Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Surat Pembaca Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Contoh Surat Pembaca Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah - Surat pembaca berikut ini, melakukan pembahasan mengenai kebersihan lingkungan sekolah. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari contoh surat pembaca. 

Contoh 1

Kebersihan Taman Sekolah

Taman adalah tempat yang seharusnya tampak indah dan bersih. Dengan adanya taman di sekolah diharapkan menjadi tempat bercengkerama untuk seluruh warga sekolah ketika istirahat. Namun, taman sekolah yang ada justru dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan tujuan berfoto-foto, taman yang sudah ditata dengan cantik dan bersih, ditanami bunga beragam warna dan diberi bangku-bangku yang terbuat dari semen, malah diacak-acak. Taman yang dulunya menjadi ikon SMP Helaubudi sekarang sudah tidak indah dipandang lagi.

Saya amati bahwa kegiatan berfoto-foto yang berakibat rusaknya taman terjadi setiap hari Sabtu sore. Kebetulan rumah saya dekat dengan sekolah dan saya menyaksikan hal tersebut dengan mata kepala saya sendiri. Kejadian tersebut sungguh memprihatinkan. Saat itu sekolah sudah mulai sepi karena jam belajar sudah berakhir oleh karena itu tidak ada satupun petugas sekolah yang menegur mereka. Namun siswa-siswa tersebut masih menunggu dijemput. Para siswa yang sedang bermain di area taman dengan sengaja menginjak bunga yang sedang bermekaran agar mendapatkan posisi foto berada di tengah bunga-bunga tersebut. 

Selain rusaknya tatanan taman sekolah, kebersihannya juga tercemari oleh siswa yang suka membuang sampah sembarangan di area taman padahal kotak sampah besar sudah tersedia di sekitar mereka. Petugas kebersihan sekolah juga mngeluh dengan adanya sikap tidak bertanggung jawab tersebut. Saya mengharapkan bahwa pihak sekolah dapat mengambil tindakan tegas sehubungan dengan peristiwa rusak dan kotornya taman depan sekolah tersebut. Saya berharap bahwa siswa-siswa yang tidak bertanggung jawab tersebut dipanggil dan dimintai pertanggungjawabannya. Perlu adanya sanksi yang tegas dan bijaksana dalam hal ini.

Firgiza Alwi
Siswi Kelas VIII B

Advertisement
Kebersihan Kantin Sekolah

Setiap harinya saya selalu makan siang di kantin sekolah. Selama ini saya memperhatikan bahwa kantin sekolah tidak terawat dengan baik. Dinding kios-kios di kantin penuh dengan coretan tangan siswa yang jahil. Sisa makanan yang tercecer di lantai di biarkan begitu saja oleh para penjual di kantin dan mereka baru membersihkannya seusai jam makan siang. Hal tersebut menimbulkan ketidaknyamanan bagi saya dan siswa lainnya yang  perduli terhadap kebersihan kantin sekolah. 

Kantin sekolah adalah tempat makan bagi masyarakat sekolah. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak hanya makanan nya yang harus bersih, kebersihan lingkungan tempat makan tersebut juga harus bersih sehingga makanan tidak terkontaminasi oleh bakteri dan kuman yang bisa menimbulkan berbagai penyakit. Saya pikir perlu adanya petugas kebersihan yang bisa membantu para penjual untuk menjaga kebersihan di lingkungan kantin sekolah. Dinding kios kantin juga perlu diwarnai ulang agar lebih enak dipandang.

Selain itu, saya juga pernah melihat penjual makanan yang tidak mencuci piring dengan sabun. Alasannya adalah karena keterbatasan sumber air di sekolah. Keran air di sekolah sering mati dan apabila harus menggunakan sabun maka harus menggunakan lebih banyak air. Alat makan yang tidak dicuci secara dengan bersih jika dapat menimbulkan menularnya penyakit tertentu. Hal tersebut tidak baik kesehatan siswa-siswa di sekolah. Saya berharap bahwa ada tindakan konkret dari sekolah untuk mengatasi masalah kebersihan dan ketersediaan air di sekolah terutama di lingkungan kantin. Tambahan lagi, posisi toilet yang sangat berdekatan dengan kantin juga mengganggu kenyamanan siswa. Kurang terawatnya toilet yang berbau tidak sedap membuat siswa tidak nyaman lagi makan di kantin. Permasalahan ini juga membutuhkan perhatian sekolah. Semoga akan segera dilakukan tindakan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di sekitar lingkungan kantin tersebut. Terimakasih.

Sabrina Filia
Siswi kelas X 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top