Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Pengertian dan Contoh Intisari Sebuah Buku

Pengertian dan Contoh Intisari Sebuah Buku - Intisari buku adalah sebuah kegiatan menulis yang bertujuan untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan kepada pembaca dengan cara menulis kembali atau merangkum sebuah buku secara ringkas. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para pembaca mendapatkan informasi yang terkandung di dalam sebuah buku. 

Menulis inti sari buku sangat bermanfaat, diantaranya adalah dapat dijadikan rujukan untuk menemukan suatu bacaan yang bagus, dapat memudahkan pembaca mendapatkan informasi, khususnya bagi para pembaca yang tidak suka membaca buku – buku yang sangat tebal, dan dapat juga dijadikan sebagai sumber referensi ketika menulis karya ilmiah.

Cara Menulis Inti Sari Buku

Dalam menulis sebuah intisari buku, berikut ini adalah bagaian – bagian yang harus dituliskan :

1. Judul Buku

2. Identitas Buku

Penulis
Penerbit
Kota terbit
Jenis buku
Tahun :

3. Intisari buku

Dalam bagian ini, mengandung inti pokok pembahasan dari buku tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meringkas hal – hal yang dianggap penting pada setiap bab yang kemudian disimpulkan pada bagian akhir.


Contoh Intisari Buku


Judul buku 
Judul asli dalam Bahasa Inggris : 
Dealing with People You Can’t Stand 

Judul dalam bahsa Indonesia :
Bagaimana Menjinakkan Orang – orang yang menjengkelkan

Identitas Buku

Penulis        : Dr. Rick Brinkman dan Dr. Rick Kirschner
Penerbit      : PT Gramedia Pustaka Utama 
Kota Terbit : Jakarta
Jenis Buku  : Pengembangan Diri
Tahun          : 2005
Advertisement

Intisari Buku

Buku ini membahas tentang orang – orang yang menjengkelkan yang biasa kita temui di kehidupan nyata dan bagaimana cara mengatasi mereka. Dalam buku ini, Dr Rick Brinkman dan Dr. Rick Kirschner mengelompokkan 10 jenis orang yang tidak disukai di dunia ini, diantaranya adalah :

Si Tank

Si Tank adalah orang – orang yang memiliki temperamental tinggi dan mudah marah.

Si Penembak Jitu

Orang macam ini adalah orang – orang yang suka menjatuhkan orang lain dengan cara berkomentar kasar dan kritik yang sangat tajam.

Si Granat

Orang macam ini adalah orang yang tidak bisa mengendalikan emosi dengan baik, sehingga mereka bisa marah dan tenang tiba – tiba.

Si Tahu Segalanya

Orang jenis ini adalah orang yang tidak bisa mentolerir kesalahan dan tidak menerima saran atau kritik dari orang lain. Tetapi jika ada kesalahan, mereka akan mencari kambing hitamnya.

Yang Mengira Tahu Segalanya

Orang jenis ini adalah orang – orang  yang merasa bahwa dirinya tahu segalanya. Padahal, mereka tidak mengetahui apapun dan sering membohongi orang untuk menutupi ketidaktahuannya.

Yang Selalu Berkata Ya

Orang jenis ini adalah orang – orang yang tidak  tahan akan konfrontasi, sehingga mereka cenderung mengatakan iya. Meskipun mereka tidak menyukainya, sehingga tak jarang mereka mengingkari apa yang mereka katakan.

Yang Selalu Berkata Mungkin

Orang – orang jenis ini tidak bisa mengambil keputusan. Mereka akan selalu berkata mungkin dan menunda – nunda apa yang harus dikerjakannya.

Orang yang Kosong

Orang – orang jenis ini sangat pasif sekali. Mereka tidak tertarik terlibat di dalam suatu diskusi, sehingga mereka akan selalu diam.

Orang yang Negatif

Orang – orang macam ini adalah orang – orang yang selalu berpikiran negatif, sehingga mereka sering sekali tidak yakin akan apa yang sedang dilakukannya.

Si Tukang Mengeluh

Si tukang mengeluh adalah orang – orang yang menganggap dirinya tidak berdaya. Mereka selalu mengeluh dan merasa tidak menerima apa yang telah terjadi dengan mereka. 

Untuk menghadapi orang – orang yang menjengkelkan di atas, Dr. Rick Rinkman dan Dr. Rick Kirschner mengajukan beberapa cara untuk mengatasi orang – orang tersebut, diantaranya adalah :

Menghadapi orang – orang seperti Si Tank yang dapat Anda lakukan adalah bertahan dari serangan mereka, menyela serangan mereka, mencari inti permasalahan dan mengembalikannya kepada orang tersebut, atau berdamai secara terhormat.

Menghadapi orang – orang seperti Si Penembak Jitu diantaranya adalah bisa memakai strategi untuk menghadapi Si Tank, Mencari sumber keluhan, atau memberi saran yang baik.

Menghadapi orang – orang yang tahu segalanya adalah dengan cara mempersiapkan dengan baik segala sesuatunya, membaur dengan kerugian dan keinginan mereka, atau sampaikan pandangan Anda secara langsung.

Menghadapi orang yang mengira telah mengetahui segalanya bisa dengan cara memberikan orang tersebut sedikit perhatian, meminta penjelasan secara spesifik, katakan apa adanya, dan berikan orang itu kesempatan.

Untuk menghadapi Si Granat, yang bisa dilakukan adalah dengan mendapatkan perhatian orang tersebut, membidik hatinya, atau mengurangi intensitas bertemu mereka.

Menghadapi orang yang selalu berkata ya adalah membuat orang tersebut merasa aman dengan berkata jujur, membantu orang tersebut untuk belajar merencanakan, pastikan ada komitmen, dan perkokoh hubungan dengan mereka. 

Menghadapi orang yang selalu berkata mungkin adalah dengan cara menciptakan zona nyaman, memakai sistem pengambilan keputusan, dan memperkokoh hubungan dengan mereka.

Menghadapi orang yang kosong bisa dilakukan dengan cara memberinya waktu yang cukup, 
mengajukan pertanyaan terbuka dengan penuh pengharapan, meringankan sedikti situasinya, dan menerka mereka.

Menghadapi orang yang negatif bisa dilakukan dengan cara mengikuti aliran mereka, menjadikan orang tersebut sebagai sumber, mengakui niat baik orang tersebut.

Menghadapi orang yang suka mengeluh dapat dilakukan dengan cara mendengarkan pokok permasalah mereka, menyela dan meminta penjelasan yang spesifik, dan menggeser fokus kepada penyelesaiannya.  

Secara keseluruhan, buku ini membantu para pembacanya untuk mengenali berbagai macam tipe manusia menjengkelkan yang bisa mereka temui di dunia nyata. Buku ini juga memberikan kita pengetahun untuk menghadapi orang – orang tersebut.

Demikianlah intisari buku ini, semoga dapat bermanfaat.    

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top