Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Esai Mengenai Pendidikan Anak Usia Dini (Terbaik)

Contoh Esai Mengenai Pendidikan Anak Usia Dini (Terbaik) - Berikut ini adalah salah satu contoh jenis esai argumentatif tentang pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) bagi anal-anak. 


Pendidikan Anak Usia Dini, Pentingkah ?

Kemajuan zaman yang terjadi saat ini menutut manusia untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Salah satu cara untuk menaikkan taraf hidup adalah melalui pendidikan. Tak heran banyak sekali orang tua yang berlomba – lomba menyekolahkan anak mereka dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga ke perguruan tinggi (Universitas). Bahkan orang tua tidak peduli lagi dengan biaya pendidikan yang cukup mahal, karena yang ada di benak mereka adalah anak mereka bisa mendapatkan pendidikan yang tinggi dan pekerjaan yang prestisius, sehingga bisa mengangkat derajat keluarga kelak.

Namun, para orang tua tidak menyadari bahwa mereka melewati satu tingkatan pendidikan yang sangat penting karena menjadi dasar dari pendidikan selanjutnya, yaitu Pendidikan Anak Usia Dini atau lebih dikenal dengan PAUD. Para orang tua biasanya menyekolahkan anak mereka ke TK atau bahkan  langsung melompat ke SD. Padahal, PAUD sangatlah penting untuk perkembangan anak – anak dalam mengenal dunia pendidikan, baik kecerdasan secara mental maupun ketangkasan fisik yang akan mempengaruhi keberhasilan anak-anak dalam menempuh pendidikan selanjutnya. 

Bahkan di berbagai Negara maju, telah dilakukan penelitian terhadap anak – anak di tingkat Elemntary School atau SD. Penelitian tersebut menujukan bahwa 70 dari 100% anak – anak yang mendapat pendidikan usia dini dapat mengikuti pelajaran lebih baik dibandingkan dengan anak – anak yang tidak mendapatkan pendidikan usia dini. Oleh sebab itu, penulis berpendapat bahwa Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting. Mengapa demikian? Karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari PAUD.

Advertisement
Manfaat yang pertama adalah mengenalkan anak terhadap instrumen pendidikan. Sebelum memasuki dunia pendidikan, anak – anak tidak mengenal apa itu kelas, bagaimana suasana di dalamnya, apa itu guru, dan bagaimana cara bersosialisasi dengan teman – temannya. Ketika mereka masuk ke dalamnya, mereka akan kaget dengan situasi tersebut, sehingga mereka akan memerlukan waktu yang cukup banyak untuk beradaptasi.

Lain halnya dengan anak – anak yang mendapatkan pendidikan usia dini, mereka sudah terbiasa dengan hal tersebut. Bagi mereka semua, itu bukanlah hal yang baru lagi karena mereka sudah mempelajarinya di PAUD. Di sana mereka diperkenalkan dengan suasana kelas, diperkenalkan dengan guru, dan diajarkan cara bersosialisasi dengan baik, sehingga mereka tidak perlu lagi memerlukan waktu yang lama untuk beradaptasi, sehingga bisa berfokus terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru.

Kedua, mereka yang mendapatkan pendidikan PAUD pada umumnya berada di bawah umur lima tahun dimana usia itu adalah Golden Age. Apa itu Golden Age ? Golden Age adalah masa-masa emas mereka, dimana otak anak sedang dalam masa perkembangan yang optimal. Pada masa-masa inilah otak bisa berkembang dengan sangat pesat. Sehingga jika mereka mendapatkan stimulasi yang tepat, maka otak akan berkembang dengan sangat maksimal. Anak-anak pada masa ini belajar melalui observasi, eksperimen, dan berkomunikasi dengan orang lain, sehingga sangat tepat bagi mereka untuk masuk PAUD, karena PAUD metode pendidikannya yang dilaksanakan untuk mengoptimalkan kemampuan si anak. 

Oleh karena itu, memberikan Pendidikan Anak Usia Dini kepada anak - anak sangatlah penting, sebelum memasukkan mereka ke TK maupun SD. Hal ini dikarenakan PAUD bisa menyiapkan segala yang mereka perlukan untuk menempuh pendidikan yang sebenarnya. Selain itu, usia mereka merupakan Golden Age, dimana anak bisa mengembangkan kemampuan otak mereka secara optimal sehingga harus dimaksimalkan sebaik mungkin. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top