Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Teks Argumentatif Tentang Narkoba

Teks Argumentatif Tentang Narkoba - Narkoba merupakan obat-obatan yang begitu berbahaya bagi manusia. Menggunakan tulisan berikut ini, diharapkan kita mampu mengingatkan kembali masyarakat khususnya anak muda tentang bahaya narkoba dalam kehidupan.

Bahaya Narkoba


Narkoba adalah musuh besar bagi masyarakat di seluruh dunia. Bukanlah hal yang mudah untuk memberantas narkoba karena peredarannya yang kian merajalela dengan berbagai cara. Narkoba (Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) biasanya digunakan dengan cara diminum, dihirup, maupun disuntikan sehingga memberikan efek mengubah pikiran, suasana hati atu perasaan, dan perilaku seseorang. 

Zat ini adalah zat adiktif yang bisa menimbulkan efek kecanduan atau ketergantungan yaitu apabila si pengguna tidak menggunakannya lagi, mereka akan mengalami sakau dan kesakitan. Zat ini sangat berbahaya bagi tubuh kita karena bisa merusak jaringan syaraf dan otak, serta kematian karena overdosis dan sakau yang tidak direhabilitasi. Gangguan fisik lainnya adalah gangguan pada jantung dan pembuluh darah, gangguan pada kulit, gangguan pada paru-paru, sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur, penurunan fungsi hormon reproduksi dan gangguan fungsi seksual, perubahan periode dan ketidakteraturan menstruasi, amenorhoe (tidak haid), hepatitis B dan C, dan HIV. Adapun gangguan psikis, seperti : lambat kerja, ceroboh, tegang dan gelisah, pesimis, apatis, pengkhayal, penuh curiga, menjadi berutal/ganas, sullit konsentrasi, perasaan kesal dan tertekan, dan sering menyakiti diri sendiri. Selain itu ada pula dampak sosial, seperti : gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan, menjadi beban keluarga, dan masa depan menjadi suram.

Advertisement
Kasus-kasus tentang penyalahgunaan narkoba ini banyak terjadi di kalangan remaja dan anak muda. Meski ada juga kasus yang melibatkan orang tua seperti artis-artis senior yang kita dengar kabarnya dari televisi bahwa mereka tertangkap mengkonsumsi narkoba. Anak muda cenderung tidak stabil dalam berpikir juga dalam mengatur emosi mereka. Kecenderungan untuk bersikap impulsif dilakukan mereka. Kalangan remaja dan pemuda lebih menyukai cara-cara cepat namun tidak berpikir panjang tentang akibatnya. Pemuda yang merupakan pecandu narkoba tersebut beranggapan bahwa mereka bisa mendapatkan jalan keluar atas masalah yang mereka hadapi dan menenangkan diri dengan menggunakan narkoba. Hal tersebut adalah kekeliruan karena akibatnya mereka bisa terkena macam-macam penyakit. Mereka justru menambah masalah diri mereka sendiri dengan menggunakan narkoba. Pemuda seharusnya mengisi kemerdekaan Negara dengan kegiatan positif dan pola piker yang cerdas untuk membangun Negara bukannya malah menambah beban negara dengan terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkoba. 

Bagi pecandu narkoba, melepaskan diri dari ketergantungannya pada zat adiktif ini adalah sulit. Butuh usaha keras dan kesadaran diri untuk terlepas dari jeratan narkoba. Tentu saja lebih baik mencegah daripada mengobati. Sehingga, untuk mencegah bertambahnya kasus penyalahgunaan narkoba, dibutuhkan banyak kampanye, gerakan-gerakan, dan pengawasan yang ketat dari pihak orang tua dan lingkungan sekitar sehingga keluarga, kerabat, teman, tetangga, dan siapapun yang berada di sekitar kita bersih dari narkoba.

Membangun lingkungan yang kondusif, religius, dan cerdas juga merupakan usaha yang bisa dilakukan untuk terhindar dari bahaya narkoba. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan social dan lingkungan sekitar mempengaruhi cara hidup. Dari penjelasan diatas, penyalahgunaan narkoba adalah berbahaya bagi fisik, psikis, maupun hubungan sosial kita. Mari kita bersama-sama membangun lingkungan yang bersih dari narkoba. Setiap kita memiliki impian yang ingin diwujudkan. Jangan biarkan mimpi-mimpi itu tidak terwujud dan hancur berantakan karena narkoba merenggutnya. Jauhi narkoba. Selamatkan diri dan lingkungan kita dari narkoba. Mari menjadi pribadi yang baik, yaitu dimulai dengan baik terhdap diri sendiri. KATAKAN ”TIDAK” untuk NARKOBA.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top