Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Internet dengan Baik

Cara & Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Internet dengan Baik - Penulisan daftar pustaka, darimanapun sumbernya, merupakan hal yang sangat penting. Melalui pustaka-pustaka yang kita terimalah, kita mendapatkan sumber penulisan. Dijamin, tanpa daftar pustaka, Anda tidak mampu membuat sebuah karya tulis yang sempurna.

Di era sekarang, seorang peneliti atau pengarang begitu rajin memanfaatkan daftar pustaka yang sumbernya ia peroleh dari internet. Untuk kaidah penulisannya, saya belum dapat menyimpulkan mana daftar pustaka yang baku, karena memang saya telah menganalisa dari berbagai sumber namun setiap referensi yang saya baca, mempunyai standar penulisan daftar pustaka yang berbeda-beda.

Dari tulisan singkat ini, saya hanya ingin membagi mengenai apa yang saya dapatkan situs luar negeri, bibme.org, mengenai berbagai gaya penulisan daftar pustaka dari internet.

Satu hal yang paling penting adalah, Anda memperhatikan sumber pustaka dengan baik. Sebagai daftar pustaka yang bisa dipertanggungjawabkan, Anda sebaiknya menulisnya dengan mencantumkan: Nama Penulis, Waktu Penerbitan Artikel, Judul Artikel, URL/Link Artikel, serta Kapan Artikel Tersebut Diakses.

Baiklah, di bawah ini ada beberapa gaya penulisan artikel yang bisa Anda adaptasikan ke dalam skripsi, karya ilmiah, atau buku:

Gaya penulisan APA (American Psychological Association)


Jika Anda mempunyai referensi tentang nama penulis artikel website tersebut, maka tulislah dengan format:

Nama belakang, Nama depan. (Tanggal bulan dan tahun penerbitan artikel). Judul artikel. Diperoleh dari URL

- Nugraha, Aria. (04 Maret 2015). Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar. Diperoleh dari http://www.kelasindonesia.com/2015/03/tata-cara-penulisan-daftar-pustaka-yang-benar.html

Namun, ketika Anda tidak mempunyai referensi tentang siapa pengarang artikel tersebut, maka tulislah menggunakan format berikut ini:

Judul artikel. (Tanggal bulan dan tahun penerbitan artikel). Diperoleh dari URL

-  Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar. (04 Maret 2015). Diperoleh dari http://www.kelasindonesia.com/2015/03/tata-cara-penulisan-daftar-pustaka-yang-benar.html

Advertisement

Gaya Penulisan Chicago


Gaya penulisan berikut ini sebenarnya sama dengan gaya penulisan sebelumnya, hanya peletakan saja yang berbeda. Sesuai dengan yang saya dapatkan dari website bibme.org dimana Chicago style menggunakan format sebagai berikut:

Nama belakang, Nama depan. "Judul artikel." Nama Website. Alamat atau URL artikel (Waktu akses)

- Nugraha, Aria. "Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar. " Kelasindonesia.com. http://www.kelasindonesia.com/2015/03/tata-cara-penulisan-daftar-pustaka-yang-benar.html (diakses pada 11 Agustus 2015)

Saat Anda menemukan penulis artikel yang lebih dari satu, maka nama penulis yang pertama haruslah dibalik, sementara nama penulis yang lain, tetaplah ditulis sebagaimana biasa. Kemudian, pisahkan setiap nama penulis dengan tanda koma. Lihat format di bawah ini:

Nama belakang, Nama depan, dan Nama depan nama belakang. "Judul artikel." Nama Website. Alamat atau URL artikel (Waktu akses)

- Nugraha, Aria, dan Daniel Subagja. "Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar. " Kelasindonesia.com. http://www.kelasindonesia.com/2015/03/tata-cara-penulisan-daftar-pustaka-yang-benar.html (diakses pada 11 Agustus 2015)

Jika tidak ada nama pengarang atau penulis artikelnya, maka daftar pustaka dimulai dengan nama perusahaan dari website tersebut.

Nama perusahaan. "Judul artikel." Nama Website. Alamat atau URL artikel (Waktu akses)

Kelas Indonesia Network. "Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar. " Kelasindonesia.com. http://www.kelasindonesia.com/2015/03/tata-cara-penulisan-daftar-pustaka-yang-benar.html (diakses pada 11 Agustus 2015)


Baiklah teman-teman semua, itulah kaidah-kaidah penulisan daftar pustaka dari internet yang bisa Anda adopsi ke dalam berbagai karya. Semoga apa yang saya berikan di atas, bermanfaat untuk Anda semua.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top