Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Teks Pidato Lingkungan Hidup di Indonesia

Teks Pidato Lingkungan Hidup di Indonesia - Lingkungan hidup merupakan salah satu isu yang seringkali diangkat. Begitu juga dengan pidato di bawah ini yang memakai isu teknologi ramah lingkungan. 

Teknologi Ramah Lingkungan untuk Lingkungan yang Lebih Ramah

Yth Walikota Kota Bandar Lampung
Yth Seluruh Kepala Dinas Kota Bandar Lampung
Yth Para tamu undangan
Yth Segenap masyarakay yang hadir dalam acara ini

Assalamualaikum wr. wb.

Pertama-tama, marilah kita ucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat bersama-sama berkumpul di tempat ini dalam rangka perayaan Hari Bumi. Salawat serta salam tak lupa juga kita curhakan kepada junjungan dan suri tauladan kita, Nabi Muhammad Salallahualaihi Wasallam, yang telah mengajarkan kepada kita untuk menjadi khalifah, menjadi penjaga bagi bumi yang kita tinggali ini.

Saat ini usia bumi semakin senja. Di usianya yang semakin senja ini, bumi telah mengalami banyak perubahan. Perubahan lingkungan di bumi dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor perubahan tersebut adalah perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang besar pada lingkungan di Bumi. Dewasa ini dapat kita lihat bahwa perkembangan teknologi, khususnya teknologi industri dan transportasi, telah mengubah lingkungan di Bumi. Sayangnya, perubahan yang terjadi justru membuat keadaan bumi semakin buruk. Polusi yang disebabkan oleh gas buang atau emisi pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor mencemari udara yang ada di bumi. Hal itu membuat kita menghirup udara yang kotor dan dapat menyebabkan timbulnya penyakit pernapasan.

Gas buangan yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik dan kendaraaan bermotor juga menyebabkan panas yang didapat bumi dari matahari tertahan di permukaan bumi akibat terhalang oleh gas tersebut. Fenomena itu disebut efek rumah kaca. Hal tersebut memiliki dampak kenaikan suhu bumi yang kita kenal dengan sebutan global warming, pergeseran iklim, hingga anomali cuaca yang menyebabkan musim di bumi menjadi tidak menentu. Selain diakibatkan oleh gas buang pabrik dan kendaraan bermotor, fenomena  tersebut juga disebabkan oleh zat CFC yang dihasilkan oleh teknologi pendingin, seperti AC dan kulkas. Penggunaan teknologi pendingin yang menghasilkan zat CFC tentu turut memperparah keadaan lingkungan bumi yang sudah tercemar.

Advertisement
Selain masalah polusi udara akibat gas buang, masalah sampah juga menjadi hal yang perlu diperhatikan, khususnya di negara kita ini. Saat ini pengelolaan sampah di negara kita masih belum baik. Permasalahan yang berkaitan dengan sampah dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari,  mulai dari orang per orang yang masih suka membuang sampah sembarangan, penimbunan sampah di luar bak penampungan sampah, dan penumpukan sampah organik dan anorganik sehingga sulit untuk diolah dengan tepat. Sampah yang tidak diolah di lingkungan kita ini bahkan seringkali menimbulkan bencana, yaitu bencana banjir.

Untuk mengatasi masalah lingkungan yang terjadi saat ini, para ilmuan yang peduli dengan lingkungan berinovasi dengan membuat teknologi yang ramah lingkungan. Kendaraan yang tadinya menggunakan bahan bakar fosil, saat ini mulai dikembangkan dengan mengganti sumber bahan bakar ke energi listrik. AC dan kulkas yang dulu menghasilkan zat CFC yang dapat menimbulkan efek rumah kaca, saat ini telah dimutakhirkan dengan penerapan teknologi pendingin yang sedikit, bahkan sama sekali tidak menghasilakn zat CFC tersebut. Upaya pengelolaan sampah secara tepat telah diterapkan dengan mengusung konsep recycle atau daur ulang, yaitu dengan memisahkan antara sampah organik dan anorganik sehingga sampah tersebut dapat diolah menjadi barang-barang yang berguna.

Penerapan teknologi ramah lingkungan yang terus berkembang harus kita dukung. Dukungan tersebut dapat kita salurkan dengan cara menggunakan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan kendaraan listrik, AC ramah lingkungan yang tidak menghasilkan zat CFC, dan penggunaan panel surya sebagai sumber energi ramah lingkungan. Selain itu, perkembangan teknologi pengolahan sampah harus kita dukung dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan memilah sampah yang kita buang sesuai dengan kategori sampah tersebut, apakah sampah organik atau anorganik. Hal itu bertujuan agar sampah yang kita hasilkan dapat diolah menjadi barang yang mempunyai nilai guna sekaligus menjaga lingkungan dari pencemaran akibat pengolahan sampah yang salah.

Sekian pidato yang saya sampaikan. Saya harap kita semua dapat mulai membenahi lingkungan dengan menggunakan teknologi yang tepat guna dan ramah lingkungan. Semboyan Go Green hanya akan menjadi sekadar kata-kata kosong apabila kita tidak bergerak. Ayo kita mulai dari hal kecil, dari diri sendiri dan lingkungan tempat tinggal kita. Wabilahitaufik walhidayah. Wassalamualaikum wr. wb.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top