumber daya tanah.

Jawaban: A

E. Menyimpulkan Isi Tersirat Teks Non Sastra


Kesimpulan atau simpulan adalah pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan harus sesuai dengan isi paragraf. simpulan informasi tersirat dalam paragraf dapat berupa maksud, pandangan, dan keberpihakan penulis, atau sebab-akibat.

Contoh Soal:
Kasus infeksi saluran pernapasan atas akibat kabut asap terus meningkat. Di Jambi misalnya, kasus ISPA sudah mencapai 90.747 kasus. Akibat kebakaran hutan di wilayah Sumatera dan Kalimantan, Indeks Strandar Pencemaran Udara (ISPU) masih menunjukkan angka berbahaya. Setiap orang sudah sepatutnya memiliki hak untuk menghirup udara bersih. Untuk itu, negara wajib melindugi hak tersebut. Pemerintah mesti mengumumkan angka ISPU setiap jam.

Maksud penulis dalam teks tersebut adalah ...
A. Menjelaskan pengertian penyakit ISPA kepada masyarakat.
B. Menjelaskan asal-muasal kabut asap di Pulau Sumatera dan Kalimantan.
C. Menjelaskan gangguan kesehatan akibat kabut asap terus meningkat.
D. Menjelaskan Indeks Standar Pencemaran Udara di Indonesia.
E. Menjelaskan hak-hak masyarakat yang terdampak kabut asap.

Jawaban: C

Demikianlah beberapa materi UN SMA Bahasa Indonesia tentang Paragraf Non Sastra beserta contoh soalnya. Semoga dapat bermanfaat bagi teman – teman sebagai bahan belajar. Terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top