Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi Beserta Contohnya

Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi Beserta Contohnya - Dalam mata pelajaran bahasa dan Sastra Indonesia, tentu kita mengenal tentang teks. Khusus pada bahasan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan teks laporan dan teks deskripsi. Sebelum kita memulai identifikasi letak perbedaan pada kedua teks tersebut, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu tentang pengertian dan contoh teks laporan serta teks deskripsi.

a. Teks Laporan


Teks laporan adalah teks yang berisikan penjabaran yang bersifat umum tentang sesuatu berdasarkan hasil observasi tertentu. Teks laporan juga  bisa dikatakan sebagai teks klasifikasi yang memuat pengelompokan terhadap sesuatu di pada teks. Struktur teks laporan terdiri atas pernyataan klasifikasi  dan aspek yang dilaporkan. Teks ini lebih menekankan pada pengkasifikasian suatu hal sehingga terbagi ke dalam jenis-jenis sesuai dengan konsepnya. 

Contoh :

Berita (News)

Berita adalah sesuatu hal yang menarik untuk dikonsumsi / diketahui oleh masyarakat. Berita juga dapat diartikan sebagai upaya untuk merekonstruksi sebuah peristiwa ke dalam bentuk tulisan maupun siaran. Jenis-jenis berita diantaranya adalah:

1. Hard news, yaitu berita tentang sebuah peristiwa atau konflik yang baru saja terjadi atau diprediksi akan terjadi kembali, misalnya berita tentang kejahatan, kebakaran, kecelakaan dan lain-lain. Disebut hard karena sifatnya yang lugas dan segera. Bentuk-bentuk dari berita hard adalah :

- Straight News adalah berita yang bersifat langsung  yang  memperhatikan efisiensi kata dan kalimat. 
- Breaking news adalah berita yang terjadi pada waktu yang relatif sama, beberapa saat setelah terjadinya kejadian / peristiwa. 

2. Soft News, yaitu berita yang bersifat menghibur, humanis dan informatif. Disebut soft  karena sifatnya yang tidak lugas. Bentuk umum soft news adalah feature. Dalam feature , sebuah fakta ditulis berdasarkan kejadian, latar belakang, dan nuansa kontekstual di sekitarnya. 

Sumber:

(LJSF Modul Kursus Jurnalistik Kehumasan)

Advertisement

b. Teks Deskripsi


Teks deskripsi adalah teks yang berisikan tentang gambaran keadaan berupa sifat, bentuk ,ukuran, warna terhadap suatu objek. Struktur dari teks deskripsi adalah sesuatu hal yang di deskripsikan, selanjutnya diikuti oleh bagian-bagian lain dari teks yang di deskripsikan.

Contoh : 

Pantai

Sore itu langit begitu indah berwarna kemerahan terpancar dari keanggunan matahari senja. Air laut pun ikut merubah warna dirinya yang semula berwarna biru menjadi kemerahan. Burung-burung camar sibuk mengikuti kapal-kapal nelayan dengan harapan ikan-ikan kecil yang terbawa arus kapal. Anak-anak bermain dan merasa bangga dengan istana pasir yang telah susah payah dibuatnya sejak siang tadi. Mereka harus rela meninggalkan maha karya tersebut lantaran hari sudah senja, mereka harus segera pulang. Sungguh indah pemandangan di pantai ini, aku pun bernegoisasi dengan diri-sendiri dan memperoleh kesepakatan yang berupa “aku akan pulang 10 menit lagi.”

C. Perbedaan Teks Deskripsi dan Teks Laporan


Berdasarkan penjabaran dan contoh tentang teks laporan dan teks deskripsi di atas, kita dapat memulai identifikasi perbedaan dari keduanya sebagai berikut!

• Teks Laporan 

- Teks laporan bersifat universal dan general
- Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan terhadap suatu hal yang dibahas.
- Teks laporan memiliki hubungan yang berjenjang antara suatu hal yang di bahas  dengan klasifikasinya  yang ada pada teks.
- Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan ciri-ciri setiap jenis pada umumnya.

• Teks Deskripsi

- Teks deskripsi memiliki karakteristik individual dan unik
- Teks deskripsi menekankan pada uraian bentuk, karakteristik, dan gambaran sesuatu yang dideskripsikan.
- Teks deskripsi erat kaitannya dengan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya.

Penjelasan di atas merupakan identifikasi dari perbedaan antara teks laporan dan teks deskripsi. Mudah-mudahan dapat menjadi referensi yang baik bagi pembelajaran. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top