Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 8 semester 2

Contoh Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 8 semester 2 - Semoga dengan adanya soal-soal berikut, kemampuan Anda dalam berbahasa Indonesia semakin meningkat. 

Bacalah teks di bawah ini

Penggunaan Gadget Pada Balita
Perkembangan dunia digital tidak hanya memberikan dampak bagi para orang dewasa, tetapi juga berdampak pada anak-anak. Saat ini sudah tidak asing lagi bagi kita melihat anak-anak bermain menggunakan gadget, seperti smartphone dan tablet. Penggunaan gadget sebagai alat bermain anak menuai perdebatan di kalangan masyarakat. Hal tersebut muncul karena terdapat potensi yang berdampak baik dan berdampak buruk dari penggunaan gadget.
Apabila dilihat dari sisi yang baik, penggunaan gadget pada anak memiliki potensi untuk mengembangkan rangsangan mental dan mengembangkan prestasi  pada anak. Dr. Dimitri A. Christakis, dokter anak di Seattle, Amerika Serikat, yang meneliti efek media pada anak-anak, kini, mengatakan bahwa anak di bawah usia 2 tahun dapat memetik manfaat dari bermain iPad 30 sampai 60 menit setiap hari. Manfaat tersebut dapat diambil sepanjang  pengguna layar tablet itu akif, bukan pasif.
Christakis mengatakan dia telah menyimpulkan bahwa iPad dan perangkat aplikasi interaktif lainnya dapat melibatkan bayi seperti rangsangan mental ketika mereka bermain boneka atau balok, yang mengembangkan prestasi anak dengan menyamakan gambar dan suara.
Dari sisi yang buruk, gadget ternyata mempunyai dampak negatif pada anak. Anak dapat mengalami susah tidur atau kualitas tidur yang kurang baik bila sebelum waktu tidur ia menonton TV, membaca cerita lewat aplikasi e-Book di tablet, bermain video games. Ini dapat terjadi karena cahaya yang dipancarkan dari layar gadget elektronik tersebut yang membuat anak sulit untuk tidur. Jadi pikirkanlah matang-matang sebelum membelikan tablet untuk anak.
Tentunya layar TV, tablet, handphone sangat menarik untuk anak sehingga ia terpaku melihatnya. Namun perlu diingat bahwa gerakan (motion) yang cepat berpindah dari satu ke yang lainnya, warna yang terang dari layar dapat membuat otot mata lelah bahkan berubah secara fisiologis. Ditambah lagi bila jarak antara mata dan layar dekat dan kurang terekspos sinar matahari sangat berpengaruh bagi perkembangan mata balita.
Diolah dari berbagai sumber

1. Media yang digunakan Dr. Dimitri A. Christakis saat melakukan penelitian dampak penggunaan gadget pada balita adalah . . . .
A. smartphone
B. komputer
C. laptop
D. tablet

2. Kata “baik” dan “buruk” pada teks tersebut adalah kata yang mempunyai hubungan . . . .
A. antonim
B. sinonim
C. akronim
D. hiponim

3. Pernyataan yang menunjukkan argumen mendukung terhadap penggunaan gadget pada balita adalah . . . .
A. Anak dapat mengalami susah tidur atau kualitas tidur yang kurang baik bila sebelum waktu tidur ia menonton TV, membaca cerita lewat aplikasi e-Book di tablet, bermain video games.
B. Apabila dilihat dari sisi yang baik, penggunaan gadget pada anak memiliki potensi untuk mengembangkan rangsangan mental dan mengembangkan prestasi  pada anak.
C. Perkembangan dunia digital tidak hanya memberikan dampak bagi para orang dewasa, tetapi juga berdampak pada anak-anak.
D. Hal tersebut muncul karena terdapat potensi yang berdampak baik dan berdampak buruk dari penggunaan gadget.

4. Berikut ini adalah dampak  negatif penggunaan gadget pada balita, kecuali . . . .
A.  membuat anak sulit tidur
B. menyebabkan otot mata lelah
C. merangsang gerak motorik  anak
D. mengganggu perkembangan otot mata

5. Unsur teks diskusi yang tidak terdapat pada teks tersebut adalah . . . .
A. isu
B. kesimpulan
C. argumen menentang
D. argumen mendukung

Bacalah teks di bawah ini

Teks Ulasan Film 5cm
Film 5cm adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama dari salah satu karya novelis muda Indonesia Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai Adinda.
Film ini secara garis besar bercerita mengenai persahabatan dan nasionalisme dari lima orang sahabat yang merupakan tokoh utama film ini. Kelima tokoh utama ini telah berada dalam lingkar persahabatan selama kurang lebih 10 tahun. Kehidupan yang monoton membuat mereka berpikir untuk berpisah selama 3 bulan. Dalam masa “berpisah tersebut”, mereka tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apapun. Dalam kurun 3 bulan tersebutlah, mereka ditempa dengan rasa rindu yang saling menyilang. Banyak hal yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan.
Setelah 3 bulan berselang, kelima sahabat ini dan Adinda, adik Arial, memutuskan menunaikan rindu dengan mendaki puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru sebagai bentuk perayaan atas pertemuan mereka lagi dalam sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan. Mereka melakukan pendakian ini saat menjelang hari kemerdekaan Indonesia. Medan yang terjal, jalan yang berliku, nyawa yang harus dipertaruhkan, sahabat yang harus saling menjaga, lelah yang tak terkira serta keringat yang selalu bercucuran, tetap mereka tempuh. Apapun itu, karena mereka memiliki tekad yang kuat, rasa nasionalisme yang tinggi, kebersamaan yang selalu mereka jaga, kepercayaan akan sebuah keberhasilan, Pada bagian ini pula, kisah persahabatan dirubah menjadi kisah petualangan yang dibumbui kisah cinta yang manis. Cinta segitiga di antara mereka dikemas dengan tawa bukan tangis. Hal ini yang menjadikan 5 cm menarik, hal kecil yang mainstream dibuat berbeda tetapi natural.
Tepat pada tanggal 17 Agustus pagi, mereka sampai di puncak Mahameru. Kebanggaan tersendiri untuk mereka, mengibarkan Sang Merah Putih di hari yang sangat bersejarah bagi negeri ini dan berada di tempat yang sungguh indah. Mereka telah berhasil menyelesaikan perjalanan dan petualangan yang menajubkan ini dengan segala hal, cinta, kasih sayang, pengorbanan, kebersamaan, dan persahabatan.
Film dengan jalan cerita yang dapat menghipnotis para penontonnya ini sangat baik ditonton oleh para generasi muda. Film ini tidak mengajarkan hal yang negatif untuk para remaja. Banyak sisi positif dari film ini, mulai dari pemeran yang mendukung, jalan cerita yang menyenangkan, adegan yang mengharukan, lokasi syuting yang indah, dan pelajaran hidup yang banyak.
Judul film ini unik dan sederhana tetapi memiliki cerita yang sangat menakjubkan. Karakter tokoh-tokoh dalam film ditampilkan dengan jelas. Hal ini yang membuat 5 cm unggul dari film lain. Jika secara umum pada permulaan film kita dibiarkan menebak seperti apa karakter para tokoh, maka di dalam 5 cm, kita tidak dibiarkan menebak sebab karakter tokoh sudah terbaca kuat di halaman awal.
Sumber:http://qurrotakr.blogspot.co.id/2015/05/teks-ulasan-film-5-cm.html dengan pengubahan

Advertisement
6. Nama tokoh-tokoh film 5cm yang disebut dalam ulasan tersebut adalah . . . .
A. Genta, Arial, Riani, Ian, Zafran, dan Adinda 
B. Donny Dirgantoro, Genta, Arial, Riani, Ian, Zafran, dan Adinda
C. Fedi Nuril, Denny Sumargo, Raline Shah, Igor Saykoji, Herjunot, dan Pevita Pearce
D. Donny Dirgantoro, Fedi Nuril, Denny Sumargo, Raline Shah, Igor Saykoji, Herjunot Ali, dan Pevita Pearce

7. Mahameru merupakan nama puncak dari gunung . . . .
A. jawa
B. salak
C. semeru
D. jaya wijaya

8. Bagian tafsiran dalam teks ulasan tentang film 5cm tersebut terdapat pada paragraf . . . .
A. satu, dua, dan tiga
B. dua, tiga, dan empat
C. tiga, empat, dan lima
D. empat, lima, dan enam

9. Kata dasar dari “menunaikan” adalah . . . .
A. tunai
B. menunai
C. tunaikan
D. menunaikan

10.  Tepat pada tanggal 17 Agustus pagi, mereka sampai di puncak Mahameru.
Struktur kalimat tersebut adalah . . . .
A. S-P-K
B. S-P-O
C. S-P-O-K
D. K-S-P-O

Bacalah teks di bawah ini

Resep dan Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Enak
Tempe mendoan merupakan sejenis masakan tempe kedelai yang dibuat dengan cara mengiris tempe menjadi lebih tipis dan menggoreng tempe yang telah diolah dengan cara mencampurnya dengan tepung terigu sehingga tempe terasa lebih gurih dan renyah.
Di wilayah Banyumas, tempe yang biasa digunakan untuk mendoan adalah sejenis tempe bungkus yang lebar dan tipis. Namun tempe mendoan pun bisa dibuat dari tempe biasa yang diiris tipis-tipis dan melebar. Tempe mendoan sangat disukai oleh banyak orang, tanpa memandang usia dan kalangan, teksturnya yang renyah dan gurih membuat orang ketagihan, tempe mendoan bisa dijadikan sebagai lauk untuk menemani makan siang atau dinikmati sebagai camilan bersama saos botolan atau sambal terasi.
Sebenarnya, mendapatkan tempe mendoan tidaklah sulit, tempe mendoan dijual di berbagai tempat, baik di pinggir jalan maupun di dalam restoran dengan berbagai ciri khas dan keunggulan, akan tetapi menikmati tempe mendoan tidak hanya bisa Anda lakukan dengan cara membelinya saja, Anda pun bisa membuat tempe mendoan di rumah. Berikut ini bahan dan langkah-langkah untuk membuat tempe mendoan.
Bahan utama:
- Untuk membuat tempe mendoan yang lezat, Anda membutuhkan 300 gram tempe yang telah diiris lebar-lebar dan tipis, sesuaikan saja dengan selera Anda
- Siapkan dua batang bawang daun yang telah dicincang halus
- Siapkan 100 gram tepung beras
- Siapkan satu sendok makan tepung terigu
- Siapkan 125 ml air dan minyak goreng secukupnya yang mana akan digunakan untuk menggoreng seluruh adonan tempe mendoan
- Agar rasa tempe mendoan lebih nikmat dan berkarakter, Anda bisa menggunakan bumbu halus, diantaranya ada dua siung bawang putih
- Tambahkan juga dengan satu siung bawang merah
- Satu sendok teh ketumbar
- Setengah sendok tah merica butiran dan dua sendok garam untuk rasa
Langka-langkah pembuatan:
• Membuat tempe mendoan tidaklah sulit, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat adonan tepung terlebih dahulu. Aduk tepung dengan bumbu halus lalu masukkan bawang daun dan tambahkan sedikit air hingga membentuk adonan tepung yang sesuai dengan keinginan Anda
• Setelah adonan tepung siap untuk digunakan, celupkan satu persatu tempe yang telah diiris tipis ke dalam adonan tepung hingga terendam dengan baik, agar bumbunya meresap ke dalam tempe, maka biarkanlah terlebih dahulu selama beberapa menit
• Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng hingga benar-benar panas dengan api sedang, masukkan satu persatu adonan tempe mendoan ke dalam penggorengan yang berisi minyak goreng.
• Goreng tempe selama beberapa menit hingga kedua sisinya berwarna kuning kecoklatan atau matang sempurna, angkat tempe, dan tiriskan
• Setelah semua adonan tempe mendoan digoreng dengan sempurna di dalam minyak goreng, tata tempe mendoan dalam piring saji dan sajikan selagi hangat bersama saus sambal botolan
Tempe mendoan bisa menjadi alternatif camilan yang jauh lebih murah dibandingkan dengan camilan lainnya, selain sangat mudah untuk dibuat, bahan baku dan semua bumbu rempahnya pun termasuk mudah untuk didapatkan. Selain bisa dijadikan sebagai camilan, tempe mendoan akan menjadi teman makan siang atau makan malam yang lezat.
Sumber: http://infokuliner.com/resep-dan-cara-membuat-tempe-mendoan-paling-enak dengan pengubahan

11. Isi teks prosedural tersebut adalah tentang . . . .
A. langkah-langkah melipat kemeja
B. resep dan langkah-langkah pembuatan makanan
C. resep dan langkah-langkah pembuatan minuman
D. tata cara melaksanakan makan malam di hotel berbintang

12. Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat tempe mendoan, kecuali . . . .
A. 50 gram ragi bubuk
B. 100 gram tepung beras
C. satu siung bawang merah
D. satu sendok makan tepung terigu

13. Contoh kalimat perintah dalam teks prosedural tersebut adalah . . . .
A. Setengah sendok tah merica butiran dan dua sendok garam untuk rasa.
B. Di wilayah Banyumas, tempe yang biasa digunakan untuk mendoan adalah sejenis tempe bungkus yang lebar dan tipis.
C. Goreng tempe selama beberapa menit hingga kedua sisinya berwarna kuning kecoklatan atau matang sempurna, angkat tempe, dan tiriskan.
D. Untuk membuat tempe mendoan yang lezat, Anda membutuhkan 300 gram tempe yang telah diiris lebar-lebar dan tipis, sesuai dengan selera Anda.

14. Ejaan yang tepat untuk menulis kata “camilan” pada teks tersebut adalah . . . .
A. camilan
B. cemilan
C. comelan
D. sembilan

15. Kata “mendoan” memiliki arti . . . .
A. tempe yang diiris tipis-tipis berbentuk korek api, digoreng, lalu dicampur dengan adonan kecap manis, bumbu rempah, dan sayur
B. tempe yang dipotong tipis lebar, dicelupkan ke dalam adonan tepung berbumbu, kemudian digoreng setengah matang
C. tempe yang dipotong tipis lebar, lalu digodok, diberi bumbu rempah, dan dicampur dengan cabai giling
D. tempe yang dibaluri tepung dan digoreng hingga kering

Kunci Jawaban

1. D
2. A
3. B
4. C
5. B
6. A
7. C
8. B
9. A
10. D
11. B
12. A
13. C
14. A
15. B

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top