Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Pengertian Membaca dan Memindai Teks

Pengertian Membaca dan Memindai Teks - Membaca dan memindai, atau dalam bahasa Inggris disebut scanning, adalah cara membaca yang digunakan untuk mencari bahan, data, atau kata yang ingin kita ketahui secara cepat. Membaca memindai adalah cara membaca cepat dari atas sampai bawah halaman tanpa memperhatikan arti kalimat yang terkandung dalam baris-baris atau paragraf pada teks atau bacaan tertentu hingga tujuannya tercapai yaitu menemukan kata atau penggalan kata kalam satu tulisan yang panjang.

Membaca memindai ini dilakukan dengan cara membaca dari atas ke bawah, namun pusat pandangan tidak boleh berpindah-pindah. Usahakan untuk selalu terpusat ditengah-tengah teks ata pada bagian teks yang sedang dicari. Anda dapat melebarkan sudut pandangan sehingga Anda dapat melihat semua kata dihalaman mulai dari kiri sampai yang paling kanan. Dengan cara itu, Anda dapat membaca seluruh baris kalimat dalam waktu singkat. Pertama, Kita tentukan terlebih dahulu kata apa yang akan kita cari dari suatu sumber bacaan tersebut. Kemudian, kita mulai membaca dari baris yang paling atas sampai yang paling bawah. Setelah menemukan kata yang dicari, maka kita tandai kata tersebut dan jika perlu atau penting, bias kita catat nomor halaman atau pada paragraf keberapa sehingga kita bisa dengan mudah menemukannya kembali. 

Sebelum kita mencari kata yang kita tuju, perlu kita lakukan pemeriksaan dengan memperhatikan judul buku, lalu pikirkan kata kunci dari apa yang kita cari. Setelah itu, cobalah mencarinya dalam daftar “index” yang biasanya diletakkan dilampirang belakang buku. Carilah sesuai abjad. Misalnya kita ingin mencari kata “reboisasi”, maka kita bisa langsung mengarah pada huruf “R” dalam daftar index. Jika ada dalam daftar index nya, maka langsung lihat nomor halamannya dan buka halaman tersebut. Dengan mengunakan daftar Index, waktu yang kita butuhkan hanya kurang dari 15 detik untuk satu halaman, namun ini juga tergantung pada banyaknya jumlah halaman yang ditunjukkan dalam indeks.

Advertisement
Cara Kerja Membaca Memindai:

1. Ketahui apa yang harus Anda cari. Tetapkan satu kata atau penggalan kata untuk menjadi kata kunci.
2. Carilah halaman dimana anda dapat menemukan kata kunci tersebut, gunakan indeks yang ada dihalaman lampiran belakang buku. 
3. Persempit jangkauan pencarian jika kata kunci tidak ada di indeks. Periksa juga kesesuaian dengan daftar isi dan topic yang kita cari.
4. Baca dan pindai halaman yang di temukan dan jika ditemukan kata kunci yang dimaksud, baca satu kalimat atau satu paragraf tempat kata kunci tersebut berada.

Hal-Hal yang dapat memperlambat dalam membaca memindai:

• Pandangan mata yang mengikuti kata perkata, dari kiri kekanan. 
• Membaca keras dengan mengeluarkan suara. Dalam membaca cukup gunakan pandangan per baris. Gunakan juga otak dan pikiran untuk menelaah kata-kata yang ditangkap.
• Membaca dengan mulut yang komat-kamit. Meskipun tidak bersuara, mulut yang komat-kamit bisa mengganggu proses membaca dan memindai. 
• Membaca dengan menggunakan penunjuk. Membaca dengan menggunakan alat penunjuk ini bisa mengganggu dalam membaca cepat
• Tergerak untuk membca keseluruhan isi bacaan. Meskipun topik teks yang Anda baca menarik, kontrol diri Anda untuk tidak membacanya. Tetaplah fokus untuk melalukan scanning saja sehingga Anda tidak banyak terbuang. Catat halaman, paragraph, dan baris dimana kata kunci yang Anda cari ditemukan sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya lagi.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top