Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Aturan Cara Penulisan Rupiah Lengkap

Aturan Cara Penulisan Rupiah Lengkap - Apakah kalian tahu bagaimana cara menulis nilai mata uang dalam rupiah dengan benar? Terlihat sepele, namun kenyataannya banyak dari kita yang mengalami kekeliruan dalam menulis nilai mata uang rupiah dengan baik dan benar. Penulisan mata uang rupiah, telah dibakukan dalam ejaan yang disempurnakan (EYD). Dengan demikian, dalam penulisannya maka seharusnya mengikuti kaidah- kaidah yang telah ditentukan. Lalu, bagaimana penulisan nilai mata uang rupiah yang baik dan benar?

PENULISAN MATA UANG RUPIAH BERDASARKAN ATURAN EYD

Nominal Angka

Berdasarkan aturan ejaan yang disempurnakan, penulisan nilai mata uang rupiah yang benar yaitu rupiah yang disingkat menjadi Rp ditulis tanpa tanda titik dan spasi, kemudian tulis jumlah nominal angka uangnya, kemudian ditambahkan dua nol dibelakang koma. Mengapa harus ada dua nol dibelakang koma??? Dua digit nol dibelakanng koma berfungsi untuk menunjukkan nilai desimal. Hal ini didasari pada nilai tukar antar mata uang. Contoh nilai tukar 1 dollar dengan rupiah yaitu Rp13.345,34.  Dengan demikian, meski dalam sistem perbankan di negeri ini tidak dapat transfer dalam nilai nominal, namuan suku bunga selalu menggunakan deseimal dibelakang koma. sehingga nanti akan berlaku hukum pembulatan. 

Contoh penulisan nilai mata uang rupiah berdasarkan aturan EYD:

- Rp4.000,00 (benar)
- Rp. 4.000,00 (salah, tanpa titik pada penulisan Rp)
- Rp 4.000,00 (salah, tanpa spasi pada penulisana antara Rp dengan nominal angka)
- Rp4.000 (salah, harus ditambahkan dua nol di belakang jumlah nominal angka)

Jika nominal angka yanng dituliskan terlalu besar dan merupakan bilangan bulat, maka dapat dikombinasikan dengan huruf. Seperti pada contoh berikut:

Rp4.000.000.000,00 dapat dikombinasikan menjadi Rp4Milyar. 

Nominal Ditulis Dengan Huruf

Biasanya, dalam struk bank ataupun bukti pembayaran lain, biasa tertulis sejumlah uang baik dalam nominal angka dan juga huruf. Penulisan nilai mata uang dalam huruf sedikit berbeda dan lebih mudah dibandingkan dengan angka, karena aturannya lebih sedikit. Perhatikan contoh berikut:

- Rp1.000.500,00 maka jika dituliskan dalam huruf menjadi satu juta lima ratus rupiah.
- Rp305.555,00 maka dapat ditulis dalam huruf menjadi tiga ratus lima ribu lima ratus lima puluh lima rupiah.
dari dua contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa penulisan nilai uang mata uang rupiah dalam huruf harus benar-benar memperhatikan nominal uang. kita harus dapat membedakan mana yang merupakan satuan, puluhan, ratusan, ribuan, ratusan ribu, dan seterusnya hal ini sangat penting, karena jika salah maka akan mempengaruhi jumlah nominal yang disebutkan. misal ada sebuah contoh penulisan uang dalam huruf dan kita diminta untuk mengubahnya menjadi kata:
- tiga ratus tiga puluh ribu lima ratus rupiah maka ditulis dalam angka menjadi Rp330.500,00
- satu juta empat ratus lima puluh sembilan ribu tiga puluh dua rupiah jika diubah menjadi angka menjadi Rp1.459.032,00

Advertisement
PENULISAN NILAI MATA UANG RUPIAH DALAM SKALA INTERNASIONAL MENGGUNAKAN SIMBOL IDR

IDR merupakan satuan nilai mata uang Indonesia dalam skala internasional. IDR merupakan akronim dari Indonesian Rupiah, kode ini sama seperti USD untuk United State Dollar atau EUR untuk Euro yaitu mata uang yang berlaku di Britain dan sekitarnya (Benua Eropa). 

Penulisan nominal mata uang rupiah dalam skala internasional belum ada ketentuan dari EYD. Namun, aturan yang sama berlaku untuk penulisan dalam bentuk IDR. Dalam penulisan nominal jumlah uang, kata rupiah menerangkan nominal jumlah uangnya. Dengan demikian berlaku hukum penulisan D-M yaitu diterangkan menerangkan. Perhatikan contoh penulisan nilai mata uang rupiah dalam skala internasional.

- IDR 50.000 (Salah, IDR menerangkan nominal angka)
- 50.000 IDR (benar)

Seperti pada aturan EYD, dalam skala internasional juga dapat dikombinasikan dengan huruf jika jumah angka yang memungkinkan. Perhatikan contoh berikut:

- 50K IDR (huruf K merupakan akronim dari Kilo yang nilainya seribu)
- 1 Bilion IDR 

Demikian artikel terkait penulisan rupiah yang benar. Semoga dengan membaca artikel ini, kita dapat segera mengaplikasikannya dalam penulisan nilai rupiah yang sesuai dengan EYD.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top