Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

2 Contoh Teks Laporan Tentang Alam Sekitar (Terbaru)

Contoh Teks Laporan Tentang Alam Sekitar - Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang teks laporan dan teks deskripsi. Berkaitan dengan materi lalu tentang teks laporan, kali ini kita akan membahas teks laporang melaui contoh-contoh. Sebelum kita lebih jauh mempelajari tentang teks laporan, sebaiknya kita sedikit mengulas materi sebelumnya tentang teks laporan.

Teks laporan adalah teks yang berisikan klasifikasi / penjabaran yang memiliki sifat umum berkaitan dengan suatu hal berdasarkan hasil observasi / penelitian. Teks laporan juga  bisa disebut sebagai teks klasifikasi yang di dalamnya terdapat pengelompokan terhadap suatu hal di dalam teks. Berikut contoh-contoh teks laporan tentang alam sekitar!

Contoh 1:

Jenis-Jenis Sampah


Sesuatu yang sudah tidak dapat digunakan lagi, atau barang bekas pakai yang tak berguna, dan segala sesuatu yang berasal dari aktivitas manusia yang sudah tak digunakan lagi bahkan merugikan jika tak dibuang disebut sampah. Ditinjau dari jenisnya sampah dibedakan menjadi 2 jenis yakni sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik merupakan jenis sampah yang berasal dari makhluk hidup seperti daun-daunan pohon, bangkai hewan, sisa-sisa pemotongan kayu dan lain-lain. Sampah organik bisa membusuk dan dapat terurai oleh bakteri pengurai. Selanjutnya sampah anorganik adalah sampah yang yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri pengurai, seperti sampah jenis plastik, jenis karet, dan logam.

Sampah dikelompokkan menjadi dua bentuk berdasarkan fisiknya yakni sampah bentuk padat dan sampah bentuk cair. Sampah bentuk padat adalah segala jenis barang buangan yang memiliki wujud fisik berupa benda padat berupa besi, kabel, kaleng, botol, plastik, dan lain-lain. Sampah yang memilki bentuk padat ini sangat mungkin didaur ulang dengan cara dileburkan hingga menjadi partikel kecil yang kemudian dijadikan bahan dasar untuk industri. Sampah bentuk Cair  adalah jenis sampah yang memiliki bentuk fisik berupa zat cair. Biasanya sampah cair ini berasal dari industri rumah tangga atau idustri besar berupa limbah. Limbah merupakan sampah yang sangat mengganggu dan berpotensi merusak kelestarian alam.

Perlu disadari bahwa berkembangnya peradaban umat manusia yang memicu perilaku konsumtif sehingga menghasilkan barang buangan yang begitu besar. Dalam sehari tiap orang di seluruh dunia berpotensi menghasilkan sampah seberat 2kg. Bila dalam satu komplek terdapat 1000 orang maka di tempat tersebut memiki potensi timbunan sampah sebanyak 2000 kg / harinya. Jika hal ini terus dibiarkan, maka permasalahan sampah ini akan menjadi malapetaka bagi kehidupan manusia. Dampak dari sampah bisa berupa banjir dan berkembangnya segala macam penyakit. Untuk itu diperlukan adanya penanggulanagan untuk mengurangi timbunan sampah dengan cara mengurangi perilaku konsumtif yang berlebihan, daur ulang sampah anorganik dan mendayagunakan sampah organik menjadi pupuk hijau dan lain-lain.

Advertisement
Contoh 2 :

Pemanasan Global


Pemanasan global atau biasa disebut dengan istilah global warming merupakan proses meningginya suhu bumi setiap tahunnya yang diakibatkan oleh meningkatnya gas buang karbon yang berasal dari kegiatan industri, pembakaran bahan bakar, penggunaan listrik dan lain-lain. Pemanasan global terjadi akibat adanya efek gas rumah kaca yang berupa gas karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), gas metan dan lain-lain. Gas-gas inilah yang menimbulkan  Greenhouse effect  atau efek gas rumah kaca pada atmosfer bumi sehingga sinar uv matahari sebagian besar tertahan dalam atmosfer. Hal ini yang menyebabkankenaikan suhu rata-rata di bumi. Dalam jangka pendek hal tersebut dapat mengakibatkan naiknya permukaan air laut akibat mencairnya es di kutub utara dan selatan. 

Pemanasan global juga diakibatkan oleh penguraian ozon (O3) menjadi oksigen (O2) dan unsur O, sehingga ozon yang tidak bisa menangkal sinar UV matahari dan secara langsung menembus permukaan bumi. Akan tetapi peyebab utama dari pemanasan global adalah efek rumah kaca yang telah dijelaskan di atas.Efek rumah kaca juga dapat disebabkan oleh perilaku manusia seperti penebangan pohon, pemakaian lsitrik yang berlebihan, pembakaran bahan bakar, dan lain-lain sehingga menimbulkan jejak karbon yang menumpuk di atmosfer bumi.

Demikian contoh teks laporan tentang alam sekitar. Mudah-mudahan dapat menjadi sesuatu yang baik untuk referensi pembelajaran. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

Sumber :
http://arifin081183.blogspot.co.id/2015/02/tugas-makalah-bahasa-indonesia-tentang.html

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top