Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Pengertian, Cara Membuat, dan Contoh Surat Pernyataan

Pengertian, Cara Membuat, dan Contoh Surat Pernyataan - Surat pernyataan adalah surat yang menyatakan tentang kesanggupan melakukan sesuatu, dan sebaliknya bisa juga untuk menyatakan bahwa seseorang itu tdak pernah melakukan suatu hal. Surat pernyataan bisa bersifat resmi dan pribadi. Dalam surat penyataan resmi, sebelum ditandatangani, surat pernyataan diberi materai terlebih dahulu kemudian baru ditandatangani. Materai dalam surat pernyataan berungsi untuk menambah keabsahan berkas atau surat dan terikat hukum. Sehingga, apabila yang membuat surat melanggar surat pernyataan tersebut, maka pihak yang menerima surat tersebut dapat mengajukan pertanggungjawaban secara hukum kepada yang membuat pernyataaan tersebut. Surat pernyataan dapat dibuat sendiri, juga bisa dibuatkan oleh pihak ketiga.

Contoh surat pernyataan meliputi surat keterangan berkelakuan baik, surat pengalaman kerja, surat keterangan kerja, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan sehat, sehat keterangan bebas narkoba, dan lain-lain.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pernyataan:

1. Menentukan surat pernyataan yang akan dibuat

Banyak jenis surat keterangan. Tentunya hal ini disesuaikan dengan kepentingan dan keperluannya.

2. Menulis dengan baik dan benar,

Kita harus mengikuti aturan-aturan yang ada dalam menulis surat pernyataan. Ada surat pernyataan yang harus ditulis tangan, namun ada juga yang harus diketik. Dalam menulis surat pernyataan, gunakanlah bahasa yang baku dan tegas, tidak berbelit-belit dan langsung pada pokok permasalahan yang dituju. Namun, jangan lupa untuk mencantumkan data diri sebagai yang menulis surat pernyataan sesuai dengan urutan yang ada. Tulislah tujuan surat pernyataan tersebut secara jelas, siapa yang seharusnya menerima surat tersebut. 

Advertisement
4. Menulis dengan tulis tangan. 

Apabila surat tersebut diminta untuk ditulis tangan, maka kita harus memperhatikan bentuk tulisan tangan kita. Menulislah dengan tulisan tangan yang rapi, bersih, dan jelas sehingga surat itu mudah dibaca dan dipahami oleh yang menerimanya.

5. Tidak ambigu, jelas, dan padat.

Mengapa kita dianjurkan untuk membuat tulisan yang bahasa nya mudah dipahami tidak berbelit-belit? Karena untuk menghindari makna yang ambigu atau tidak jelas. Dengan begitu, kita bias menuliskan surat pernyataan secara padat dan jelas.

Bagian-Bagian yang Menyusun Surat Pernyataan

Sususan penting yang terdapat dalam surat pernyataan dibagi menjadi tiga bagian, yakni:

a. Judul surat pernyataan.
b. Inti surat pernyataan yang mencakup identitas, tujuan penulisan surat pernyataan, atau informasi tentang pihak lain apabila dibutuhkan sesuai dengan kepentingan dan tujuannya.
c. Penutup surat pernyataan yang meliputi kalimat penutup surat dan ucapan terima kasih, tempat dan tanggal dibuatnya surat, identitas yang membuat surat, nama terang, tanda tangan, keterangan lainnya seperti nomor induk pegawai, jabatan, dan lain-lain.

Contoh Surat Pernyataan diri : 

SURAT PERNYATAAN KONTRAK KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

N a m a :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya :

1. akan menjalankan kewajiban pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya;
2. akan menaati segala peraturan yang berlaku di kantor serta menjaga nama baik kantor dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat mencoreng kantor, tidak menyebarkanberita tidak benar tentang kantor;
3. akan menyelesaikan masa kerja sesuai dengan informasi yang tertera dalam berkas terlampir;
4. bersedia tidak menikah hingga masa kontrak kerja berakhir;
5. apabila melakukan pelanggaran dalam poin-poin diatas akan dikenakan denda atau sanksi sesuai dengan informasi dalam berkas terlampir.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan saya bersedia dituntut secara hukum serta bersedia menerima segala sanksi dan tindakan yang diambil oleh pihak kantor jika dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan yang saya tulis dalam surat ini.

                                                                   Bandung, ...... ......................... 2015
                                                                   Yang membuat pernyataan,

                                                                   (tanda tangan dan nama terang)
                                                                    .............................................

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top