Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Identifikasi Masalah dan Penjelasan Lengkap

Pengertian Identifikasi Masalah


Identifikasi masalah dalam karya ilmiah adalah salah satu hal yang paling penting. Identifikasi masalah menjadi tombak bagaimana karya ilmiah akan berlanjut dan menentukan pembahasan dalam karya ilmiah tersebut. Rumusan masalah biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab dalam bagian pembahasannya, atau bisa juga dalam bentuk penyataan, kemudian hasil tersebut disimpulkan. 

Dalam mengidentifikasi masalah, kita perlu menggarisbawahi ide-ide pokok dalam latar belakang yang disajikan. Masalah adalah kesenjangan yang terjadi dalam suatu situasi. Sehingga, kita dapat mengetahui masalah apa yang terjadi dalam situasi yang dipaparkan dalam latar belakang dengan mengidentifikasi kesenjangannya atau hal yang bertentangan dalam topic tersebut. Mari kita simak paparan latar belakang dan contoh Identifikasi masalah di bawah ini.

Contoh Identifikasi Masalah


Latar Belakang

Pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia. Proses ini dilakukan dalam rangka menciptakan generasi-generasi yang berkualitas yang diharapkan mampu memajukan peradaban di negeri ini. Sudah seharusnya proses pendidikan  bertanggungjawab terhadap proses mencerdaskan generasi bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa sesungguhnya sudah tercantum dalam pembukaan UUD 45 dimana hal tersebut digaris bawahi sebagai tujuan bangsa yang diwujudkan melalui pendidikan nasional.

Sebagai proses peningkatan mutu generasi bangsa, terdapat tiga aspek dalam pendidikan yang perlu dipenuhi atau dicapai. Pertama, aspek spiritual yang melibatkan pada proses pembentukan keyakinan manusia akan ketuhanan. Kedua, aspek kognisi, yang melibatkan proses perubahan pola pikir dan intelektual. Ketiga, aspek afeksi, yang melibatkan proses perubahan sikap mental dan perilaku (mentalitas).

Advertisement
Dengan terpenuhinya tiga aspek tersebut, maka mutu bangsa dapat meningkat sehingga dapat memajukan negara melalui proses pendidikan. Proses pendidikan semestinya dijalankan dengan sebaik-baiknya dan ditegaskan kembali. Bila kita cermati, terdapat beberapa isu dalam ruang lingkup pendidikan yang memperhatikan dan perlu segera dicarikan solusinya. Beberapa isu tersebut juga meliputi masalah bullying yang menghinggapi proses pembentukan karakter anak bangsa, selain itu carut marut dana bantuan pendidikan, juga masalah kurikulum yang berganti-ganti sehingga membuat para guru mengalami banyak kesulitan. Permasalahan-permasalahan dalam dunia pendidikan di negeri ini tampak kompleks apabila kita lebih peka dalam mengidentifikasinya. 

Sedikit demi sedikit, pemerintah mulai membenahi tatanan pendidikan di Indonesia dengan kebijakan-kebijakan baru yang diterapkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap permasalahan harus disikapi secara bijak dan seluruh bagian masyarakat juga harus turut membantu dalam proses perbaikan-perbaikan tersebut, tidak terkecuali permasalahan pendidikan di negeri ini. Namun terkadang masyarakat sendiri masih mempertanyakan tentang keefektifan kebijakan yang diterapkan dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Lalu, bagaimana seharusnya masyarakat membantu penerapan solusi dari setiap permasalahan di Indonesia sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan implikasinya dapat bermanfaat secara berkelanjutan?

Dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan pendidikan yang ada, tentunya kita butuh untuk menentukan dan mengidentifikasi faktor yang memperkuat munculnya masalah sehingga masalah tersebut dapat diberantas dari batang hingga ke akarnya. Karya ilmiah ini menitikberatkan permasalahan pendidikan pada kebijakan dan efektivitasnya untuk diteliti.

Identifikasi Masalah

1. Bagaimana cara yang tepat untuk mengukur efektivitas penerapan kebijakan pada masalah pendidikan?
2. Faktor-faktor apa saja yang memperkuat munculnya permasalahan pendidikan dalam beberapa aspek yang disebutkan dalam latar belakang?
3. Usaha apa yang dapat dilakukan masyarakat untuk memaksimalkan penerapan kebijakan-kebijakan dalam upaya memberantas masalah pendidikan dan memajukan system pendidikan di negeri ini?

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top