Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Esai Dengan Tema Dampak Aktivitas Perusahaan Terhadap Lingkungan

Esai Dengan Tema Dampak Aktivitas Perusahaan Terhadap Lingkungan - Berikut ini adalah contoh esai terbaru tentang kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan perusahaan.

Kemajuan Industri Berbanding Terbalik dengan Keasrian Lingkungan

Saat ini pencemaran lingkungan adalah ancaman terbesar bagi umat manusia di planet ini. Hal ini bisa dilihat dari semakin kotornya lingkungan kita. Lingkungan yang terdiri dari tanah, air, udara, tumbuhan dan hewan semuanya tidak luput dari pencemaran lingkungan. Jika hal ini terus terjadi, maka keberadaan manusia dan alam akan segera musnah. Ironisnya, pencemaran lingkungan ini diakibatkan dari ulah manusia sendiri yang mengotori lingkungannya. 

Terlebih lagi dengan kemajuan jaman yang tidak bisa dibendung lagi. Hal ini memaksa manusia untuk melakukan produksi massal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga muncullah perusahaan – perusahaan yang bergerak di dalam bidang industri. Namun, pergeseran pola hidup manusia dari agraris menuju industri ini menyebabkan masalah yang sangat serius, yaitu semakin kotornya bumi ini akibat dari proses kegiatan produksi maupun hasil dari kegiatan produksi yang disebut juga dengan limbah.  

Untuk menjalankan produksinya, perusahaan sering sekali mengeksplorasi bumi secara besar – besaran. Bahkan, tidak memperhatikan keasrian lingkungan. Contohnya adalah perusahaan – perusahaan yang membutuhkan kayu sebagai bahan baku, seperti perusahaan kertas, mebel, dan lain – lain. Mereka menebang pohon-pohon dengan sangat massif. Akibatnya, bumi kita ini menjadi lebih hangat. Jika hal ini terus terjadi, maka bumi kita akan menjadi semakin panas hingga mendidih, bahkan bisa menjadi gurun. Hal ini juga akan menyebabkan melelehnya es di kutub utara dan selatan, sehingga bumi akan ditutupi dengan air laut yang akan menyebabkan kehancuran umat manusia.

Kegiatan produksi pada perusahaan industri- industri besar menghasilkan asap yang sangat banyak di udara. Asap tersebut merupakan hasil dari proses pembakaran. Akibatnya, udara menjadi sangat kotor dan beracun. Padahal, udara murni sangat dibutuhkan untuk bernafas. Jika kita bernafas dengan udara bersih, maka kesehatan kita akan membaik. Sebaliknya, udara yang telah tercemar menyebabkan penyakit dan mengganggu kesehatan kita, bahkan bisa menyebabkan kematian. 

Advertisement
Asap adalah akar dari polusi udara. Asap yang keluar dari industri, mobil dan rumah tangga adalah campuran karbon monoksida, karbon dioksida, metana, dan lain-lain. Gas – gas tersebut adalah gas beracun yang dapat menyebabkan penyakit, seperti kanker paru, dan TBC. Insiden yang sangat memprihatinkan adalah insiden kebocoran gas yang terjadi di Bhopal pada bulan Desember 1984. Ribuan warga Bhopal meninggal dunia karena masalah paru-paru yang disebabkan oleh gas metilamin dari Union Carbide Plant.

Selain menyebabkan polusi udara, perusahaan – perusahaan industri juga menyebabkan polusi air. Saat ini, Air di muka bumi baik di sungai, danau dan laut telah tercemar oleh berbagai bahan kimia berbahaya dan limbah biologis. Perusahaan – perusahaan tersebut dengan sengaja membuang limbahnya langsung menuju sungai, danau, dan laut. Akibatnya, perairan kita menjadi tercemar dan beracun, sehingga tidak bisa digunakan lagi untuk keperluan rumah tangga, seperti keperluan masak, minum, dan mencuci. Bahkan juga menyebabkan musnahnya biota – biota air, seperti ikan, tumbuhan air, dan lain – lain. 

Tidak hanya itu, kegiatan industri ini juga menyebabkan pencemaran tanah. Penggunaan pupuk kimia, insektisida dan pestisida secara berlebihan menyebabkan tanah kehilangan kesuburannya. Selain itu, penggunaan pestisida secara berlebihan juga menyebabkan sayuran dan buah-buahan menjadi beracun, sehingga berbahaya bila dikonsumsi oleh manusia.

Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa, lingkungan kita saat ini telah tercemar. Hal ini akibat dari kegiatan – kegiatan industri yang mencemarkan lingkungan seperti udara, air, dan tanah. Bila hal ini terus terjadi, maka kehidupan di muka bumi ini akan segera musnah. Padahal, Jika udara yang kita hirup, air yang kita minum dan tanah subur yang menghasilkan tanaman, sayuran dan buah-buahan tidak tercemar, maka manusia akan mendapatkan kesehatan yang baik dan umur yang panjang. Oleh karena itu jika kita tidak bertindak, maka manusia dan seluruh kehidupan di dalamnya akan musnah. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top