Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Definisi Paragraf Pembuka & Contohnya

Definisi Paragraf Pembuka & Contohnya - Apakah teman – teman saat membaca sebuah teks sering memperhatikan bahwa terdapat beberapa bagian dalam teks tersebut? Pada umumnya, sebuah teks terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup. Lalu apakah definisi paragraf pembuka itu? Seperti apakah contoh paragraf pembuka? Berikut adalah definisi paragraf pembuka beserta contohnya.

Apakah yang dimaksud dengan paragraf?


Paragraf adalah kumpulan beberapa kalimat yang saling memiliki terkait dan mmeiliki makna yang padu antara satu kalimat dengan kalimat lainnya. Sebuah kalimat pada umumnya terdiri dari sebuah kalimat utama yang mengandung sebuah ide/ gagasan pokok dan beberapa detail atau kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskan ide pokok dalam kalimat utama tersebut. Ide pokok dan kalimat penjelas dalam suatu paragraf membuat paragraf tersebut menjadi suatu paragraf yang baik dan menghasilkan keterkaitan dan juga keterpaduan yang baik antara kalimat yang satu dan kalimat lainnnya. Paragraf yang memiliki koherensi (keterkaitan makna) serta kesatuan yang padu akan memudahkan para pembaca untuk mengerti maksud serta isi dari paragraf tersebut.

Apakah yang dimaksud dengan paragraf pembuka?


Paragraf pembuka adalah paragraf yang memiliki fungsi untuk mengantarkan para pembaca menuju ke ide atau topik pembahasan pada sebuah teks bacaan yang terletak pada paragraf bagian isi. Paragraf pembuka ini terletak pada awal teks atau wacana dan haruslah mampu untuk membuat para pembaca mengerti tentang ide atau topik permasalahan apa yang akan dibahas pada bagian isi sehingga mereka tertarik untuk melanjutkan bacaan ke bagian isi teks. Pada umumnya, paragraf pembuka ini berisi tentang hal – hal umum yang berkaitan dengan topik permasalahan atau ide yang akan dibahas.

Contoh Paragraf Pembuka


Contoh 1

Tekstil dan produk tekstil (TPT) adalah salah satu dari tiga komoditi penopang domestic bruto (PDB). Akan tetapi, pertumbuhannya di pasar domestik justru semakin mengenaskan. Meski kinerja TPT di pasar ekspor terjadi peningkatan, namun di pasar domestik justru terjadi sebaliknya. Pada pasar domestik, konstribusi TPT akan stagnan dan bahkan diprediksi akan tergerus. Penyebab terjadinya hal ini adalah maraknya produk tekstil khususnya garmen selundupan asal China, Bangladesh, Vietnam, bahkan sampai produk asal Eropa.

Penjelasan

Paragraf pembuka tersebut menjelaskan secara singkat tentang penurunan pertumbuhan tekstil dan produk tekstil (TPT) di pasar domestik. Dalam paragraf tersebut, pembaca diantarkan untuk memahami terlebih dahulu bagaimana keadaan pertumbuhan tekstil dan produk tekstil (TPT) di pasar ekspor dan domestik. Selanjutnya pada paragraf isi, pembaca akan membaca lebih jauh tentang alasan mengapa pertumbuhan tekstil dan produk tekstil (TPT) dapat menurun.

Contoh 2

Riset Universitas Nusa Cendana menunjukkan, mangga kelapa pulau Alor kaya akan vitamin C. Setiap 100 gram daging buah mangga kelapa ini mengandung 31,91 mg vitamin C. Ini artinya kebutuhan vitamin C pada laki – laki dan perempuan dewasa sebanyak 60 mg sehari akan dapat tercukupi hanya dengan mengonsumsi 200 gram atau seperempat buah mangga alor.

Penjelasan

Paragraf pembuka tersebut menjelaskan secara singkat tentang penelitian buah mangga kelapa pulau Alor. Dalam paragraf tersebut, pembaca diantarkan untuk memahami terlebih dahulu hasil riset dari Universitas Nusa Cendana bahwa buah mangga kelapa ini mengandung banyak vitamin C. Selanjutnya pada paragraf isi, pembaca akan membaca lebih jauh tentang keunggulan lain dari buah mangga kelapa ini.

Contoh 3

Pemerintah telah mengadakan pertemuan yang membahas tentang perubahan iklim memperkirakan pertambahan konsentrasi gas rumah kaca secara terus – menerus yang mengakibatkan pertambahan temperatur/ suhu bumi sebanyak dua hingga tiga derajat celcius pada 2050. Penasehat kesehatan lingkungan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) perwakilan Indonesia, Sharad Adhikary, berkata bahwa peningkatan temperatur/ suhu bumi ini diikuti oleh melelehnya es di kutub dan peningkatan ketinggian air laut.

Penjelasan

Paragraf pembuka tersebut menjelaskan secara singkat tentang permasalahan yang terjadi akibat peningkatan konsentrasi gas rumah kaca. Dalam paragraf tersebut, pembaca diantarkan untuk memahami terlebih dahulu tentang pertambahan suhu bumi yang diikuti oleh peningkatan ketinggian air laut yang diakibatkan oleh melelehnya es di kutub. Selanjutnya pada paragraf isi, pembaca akan membaca lebih jauh tentang akibat – akibat buruk yang dapat muncul jika masalah tersebut tidak segera ditangani secara cepat.

Contoh 4

Surabaya dan Madura memiliki ikon baru, yaitu jembatan Suramadu. Jembatan ini menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Madura (di Bangkalan). Jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu ini mulai dibangun pada tanggal 20 Agustus 2003. Total panjang jembatan 5.438 m yang terdiri dari causeway sisi Surabaya 1.458 m dan causeway sisi Madura 1.818 m. Bentang tengah panjang keseluruhan mencapai 2.162 m yang terdiri dari dua pproach Bridge masing – masing sepanjang 672 m dan Main Bridge sepanjang 818 m. Panjang jalan pendekat dari sisi Surabaya mencapai 4,35 km dan dari Madura mencapai 11,50 km.

Penjelasan

Paragraf pembuka tersebut menjelaskan secara singkat tentang jembatan Suramadu yang menjadi ikon baru di Surabaya dan Madura. Dalam paragraf tersebut, pembaca diantarkan untuk memahami terlebih dahulu tentang gambaran umum jembatan yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia pada saat ini. Selanjutnya pada paragraf isi, pembaca akan membaca lebih jauh tentang proses pembuatan jembatan Suramadu, termasuk pihak – pihak yang ikut berperan dan tantangan dalam pembangunan jembatan ini.

Demikianlah definisi paragraf pembuka beserta contohnya. Semoga penjelasan tersebut dapat dipahami dengan baik. Semoga bermanfaat!

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top