Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Pengertian Pamflet, Jenis, dan Contoh Lengkap

Pengertian Pamflet, Jenis, dan Contoh Lengkap - Pamflet berasal dari bahasa Inggris, pamphlet. Sesuai dengan wikipedia.org, adalah sebuah tulisan tanpa penyampulan atau penjilidan, berisi tulisan yang bisa disertai gambar atau tidak. 

Tulisan pamflet, dicantumkan menggunakan selembar kertas di kedua sisi atau salah satu sisi saja. Kertas pamflet tersebut kemudian dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, dan bahkan bisa seperempatnya. Tujuannya agar lebih kecil ukurannya dan lebih mudah untuk disebarkan. 

Selain bentuknya berupa selebaran, sebuah pamflet juga bisa berupa beberapa lembar kertas yang kemudian dibuat menjadi buku kecil. UNESCO, secara resmi mendefinisikan pamflet sebagai alat publikasi yang halamannya antara 5 hingga 48, dan jika lebih dari itu, maka disebut sebagai buku.

Tujuan adanya pamflet, sudah jelas, sebagai alat promosi atau publikasi. Biasanya pamflet digunakan untuk mempublikasikan ide politik, ilmu agama, memberitakan hal yang penting, sosialisasi peraturan pemerintah, dan promosi produk/iklan.

Ciri-Ciri Pamflet


Berikut ini terdapat deskripsi singkat mengenai ciri-ciri pamflet yang harus Anda ketahui:

1. Menggunakan bahasa yang singkat. Tujuannya agar pembaca lebih mudah dan lebih cepat mengerti maksudnya. Selain singkat, tulisan-tulisan yang dituangkan dalam pamflet juga jelas maknanya.

2. Bersifat persuasif. Pamflet digunakan untuk mengajak orang membeli suatu produk atau mengikuti ide serta peraturan. Inilah yang membuat pamflet, entah itu di awal, tengah, maupun akhir, menggunakan bahasa-bahasa yang bersifat mengajak.

3. Aktual. Informasi baik itu produk atau yang lainnya, sifatnya up to date.

Jenis-Jenis Pamflet


Pamflet terbagi menjadi empat kategori. Berikut uraiannya:

1. Pamflet Politik. Informasi yang disampaikan biasanya berupa ajakan untuk memilih calon-calon baik itu kepala negara maupun kepala daerah. 

2. Pamflet Pendidikan. Merupakan pamflet yang digunakan untuk kepentingan pendidikan, termasuk sosialisasi peraturan pemerintah dalam bidang pendidikan serta publikasi acara-acara pendidikan seperti seminar atau lomba cerdas cermat.

3. Pamflet Niaga. Pamflet niaga sering dimaknai sebagai katalog produk. Tujuannya memberikan informasi kepada pembaca mengenai produk-produk yang ada di dalam etalase toko si penjual. Tentu saja, terdapat kalimat-kalimat persuasif untuk membeli produk. Kalimat ajakan tersebut bisa berupa potongan harga atau penawaran-penawaran gratis.

4. Pamflet Kegiatan. Bertujuan sebagai alat publikasi kegiatan, bisa berupa seminar atau konser. Salah satu pamflet yang sering kita temui adalah pamflet seminar-seminar yang ditempel di dinding atau dibagikan melalui media sosial.

Advertisement

Berbagai Contoh Pamflet


Contoh Pamflet Kegiatan Konser Musik

Contoh Pamflet Pendidikan (Seminar Pendidikan Islam)

Contoh Pamflet Promosi Produk

Contoh Pamflet Kegiatan

Semoga sedikit penjelasan mengenai pamflet di atas, bisa memberikan manfaat yang berarti kepada Anda.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top