Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Definisi Paragraf Rumpang & Contohnya

Definisi Paragraf Rumpang & Contohnya - Terdapat beberapa jenis soal bahasa Indonesia yang umum dikerjakan oleh para siswa, contohnya seperti pilihan ganda, mengisi titik – titik/ isian, dan esai. Dalam soal pilihan ganda atau isian, biasanya akan terdapat soal dimana terdapat sebuah paragraf rumpang. Apakah paragraf rumpang tersebut? Bagaimanakah contohnya? Berikut adalah definisi paragraf rumpang beserta contohnya.

Sebelum mengetahui penjelasan dan contoh mengenai paragraf rumpang, ada baiknya teman – teman mengetahui terlebih dahulu definisi dan penjelasan tentang paragraf.

Apakah yang dimaksud dengan paragraf?


Paragraf merupakan kumpulan dari beberapa kalimat yang saling memiliki keterkaitan dan keterpaduan antara satu kalimat dengan yang lainnya. Pada umumnya, sebuah kalimat terdiri dari sebuah kalimat utama (kalimat pokok) yang mengandung sebuah ide pokok dan beberapa kalimat penjelas yang berfungsi untuk menjelaskan ide pokok atau kalimat utama tersebut. Syarat sebuah paragraf yang baik adalah adanya ide pokok atau pikiran utama dan juga kalimat penjelasnya. Dengan adanya ide pokok dan juga kalimat penjelas inilah yang dapat menghasilkan keterkaitan dan juga keterpaduan yang baik antara kalimat yang satu dan kalimat lainnnya sehingga paragraf tersebut memiliki koherensi (keterkaitan makna) serta kesatuan yang padu.

Apakah yang dimaksud dengan paragraf rumpang?


Paragraf rumpang merupakan sebuah paragraf yang memiliki bagian – bagian yang rumpang (kosong) yang biasanya terletak pada beberapa kalimat penjelas. Karena terdapat beberapa bagian yang rumpang inilah yang menjadikan suatu paragraf tidak memenuhi standar koherensi (keterkaitan makna) serta kesatuan yang padu. Agar koherensi dan kesatuan padu suatu kalimat dapat tercapai, beberapa bagian yang rumpang tersebut haruslah diisi dengan pilihan kata yang tepat sehingga paragraf tersebut dapat memiliki makna yang baik dan dapat dimengerti dengan mudah oleh para pembaca.

Contoh Paragraf Rumpang beserta Jawabannya


Contoh 1

Karies, perusakan atau pembusukan pada gigi yang dikenal juga dengan istilah Decay Missing Filling-Teeth/ DMF-T memiliki rata - rata antara 6,44 dan 7,8 di Indonesia. Sedangkan indeks DMF-1 yang telah ditetapkan oleh WHO (World Health Organization) hanya berhenti di angka 3,6. Jika tidak (1) ... , penyakit ini dapat menimbulkan nyeri, menyebabkan infeksi, penanggalan gigi, serta berbagai kasus berbahaya, seperti kematian. Saat ini karies gigi telah menjadi penyakit yang (2) ... di seluruh dunia. Perhatian dan permasalahan mengenai karies akar telah meningkat pada sepuluh tahun terakhir ini. Diperkirakan bahwa 90% anak – anak yang berada di usia sekolah di seluruh dunia dan sebagian besar orang dewasa, pernah (3) ... karies. Tingkat penderita tertinggi berada di Amerika Latin dan Asia. Peningkatan terjadinya karies gigi ini banyak dipengaruhi oleh perubahan (4) ... makan. Selain itu, (5) ... masyarakat untuk datang berobat ke fasilitas – fasilitas layanan kesehatan pun termasuk rendah. Menurut Liza Ramadhani Wiyonoputri, pakar dari Dentist Gallery, 87% masyarakat yang mengeluh sakit gigi tidak datang untuk berobat sama sekali, atau sekitar 12% masyarakat yang mengeluh sakit gigi datang berobat ke berbagai layanan kesehatan sudah dalam keadaan terlambat.

Jawaban:

1) ditangani
2) tersebar
3) menderita
4) pola
5) kesadaran

Contoh 2

Sebuah pesawat luar angkasa khusus yang dapat take off dari bandar udara biasa dan membawa penumpang dari bumi ke luar angkasa dipercaya oleh para ilmuwan dapat dijadikan penerbangan komersil luar angkasa pertama dalam waktu sepuluh tahun ke depan. Para (1) ... telah mengembangkan sebuah pesawat bernama Skylone senilai 700 juta Euro, yang dapat (2) ... dengan kecepatan 5 kali kecepatan suara. Skylone yang berukuran 270 kaki ini dapat mengangkut maksimal 24 (3) ... keluar angkasa dan dapat dijadikan sebuah penerbangan komersil pertama dalam waktu 10 tahun ke depan. (4) ... penerbangan per penumpang diperkirakan seharga 6,3 juta Euro. Skylone, pesawat yang tanpa pilot tersebut, dapat (5) ... dari bandar udara biasa dan tidak memiliki roket eksternal maupun mesin dengan hidrogen. Pihak Agensi Luar Angkasa dari Inggis (UK Space Agency) percaya bahwa Skylone dapat merevolusikan perjalanan angkasa, serta dapat memotong biaya produksinya secara signifikan dengan pertolongan teknologi terbaru.

Jawaban:

1) ilmuwan
2) terbang
3) penumpang
4) Biaya
5) terbang

Contoh 3

Zat utama dalam bumbu kunyit dapat menjadi bahan dasar murah untuk mendeteksi ledakan, kata sejumlah peneliti. Molekul kurkumin, yang (1) ... dalam kunyit, saat ini dikenal memiliki kegunaan untuk (2) ... pasien dengan penyakit Alzheimer, serta memiliki khasiat anti kanker dan antioksidan. Sebuah hasil (3) .. terbaru yang dipaparkan dalam Konferensi Masyarakat Fisika Amerika menunjukkan zat tersebut dapat (4) ... cara yang lebih kompleks dalam mendeteksi peledak seperti TNT. Ketika mengumpulkan molekul mated bahan peledak di udara, perubahan cahaya yang dikeluarkannya dapat diukur. “Spektroskopi berpijar” atau pengukuan pijaran cahaya itu sudah (5) ... dalam beragam teknik untuk mendeteksi dan menganalisa. Dengan menyinari sejumlah zat kimia dapat menyebabkan zat – zat tersebut mengeluarkan kembali cahaya dengan warna yang berbeda - beda, terkadang dalam periode yang lama. Teknik ini adalah teknik yang sering digunakan, contohnya dalam hiasan atau benda – benda yang dapat mengeluarkan cahaya di ruangan gelap.

Jawaban:

1) terkandung
2) mengobati
3) penelitian
4) menggantikan
5) dilakukan

Demikianlah definisi paragraf rumpang beserta contohnya. Semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat bermanfaat bagi teman – teman. Terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top