Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Detail Penjelasan Scanning dan Skimming dalam Membaca Teks

Detail Penjelasan Scanning dan Skimming dalam Membaca Teks - Membaca adalah suatu kegiatan untuk memahami, menganalisa, dan meresapi apa yang tertuang di dalam sebuah bacaan atau teks, baik yang tersurat maupun yang tersirat. Kegiatan membaca terbagi menjadi 3 macam, yaitu membaca nyaring, membaca dalam hati, dan membaca cepat. Pada artikel kali ini akan membahas tentang membaca cepat. Namun, sebelumnya apakah membaca cepat itu ?

Membaca cepat adalah membaca dengan mengutamakan kecepatan dan pemahaman pada teks yang dibaca. Kegiatan membaca cepat ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang penting dalam berbagai kondisi saat membaca. Kegiatan membaca cepat sendiri terbagi menjadi dua teknik, yaitu membaca scanning, dan membaca skimming. Kedua teknik ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang terkandung di dalam sebuah teks dalam waktu yang singkat. Namun, apakah yang dimaksud dengan scanning dan skimming ? Berikut ini adalah definisi tentang kedua teknik membaca tersebut.

Scanning

Teknik membaca cepat yang pertama adalah scanning. Scanning adalah teknik membaca yang digunakan untuk mendapatkan suatu  informasi atau fakta yang diinginkan dalam waktu yang sangat cepat. Teknik ini dilakukan dengan cara memindai kata – kata atau kata kunci yang sedang dicari. Oleh karena itu, membaca scanning tidak perlu membaca isi keseluruhan teks, tetapi hanya langsung mencari inti atau informasi yang akan kita cari. 

Contohnya adalah Jika kita mencari manfaat dari buah alpukat di dalam teks eksposisi, maka mata kita akan bergerak dengan cepat dan memindai teks tersebut tanpa membacanya untuk mencari kata kunci manfaat. Setelah ditemukan, barulah kita membacanya dan memahami informasi yang kita cari tersebut.

Di dalam kehidupan sehari – hari, kemampuan membaca scanning ini digunakan untuk melihat jadwal, mencari kata dalam kamus, melihat grafik, mencari nomor telepon di buku telepon, mencari informasi di dalam tabel, dan masih banyak lagi.. 

Langkah – Langkah Membaca Scanning

1. Pikirkan informasi apa yang akan Anda cari.
2. Antisipasi dengan cara menggunakan kata kunci, sub judul, atau poin – poin, seperti nomor, alfabet, dan lain – lain. Contoh, Jika Anda sedang mencari sebuah kata tertentu pada kamus, maka Anda bisa lebih sensitive dengan abjad huruf pertama pada kata yang Anda cari.
3. Gerakan mata Anda dengan sangat cepat dengan cara memindainya tanpa membaca teks tersebut.
4. Setelah menemukan kata kucil atau poin yang Anda cari, maka hentikan gerakan mata Anda dan pahamilah informasi tersebut. 


Advertisement
Skimming

Teknik membaca cepat yang selanjutnya adalah Skimming. Skimming adalah teknik membaca dengan sangat cepat untuk mencari ide pokok atau keseluruhan isi teks. Membaca Skimming dapat dikatakan berhasil jika pembaca dapat mengetahui isi atau tema keseluruhan teks tersebut dalam waktu yang singkat.

Membaca skimming berbeda dengan scanning. Pada membaca scanning, kita hanya berfokus pada satu informasi yang kita cari. Sedangkan, pada skimming, kita memahami keseluruhan teks tersebut dengan hanya menemukan dan memahami ide – ide pokoknya saja. 

Oleh karena itu, dengan memahami ide – ide pokoknya saja, pembaca bisa membayangkan apa yang sedang dibahas dalam teks tersebut. Oleh karena itu, dalam membaca skimming, perlu koordinasi yang baik dengan otak kita. Di dalam otak kita akan timbul pertanyaan – pertanyaan, menganalisa, membandingkan dan membuat kesimpulan.

Cara Membaca Skimming

1. Membaca judul
2. Baca dengan teliti paragraf pendahuluan.
3. Kemudian baca pada paragraf selanjutnya baca kalimat utamanya saja yang dapat terletak di awal maupun akhir kalimat.
4. Jika ada gambar, grafik, atau kata – kata yang bercetak tebal dan miring, pahamilah apa informasi yang terkandung di dalam paragraf tersebut.
5. Bacalah dengan teliti paragraf akhir yang merupakan kesimpulan dari sebuah teks tersebut. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top