Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Memo Resmi dan Tidak Resmi di Bahasa Indonesia

Contoh Memo Resmi dan Tidak Resmi di Bahasa Indonesia - Secara umum ada beberapa hal yang membedakan memo resmi dan memo tidak resmi, antara lain adalah bahasa dan pembuat memo. Memo resmi biasanya menggunakan bahasa yang baku dan formal, sedangkan memo tidak resmi biasanya menggunaan bahasa informal yang lebih santai. Memo resmi biasanya dibuat oleh sebuah institusi atau organisasi, oleh karena itu memo resmi dilengkapi dengan kop surat. Sementara itu, memo tidak resmi bisa dibuat oleh siapa saja.


Memo Resmi

Contoh 1


PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP PELITA BARU


MEMO


                                                                                                            26 Februari 2016
Dari                 : Kepala Sekolah                                                        
Kepada            : Seluruh Dewan Guru dan Staff Tata Usaha


Dimohon untuk segenap dewan guru dan staff tata usaha untuk turut serta mengingatkan anak-anak dalam gerakan cinta lingkungan sehingga anak-anak terlatih dan terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya, dan tidak memetik tanaman atau bunga disekitar sekolah (hal-hal yang merusak keindahan dan kelestarian lingkungan sekitar sekolah).

Terimakasih


Kepala Sekolah

Rumi Al Iman










Contoh 2

DINAS PARIWISATA
PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG


MEMO
                                                                                                            25 Februari 2016

Dari                 : Kepala Dinas
Kepada            : Kepala Bagian Humas

Mohon segera berkoordinasi dengan tim penyelenggara Tourism Fair untuk melakukan publikasi acara semaksimal mungkin mengingat bahwa waktu persiapan yang tersisa hanya 3 minggu. Saya menunggu progress report dari acara tersebut.

Terimakasih.

Kepala Dinas

Satria Bumi


Contoh 3


PT. MURAH MERIAH BERKAH
Jalan Penduduk Ramai nomor 839A, Kota Antarberantah

MEMO

Kepada  : Supervisor Bidang Produksi
Dari       : Manajer Cabang Antahberantah

Diberitahukan bahwa tenggat waktu pemeriksaan dan pembuatan laporan pemeriksaan tersisa 7 hari lagi. Mohon dikerjakan dengan sebaik-baiknya agar launching produk terbaru tidak terhambat. Proses promosi dapat dilaksanakan lebih awal apabila proses produksi telah selesai.

Terimakasih.
Manager Cabang Antahberantah
Faisal Hamied

Advertisement








Memo Tidak Resmi

Contoh 1


Untuk : Papa

Pa, Mama berangkat ke kantor lebih pagi hari ini karena ada jadwal piket. Mama sudah menyiapkan sarapan dan juga bekal makan siang. Semoga Papa suka dengan menunya. Sebelum berangkat ke kantor, jangan lupa untuk memaastikan bahwa kompor, mesin air, dan lampu sudah tidak menyala. Pasang kunci gembog di pagar dan aktifkan perekam CCTV. Terimakasih, Pa. Semoga hari ini menyenangkan.


Tertanda
Mama.


Contoh 2

Hai Tasya,
Terimakasih sudah meminjamkan buku ini padaku. Tugas analisis sastraku sudah selesai dan mendapatkan nilai A. Ini berkat bantuanmu meminjamkan buku novel yang menarik ini. Sebagai bentuk terimakasihku padamu, aku ingin mengajakmu makan siang besok di Pulau Emas Restaurant pukul 13.00. Kabari aku segera. Ini nomor teleponku, 081237473839.

Tertanda,        
Bryan

Contoh 3


Dari     : Vanesha
Untuk  : Linda

Linda, baju yang aku jahitkan di tempatmu kemarin aku kembalikan. Ada bagian yang tidak rapi dan sangat menggagu ketika digunakan. Bagian yang perlu diperbaiki sudah aku tandai and aku beri catatan. Aku sangat buru-buru hari ini sehingga tidak dapat menemuimu langsung. Aku menitipkan ini kepada ibumu. Aku minta tolong untuk segera diperbaiki karena baju itu akan aku pakai pada pesta pernikahan sepupuku lusa.

Terimakasih, Linda. Maaf merepotkan.

Tertanda,
Vanesha.



Contoh 4

Hai Sheila,
Jangan lupa mengambil salah buah pesananmu di toko ku ya. Sudah aku siapkan yang spesial untukmu. Ada bonus satu porsi untuk anakmu.


Tertanda,

Vivi.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top