Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Teks Memperkenalkan Diri Kepada Orang Lain

Contoh Teks Memperkenalkan Diri Kepada Orang Lain - Ketika kita memasuki lingkungan yang baru, maka hal utama dan yang paling utama yang harus dilakukan ialah melakukan perkenalan diri. Mengapa demikian? Mengapa perlu melakukan perkenalan diri? 

Di lingkungan yang baru atau dalam suatu forum, agar dapat diterima dan dikenal maka diri kita harus “membuka tangan” kepada orang-orang sekitar dengan memperkenalkan diri. Ini merupakan hal pertama kita dapat mengenal satu sama lain hingga kita diterima menjadi salah satu bagian kelompok itu. Memperkenalkan diri bahkan sering dilakukan di dalam suatu forum meski audience telah mengenal yang bersangkutan baik secara langsung ataupun tidak langsung. Hal ini wajar dilakukan, untuk memfasilitasi audience lain yang belum terlalu familiar. 

Dalam memperkenalkan diri, kita dapat menceritakan informasi dasar mengenai diri, serta prestasi atau pengalaman yang telah diraih agar menginspirasi banyak orang.  Berikut adalah contoh memperkenalkan diri kepada orang lain dalam sebuah pertemuan di forum komunitas.

Assalamualaikum wr.wb. Selamat siang semuanya, 

Perkenalkan, nama Saya Siti Marya Al Maddina, umur saya 19 Tahun, Saya berasal dari Sulawesi Utara, disini saya tinggal di kompleks Sejahtera No.90F Kedamaian, Sriwijaya. Saya merupakan anak ke-7 dari sembilan bersaudara. Ayah Saya Pensiunan TNI, dan sekarang sedang mengembangkan hobinya menjadi bisnis, yaitu bisnis batu akik, jadi teman-teman yang juga pecinta batu akik bisa hubungi saya. Sementara itu, ibu saya merupakan penggerak gerakan makan sayur di kompleks PKK. Saya adalah anak tunggal, dulu sempat memiliki adik, namun meninggal karena sakit diare saat berumur 3 bulan. 

Hobi saya adalah design interior dan juga fashion, ya Saya memiliki hobi yang sama dengan Ibu. Selain  itu, saya juga suka mengoleksi barang-barang bekas untuk dijadikan barang baru yang lebih berguna. Di lingkungan kompleks perumahan, Saya dan teman-teman sering berkumpul di rumah untuk mengolah barang-barang ini, hasilnya kami jual dan uangnya kami sumbangkan ke panti asuhan di daerah kompleks kami. 
Advertisement

Pengalaman berharga saat sekolah menengah atas yaitu ketika saya ke Jerman untuk mewakili sekolah dalam rangka pertukaran pelajar. Alhamdulillah, saat itu ada program pertukaran pelajar dari pemerintah pusat, saya dan teman-teman memang ingin mengikutinya, namun karena adanya seleksi, tidak semua peserta dapat ikut, dan alhamdulillah Saya yang terpilih. Senang sekali, karena itu adalah pengalaman pertama  saya ke luar negeri. Banyak hal yang Saya dapatkan ketika di Jerman yang hanya sekitar 2 minggu. Saya banyak mengunjungi situs-situs sejarah, budaya, dan kesenian. Meski tergolong negara maju, tetap saja, saya merasa bahwa Indonesia adalah Negera yang lebih baik dan ramah bagi saya. Dua minggu di sana bak dua tahun rasanya, saya ingin cepat-cepat pulang. Alhamdulilah, sekarang saya sudah kembali di sini. Tinggal di negara lain dalam kurun waktu yang cukup lama menurut saya akan membuat kita mengerti betapa berhargaya Indonesia. 

Harapan Saya gabung ke komunitas sedekah ini ialah, untuk menambah relasi dan pengalaman, serta menebar manfaat. Saya ingat pesan ayah kepada saya, “sebaik-baiknya manusia adalah bukan yang kaya, cantik, atau pandai, namun sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat”. Pesan ayah menjadi pedoman hidup bagi saya, jadi apa yang akan saya lakukan saya harus timbang dan pilih, apakah ini baik atau tidak, dan apakah ini bermanfaat atau tidak. Menurut Saya, meski komunitas ini terbilang baru, saya yakin suatu saat akan memiliki tangan banyak yang memiliki visi-misi yang sama dari berbagai daerah. Saat kita ingin menolong orang lain dan kita tidak mampu maka Tuhan yang akan bantu. Oleh karena itu, saya ingin sekali bergabung dengan komunitas ini agar diri saya lebih bermanfaat lagi bagi orang banyak. Sekian perkenalan dari saya, terima kasih, assalamualaikumwrwb.

Dari contoh teks perkenalan di atas, dapat kita simpulkan bahwa perkenalan diri tentu penting dilakukan bagi seseorang yang masuk ke lingkungan baru, hal ini agar orang lain mengetahui latar belakang kita. Perkenalan diri dapat dilakukan oleh diri sendiri ataupun juga dilakukan oleh orang lain. Sekian semoga bermanfaat.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top