Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Pengertian Teks Prosedur Kompleks & Contoh Lengkap

Pengertian Teks Prosedur Kompleks & Contoh Lengkap - Teks prosedur kompleks pada dasarnya sama dengan teks prosedur yang sering kita baca. Namun, pada teks prosedur kompleks, informasi yang disampaikan jauh lebih rinci, sehingga nantinya ada keterangan secara detail pada setiap instruksi. 

Sebagai contoh, ketika membuat nasi goreng, di dalam teks prosedur biasa, maka Anda hanya disuguhkan informasi "Ambil nasi goreng dua piring", tetapi jika itu berbentuk teks prosedur kompleks, maka penjelasannya lebih panjang, bisa seperti ini: "Ambil nasi goreng dua piring dengan masing-masing piring berbobot kurang lebih 200 gram. Pilih nasi dengan kualitas baik dan jangan sampai terlalu lembek." Begitulah kira-kira perbedaan antara teks prosedur biasa dengan teks prosedur kompleks.

Sementara itu, tujuan dari adanya teks prosedur kompleks, seperti yang sudah saya katakan tadi, adalah untuk menjelaskan secara detail sehingga pembaca semakin paham dengan poin-poin yang diinstruksikan. Melalui adanya teks prosedur yang lebih detail tersebut, para pembaca juga dapat meminimalisasi adanya kesalahan dalam praktik. 

Contoh Teks Prosedur Kompleks


Baiklah, setelah menyimak pengertian lengkap dengan tujuan teks prosedur kompleks, selanjutnya Anda bisa menyimak contoh-contoh berikut ini:

Cara Membuat Jus Sirsak yang Lezat

Sirsak adalah buah yang kaya akan gizi. Buah yang juga akrab disapa nangka Belanda ini mempunyai kadar karbohidrat kompleks, vitamin C, mineral, serta banyak mengandung serat pangan. Tidak heran apabila di dalam dunia kesehatan, sirsak mempunyai peran yang begitu tinggi untuk menyembuhkan penyakit. 

Sirsak berguna dalam berbagai area kesehatan, buah berwarna hijau ini mampu meningkatkan kualitas energi bahkan hingga menyembuhkan kanker. Telah diteliti oleh para ahli, bahwa kandungan Annonaceous Acetogenis dalam sirsak mampu menyembuhkan sel-sel ganas pada 12 jenis kanker seperti kanker payudara, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

Sehingga, alangkah baik apabila kita merutinkan diri untuk mengkonsumsi sirsak. Selain dimakan begitu saja, ada cara lain yang jauh lebih nikmat untuk mengkonsumsi buah ini. Kita bisa membuatnya menjadi jus segar yang siap disajikan di kala panas terik. Hmmm, lezat dan segar di mulut. Baiklah, berikut ini terdapat langkah-langkah mengenai cara membuat jus sirsak.

Advertisement
1. Pilih Satu Buah Sirsak Matang

Sangat beruntung apabila Anda mempunyai pohon sirsak di depan rumah. Pilih salah satu sirsak yang sudah besar dan empuk. Memang, untuk memeriksa apakah sirsak sudah matang atau belum, kita bisa memegangnya. Jika sudah empuk dan wangi, maka sirsak tersebut siap untuk kita sajikan sebagai jus segar. Setelah Anda memilihnya, kupas sirsak hingga tidak ada sedikitpun kulit yang ada di buahnya. 

2. Peras Sirsak Hingga Semua Airnya Keluar

Taruh sirsak yang telah Anda kupas di atas saringan kelapa parut. Biasanya saringan tersebut berbentuk lingkaran menyerupai donat dengan kasa berlubang kecil-kecil di tengahnya. Jangan lupa, siapkan satu buah mangkuk besar yang gunanya sebagai penampung air sirsak. Taruh mangkuk besar tersebut di bawah saringan. Beri sedikit air sebagai pelumas di atas sirsak yang telah Anda taruh di penyaring.

Remas-remas menggunakan tangan secara terus-menerus. Lambat laun, akan ada air yang keluar dari sirsak dan kemudian masuk ke dalam mangkuk besar yang tadi Anda taruh di bawah penyaring. Juga, dengan adanya penyaring tersebut, secara otomatis daging buah dan biji sirsak tidak akan ikut turun ke mangkuk tadi. Lakukan peremasan daging buah sirsak selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, pastikan bahwa sebagian besar air sirsak telah keluar dan daging buah kering. 

3. Sajikan Air atau Sari Buah Sirsak

Ketika tahap pemerasan sudah selesai dan ada banyak air atau sari sirsak yang telah kita dapatkan, maka rebus sari buah sirsak tersebut selama 5 menit. Perebusan dilakukan agar sari buah sirsak tidak cepat basi. Sebenarnya, tahap perebusan sari buah tersebut merupakan pilihan. Jika Anda ingin meminum semua airnya sekaligus, maka tidak perlu merebusnya, Anda bisa langsung memberikan gula dan meminumnya.

Ketika Anda memutuskan untuk merebusnya, tuangkan gula secukupnya ketika proses perebusan, kemudian aduk-aduk secara terus-menerus. 5 menit kemudian, angkat sari buah sirsak dan dinginkan. 

Sirsak yang dingin bisa langsung Anda tuangkan ke gelas, tambahkan es batu supaya lebih segar, dan jus sirsak yang lezat dan kaya akan gizi siap untuk disajikan. Sementara itu, Anda bisa menyimpan jus lainnya menggunakan teko dan menaruhnya di lemari es. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top