Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Esai Tentang Kepemimpinan Terbaik dan Terbaru

Contoh Esai Tentang Kepemimpinan Terbaik dan Terbaru - Berikut ini adalah contoh esai argumentatif tentang kepemimpinan yang baik. Semoga Esai ini bisa menjadi referensi yang berguna buat Anda.  

Syarat Mutlak Kepemimpinan yang Baik

Memimpin sebuah organisasi apalagi Negara merupakan hal yang sangat sulit. Hal ini dikarenakan, tidak semua manusia yang lahir ke bumi ini memiliki sifat – sifat seorang pemimpin. Statement di atas sejalan dengan Great Man Theory yang mengatakan bahwa pemimpin besar tidak dibuat melainkan dilahirkan. Mereka adalah orang – orang istimewa yang memiliki bakat alami untuk menjadi seorang pemimpin sejak mereka lahir. 

Namun pada kenyataannya, Great Man Theory di atas tidak berlaku lagi. Saat ini banyak sekali pemimpin yang tidak memiliki kualitas sebagai seorang pemimpin. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang hanya mengejar jabatan dan materi semata, tidak heran jika mereka akan melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkannya, misalnya politik uang, pemaksaan, dan lain–lain.

Semestinya, untuk menjadi seorang pemimpin bukanlah dengan cara mengajukan diri sendiri untuk dipilih melainkan dipilih langsung oleh para anggota. Hal ini menyebabkan orang – orang yang memiliki kekuasaan dan uanglah yang menjadi pemimpin, sedangkan orang-orang yang memiliki bakat menjadi seorang pemimpin akan tenggelam, sehingga akan berdampak buruk pada organisasi tersebut karena kepemimpinannya yang tidak efektif. Ada beberapa syarat yang harus dimiliki oleh seseorang untuk menjadi seorang pemimpin agar dapat tercipta kondisi leadership yang efektif, diantaranya adalah kekuasaan, kewibawaan, dan kemampuan.

Syarat untuk menjadi seorang pemimpin yang pertama adalah kekuasaan. Apa itu kekuasaan? Kekuasaan adalah otoritas atau kewenangan yang dimiliki oleh pemimpin untuk menggerakkan para anggotanya dalam melakukan sesuatu. Menggerakkan semua anggota tidaklah mudah karena membutuhkan kharisma seorang pemimpin yang kuat agar mereka mau mengerjakan tugas tersebut dengan baik. 

Advertisement
Sebenarnya, tanpa kharisma juga seseorang bisa menggerakkan anggotanya, mereka akan menggunakan kekuatan memaksa atau pun kekuatan uang. Namun, member atau anggota akan mengerjakannya dengan setengah hati, sehingga hasilnya tidak akan maksimal. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kekuasaan penuh, seorang pemimpin harus memiliki kharisma yang kuat, sehingga para anggotanya mau mengikuti mereka.    

Syarat yang kedua adalah kewibawaan. Seseorang yang memiliki wibawa sebagai seorang pemimpin akan menciptakan sebuah kepemimpinan yang efektif. Wibawa adalah sifat seseorang yang bisa mempengaruhi orang lain untuk hormat dan mengikutinya. Dengan wibawa yang tinggi, bawahan akan hormat dan akan menaati semua keputusan atau pun perintah yang dikeluarkan oleh pemimpin. 

Sedangkan, pemimpin yang tanpa wibawa tidak akan mendapat dukungan dari para anggotanya dan bahkan banyak anggota yang akan memberontak. Akibatnya, kepemimpinan mereka tidak berjalan dengan baik dan mereka sendiri yang akan mengurus organisasi tersebut tanpa bantuan anggotanya. Oleh sebab itu, wibawa yang tinggi harus dimiliki oleh seorang pemimpin, karena jika tidak berwibawa mereka tidak akan dipatuhi oleh anggotanya. 

Syarat yang ketiga adalah kemampuan. Kemampuan memimpin mutlak harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Mereka harus tahu bagaimana cara memimpin yang baik. Kemampuan tersebut seperti daya tahan, kesanggupan, manajerial, dan kecakapan secara teknis maupun sosial yang baik dan lebih dari anggotanya. 

Jika seorang pemimpin memiliki kemampuan – kemampuan tersebut, maka dipastikan mereka akan menjadi seorang pemipin yang berkualitas dan menjalankan organisasinya dengan baik dan benar, sehingga terciptalah kepemimpinan yang efektif.

Berdasarkan uraian-uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk menciptakan kepemimpinan yang efektif harus memiliki tiga macam syarat, yaitu mampu menggerakkan seluruh anggotanya, mendapat dukungan dari para anggotanya, dan mengetahui bagaimana cara memimpin yang baik. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top