Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Pidato Hari Perdamaian Dunia 21 September (Terbaru)

Contoh Pidato Hari Perdamaian Dunia 21 September - Simak contoh terbaru dari kami, sebuah pidato di hari perdamaian dunia. 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala Dinas Pendidikan Kota Makmur Adem
Yang terhormat  Bapak/Ibu tamu undangan
Yang terhormat dewan guru dan staff tata usaha serta karyawan SMA Adem Ayem
Dan yang saya banggakan siswa-siswi SMA SMA Adem Ayem

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena pada hari yang sedikit mendung ini, kita diberikan kesempatan dan kesehatan untuk berkumpul dalam rangka memperingati hari perdamaian dunia yang jatuh tepat pada hari ini tanggal 21 September 2016. Tak lupa sholawat dan salam juga kita haturkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang kita InsyaAllah harapkan syafaatnya di yaumil akhir nanti, Aamiin Ya Rabbal ‘Alaamiin.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saat ini dunia mulai kembali bergejolak. Bukan hanya perseteruan antara Israel dan Palestina yang belum usai, namun masyarakat dunia kini mulai gelisah dengan adanya teror bom yang terjadi di beberapa negara akhir-akhir ini, termasuk di negara kita, Indonesia. Selain teror bom, ada pula teror penembakan liar yang terjadi di Amerika Serikat. Aksi tersebut tidak hanya terjadi di club malam, bahkan di lingkungan pendidikan seperti kampus. Gejolak lain juga muncul dari dunia Maya. Saya kerap membaca artikel di internet mengenai perdebatan bahkan bully antara fans dan haters dari para selebriti dan tidak sedikit di antara mereka yang ternyata masih remaja. Istilah kerennya adalah cyber war. Biasanya cyber war ini dipicu oleh perkataan atau kiriman foto sang selebriti yang dikomentari oleh fans dan haters ini, misalnya karena sang selebriti menggunakan pakaian atau berbicara dengan kata-kata yang kurang pantas dibaca publik, atau karena pro dan kontra terhadap perilaku sang selebriti. Pokoknya ada-ada saja yang bisa dikomentari. Saya secara pribadi, sebagai seorang guru, tentu resah dan prihatin dengan sikap orang-orang tersebut, apalagi jika mereka masih remaja karena rentan sekali terhadap pengaruh.

Advertisement
Hadirin yang saya hormati,

Dari beberapa hal yang mengguncang kedamaian tersebut, saya mengungkapkan rasa prihatin saya terhadap kurangnya kesadaran orang-orang yang tampak tidak perduli apakah perilaku negatifnya bisa mempengaruhi hidup orang lain, terutama perihal bully dan cyber war yang marak terjadi saat ini. Baik sang selebriti yang tidak berhati-hati dalam bertutur kata serta berpakaian, juga bagi orang-orang yang turut mengomentarinya. Anak-anakku, siswa-siswi SMA Adem Ayem, Bapak menghimbau agar kalian tidak ikut-ikutan dalam aksi bully dan cyber war tersebut karena hal tersebut hanyalah sia-sia, hanya membuang waktu tanpa manfaat. Tidak hanya pada selebriti, tetapi juga pada teman kalian sendiri, hindari keributan, tebarkan cinta kasih dan perdamaian, gunakanlah kata-kata yang baik sehingga tidak menyakiti hati orang lain. Bijaksanalah dalam menggunakan akun jejaring sosial kalian. Gunakan secara bijaksana untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat. Redamlah emosi kalian apabila kalian mulai terpancing untuk mem-bully, menghina, dan hal negatif lainnya. Dekatkanlah diri kalian pada Allah SWT, banyak berdzikir supaya tidak mudah emosi.

Hadirin yang saya muliakan,

Dari apa yang saya sampaikan dan himbauan saya kepada siswa-siswi, kesimpulannya adalah perdamaian dunia bisa kita wujudkan dimulai dari diri sendiri. Perdamaian dunia akan terwujud apabila kita memiliki sikap mawas diri, sadar diri, dan bijaksana dalam menanggapi lingkungan kita, juga masalah-masalah kita. Perdamaian dunia akan tercipta dimulai dari diri sendiri menyebarkan sikap positif dan cinta kasih, dimulai dari cara kita berkomunikasi yang baik dan tutur kata kita yang tidak menyakiti orang lain. 

Hadirin yang saya muliakan,

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada pagi hari ini. Saya mohon maaf apabila terdapat hal-hal yang tidak berkenan dari apa yang saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Mari kita ciptakan perdamaian dunia, memulainya dengan diri sendiri. SEMANGAT DAMAI! SEMANGAT KITA! SEMANGAT INDONESIA. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top