Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Cerita Rakyat Nyi Roro Kidul Terbaru

Cerita Rakyat Nyi Roro Kidul Terbaru - Nyi Roro Kidul adalah seorang ratu penguasa lautan selatan. Dia memiliki kerajaan halus yang sangat megah di bawahnya. Selain itu, dia juga sangat terkenal akan kesaktiannya, Bahkan sejak dahulu, Nyi Roro Kidul telah dikait - kaitkan dengan raja – raja di Pulau Jawa. Namun, siapakah Nyi Roro Kidul itu sebenarnya ? Berikut ini adalah kisah yang menceritakan asal - usul Nyi Roro Kidul. 



Legenda Nyi Roro Kidul

Alkisah diceritakan, pada jaman dahulu di Pulau Jawa, hiduplah seorang putri yang sangat cantik nan jelita yang bernama Putri Kadita. Karena Kecantikannya itu, ia dikenal dengan panggilan Putri Srengenge yang berarti putri matahari yang indah. Dia adalah putri dari seorang raja yang bernama Raja Munding Wangi. Sang raja sangatlah menyayangi putrinya karena sang ratu telah meninggal dunia.

Meskipun sang raja memiliki putri yang sangat cantik, ia tetap sedih karena dia tidak memiliki anak laki – laki sebagai putra mahkota yang bisa meneruskan tahtanya. Akhirnya, sang raja memutuskan untuk memperistrikan Dewi Mutiara. Lalu menikahlah sang raja dengan Dewi Mutiara. Pernikahan itu telah mendapatkan restu oleh Putri Kadita karena dia tahu pernikahan ini adalah untuk kebahagian sang raja. 

Pada awalnya, Dewi Mutiara sangatlah baik kepada Putri Kadita, tetapi setelah menikah dengan sang raja, barulah sifat asli Dewi Mutiara terungkap. Dia sangat jahat kepada Putri Kadita. Tak jarang dia selalu memarahi Putri Kadita bila tidak ada sang raja di dekatnya.

Setelah beberapa hari menikah, Dewi Mutiara akhirnya mengandung. Sang raja yang mengetahui bayi yang dikandung oleh permaisurinya adalah anak laki – laki amat sangat bahagia. Dia bersyukur akhirnya memiliki seorang putra mahkota untuk menggantikannya.

Dewi Mutiara semakin membenci Putri Kadita setelah kelahiran anaknya itu. Dia menganggap Putri Kadita sebagai saingan anaknya untuk menjadi putra mahkota. Dewi Mutiara kemudian mulai menuntut sang raja untuk memastikan bahwa anaknya lah yang akan dijadikan putra mahkota. Bahkan dia dengan berani menghasut sang raja untuk mengusir Putri Kadita dari istana.
Mendapat hasutan itu, sang raja sangat marah. Dia lalu berkata, “Kau sangat keterlaluan. Aku tidak mungkin mengusir putriku sendiri dari istana ini,”

Setelah dimarahi sang raja, Dewi Mutiara semakin membenci Putri Kadita. Dia memikirkan berbagai macam cara untuk menyingkirkan sang putri dari istana. Akhirnya dia pergi menemui nenek sihir untuk meminta bantuan.

Advertisement
“Aku menginginkan anak tiriku, Putri Kadita keluar dari istana. Aku minta kau melakukan sesuatu kepada dirinya,” pinta Dewi Mutiara kepada sang penyihir.
Lantas dilaksanakanlah perintah itu dengan segera. Dia mengirim guna – guna kepada Putri Kadita pada malam hari saat dirinya tengah tertidur.

Keesokan harinya, ketika Putri Kadita terbangun, tubuhnya dipenuhi dengan penyakit – penyakit kulit yang sangat menjijikkan dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Putri Kadita menangis dengan apa yang menimpa dirinya itu. Kini dia tidak lagi cantik seperti dahulu karena dipenuhi oleh kudis dan bisul di seluruh tubuhnya.

Sang raja juga ikut sedih dengan apa yang menimpa putri kesayangannya itu, lalu ia memanggil semua tabib di seluruh penjuru negeri untuk mengobati penyakitnya, tetapi tidak ada satu pun tabib yang berhasil menyembuhkannya. 

Melihat keadaan ini, Dewi Mutiara senang bukan kepalang, dia lalu terus menerus menghasut sang raja untuk menyingkirkan putrinya dari istana. 

“Putrimu akan mendatangkan kesialan bagi kerajaan ini. Jika kau tidak melakukan sesuatu anak kita, calon putra mahkota sangat beresiko tertular penyakit itu,” kata Dewi Mutiara.

Sang raja merasa bingung dan sedih, di satu sisi dia tidak ingin mengusir anaknya, di sisi lain dia tidak ingin mendapatkan kesialan seperti yang dihasutkan oleh Dewi Mutiara. Putri Kadita yang mengetahui perasaan ayahnya, memutuskan untuk pergi ke luara dari istana.

Putri Kadita terus berjalan tanpa arah. Siang dan malam dia terus berjalan dalam pengembaraanya. Meskipun begitu, dia tidak merasa sedih sedikit pun karena dia melakukan itu untuk kebahagiaan ayahnya. Setelah lama dia berjalan, akhirnya dia telah sampai di samudera selatan. Tiba – tiba dia mendengar suara yang memerintahkannya untuk terjun ke samudera itu. Putri Kadita lalu terjun dan berenang di samudera itu. Ajaibnya, semua penyakit kulit yang ada di tubuhnya menjadi hilang. Kini Putri Kadita telah menjadi cantik kembali.

Putri Kadita yang telah kembali cantik tenggelam ke bawah samudera dan mendirikan sebuah kerajaan yang megah di bawahnya. Hingga kini, Putri Kadita menjadi penguasa pantai samudera selatan yang dikenal dengan sebutan Nyi Roro Kidul.          

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top