Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Contoh Esai Argumentatif tentang Narkoba Terbaru

Contoh Esai Argumentatif tentang Narkoba Terbaru - Esai adalah sebuah karya tulis yang berupa opini pribadi seorang penulis terhadap sebuah topik yang sedang hangat - hangatnya terjadi di masyarakat. Di bawah ini adalah contoh esai argumentatif tentang narkoba.

Narkoba Menghancurkan Generasi Bangsa

Akhir – akhir ini narkoba telah merajalela di negeri kita. Semua kalangan dimulai dari masyarakat bawah hingga masyarakat kelas atas telah menggunakan narkoba. Bahkan lebih parahnya lagi adalah narkoba juga telah merasuki para penegak hukum di negeri ini. Menurut data yang diterima oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), jumlah korban yang disebabkan oleh barang haram itu meningkat hingga dua kali lipat dari tahun – tahun sebelumnya. Kebanyakan dari korban – korban tersebut adalah remaja. Menanggapi fenomena ini pemerintah telah menetapkan Negara kita sedang berada dalam keadaan darurat narkoba. Oleh sebab itu, penulis sangat yakin bahwa masa depan bangsa ini akan hancur dalam beberapa tahun yang akan datang jika pemerintah tidak mengambil langkah yang nyata untuk menghentikan arus peredaran barang haram ini. Ada beberapa alasan mengapa narkoba bisa menghancurkan kehidupan bangsa ini.

Alasan yang pertama adalah narkoba bisa menghancurkan masa depan anak muda. Anak – anak muda yang semestinya menjadi calon – calon penerus bangsa akan hancur masa depannya jika masuk ke dalam lingkaran narkoba. Jangankan menjadi masa depan bangsa, masa depan mereka sendiri pun akan rusak akibat dari barang haram ini. Hal ini dikarenakan narkoba akan menciptakan generasi – generasi yang sakaw, yaitu generasi yang tidak bisa lepas dari narkoba. Akibat ketidak mampuan mereka untuk lepas dari narkoba, membuat mereka menjadi sangat ketagihan yang akan menyiksa diri mereka sendiri, sehingga mereka akan menjadi tidak sehat dan gampang terkena penyakit. Bahkan mereka juga bisa meninggal dunia. Akibatnya, masa depan mereka yang semestinya cerah menjadi kelam dan hancur seketika. 

Advertisement
Alasan yang ke dua adalah narkoba bisa mematikan kreatifitas anak bangsa. Anak muda semestinya memiliki daya kreatifitas yang tinggi. Di masa – masa inilah mereka bisa menemukan pemikiran - pemikiran baru, menemukan inovasi – inovasi dan berprestasi. Namun, apa yang terjadi ketika mereka masuk ke dalam jurang narkoba ? Mereka akan kehilangan itu semua. Narkoba ini perlahan – lahan akan mematikan sel – sel otak mereka sehingga lama kelamaan otak mereka tidak mampu lagi berkreasi dan yang ada di dalamnya hanyalah narkoba. Jika otak mereka sudah terkontaminasi oleh nakoba, maka tidak ada lagi kreatifitas yang tersisa. Mereka hanya akan hidup seperti zombie atau mayat – mayat hidup yang bergerak tanpa tujuan dan arah. Bayangkanlah apa yang akan terjadi jika para penerus suatu bangsa tidak memiliki kreatifitas dan tujuan, maka bisa dipastikan Negara tersebut akan musnah dan lenyap.

Alasan yang terakhir adalah narkoba menciptakan generasi kriminal. Para remaja yang sudah terjerat ke dalam lingkaran setan ini akan terus – menerus dipaksa untuk memenuhi keinginan mereka terhadap narkoba. Akibatnya, mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkan barang haram itu, termasuk dengan perbuatan – perbuatan yang melanggar hukum, seperti mencuri, merampok, menipu dan membunuh dengan keji. Semua yang dilakukan itu tidak lain dan tidak bukan karena narkoba yang telah merusak otak dan jiwa mereka, sehingga mereka tidak bisa membedakan lagi mana perbuatan yang benar dan mana perbuatan yang salah. Jika suatu bangsa dipenuhi dengan para pelaku kriminal, maka bisa dipastikan Negara itu akan lenyap dengan sendirinya.  

Oleh karena itu, narkoba sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup bangsa ini. Hal ini dikarenakan barang haram ini bisa menghancurkan masa depan para pemuda, calon penerus bangsa, narkoba bisa menghancurkan daya kreatifitas para remaja, dan yang terakhir barang haram ini bisa menciptakan generasi pelanggar hukum. Semua akibat itu akan menuntun pada kehancuran bangsa ini. Maka dari itu, jika pemerintah tidak melakukan tindakan yang nyata untuk menghentikan peredaran barang haram ini, maka bisa dipastikan Negara ini akan hancur dalam beberapa tahun ke depan.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top