Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Pidato Hari Pramuka 14 Agustus (Terbaru)

Contoh Pidato Hari Pramuka 14 Agustus (Terbaru) - Berikut terdapat sebuah contoh pidato hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus. 

Yang Terhormat Kepala SMP Pemuda Bangsa,
Yang Terhormat Dewan Guru dan Segenap Staf SMP Pemuda Bangsa
Yang Terhormat Kakak-kakak Pelatih, Pembina, Pamong, dan Instruktur Gerakan Pramuka,
Dan adik-adik Pramuka yang saya sayangi,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi. Salam sejahtera untuk kita semua.

SALAM PRAMUKA!

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, marilah kita bersyukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena di pagi yang cerah ini kita masih diberi kesehatan dan umur untuk bertemu dalam upacara peringatan hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2016. Saya juga berterimakasih kepada kepala SMP Pemuda Bangsa, dewan guru, dan kakak-kakak pelatih, pembina, pamong, dan instruktur Gerakan Pramuka, yang telah memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan pidato di hari istimewa ini. Sungguh ini adalah kehormatan bagi saya. Sebagai anggota Nasional Gerakan Pramuka, perkenankanlah saya menyampaikan ucapan Selamat Hari Pramuka yang ke 55 kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka. 

Hadirin yang saya hormati,

Tahun demi tahun, kita menyaksikan bagaimana perkembangan dan kemajuan gerakan pramuka yang dihelat di berbagai instansi pendidikan. Kita turut bangga bahwa gerakan pramuka masih bersemi sebagai wadah untuk memupuk rasa nasionalisme, jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan sikap tangguh pemuda dan pemudi Indonesia. Gerakan pramuka tetap berjaya dalam dunia pendidikan untuk melatih generasi muda, membangkitkan kesadaran akan pentingnya memberi kontribusi nyata sebagai warga negara. Pergaulan hedonis kaum muda dan degradasi moral yang terpampang nyata di depan mata menggugah kepedulian kita untuk menghadapi tantangan tersebut. Eksistensi gerakan pramuka membuat kita cukup tenang di tengah perubahan jaman yang semakin memprihatinkan tersebut.

Hadirin yang saya muliakan,

Advertisement
Apabila kita menyusuri jejak sejarah tentang peranan gerakan pramuka, kita akan menemukan catatan bahwa pramuka adalah organisasi yang berperan dalam menyatukan semangat pemuda dan pemudi ketika masa awal kebangkitan nasional. Pada saat itu gerakan pramuka turut membangunkan pemuda dan pemudi untuk mengikuti bela negara. Saya sendiri, sebagai anggota nasional gerakan pramuka merasakan manfaat dan pelajaran yang sangat berharga selama bergabung dalam pramuka. Bahkan, orang tua saya juga mendukung penuh agar saya tetap mengikuti kegiatan pramuka karena mereka melihat perkembangan positif pada kepribadian dan kemampuan saya melakukan pekerjaan secara sigap dan penuh inisiatif. Semua itu adalah bukti nyata bahwa gerakan pramuka harus selalu dijaga eksistensinya dan terus dikembangkan untuk kemaslahatan masyarakat.

Hadirin yang saya muliakan,

Berbagai pihak juga perlu ikut andil menghimbau peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pramuka. Kita asah lagi kepedulian kita terhadap sesama dengan mengajak teman-teman kita mengikuti kegiatan yang positif seperti pramuka ini. Mari kita taklukkan tantangan jaman ini dengan bahu-membahu memasyarakatkan pramuka karena harapannya kegiatan pramuka tidak hanya bersemi di lingkungan pendidikan tetapi juga di kalangan masyarakat lainnya. Bahkan apabila memungkinkan, tentu akan sangat bermanfaat bagi anak-anak di luar sana yang tidak mengenyam pendidikan di sekolah, bagi pemuda dan pemudi yang tidak melanjutkan sekolah karena kurang mampu dan keadaan lainnya dimana mereka tidak seberuntung kita. Cita-cita tersebut tidak mustahil untuk diwujudkan apabila kita bersama-sama menjadikannya nyata. Cita-cita mulia tersebut semoga menjadi pemacu kita untuk terus semangat memberikan kontribusi pada negara.

Hadirin yang saya muliakan,

Mari kita bangkit dan perduli pada sesama. SALAM PRAMUKA! SEMANGAT PRAMUKA! Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Terimakasih atas perhatiannya dan mohon maaf apabila ada salah kata. 

Saya akhiri, Wassalamualaikum Wr. Wb.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top