Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

8 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Pidato

8 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Pidato - Berpidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan orang banyak, yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, mempengaruhi, mengarahkan, mengajak, atau beroarasi. Pidato dapat disampaikan dengan berbagai macam cara, yaitu bisa dengan impromptu, kontemporer, menghafal, atau membaca naskah.

Namun, cara - cara berpidato seperti di atas, bukanlah indikator yang menentukan bagus atau tidaknya suatu pidato. Pidato yang bagus adalah pidato yang pidato yang dapat menciptakan kesan yang baik kepada para pendengar pidato tersebut. Tidak semua orang bisa berpidato dengan baik di depan umum, karena kemampuan berpidato dengan baik tidak didapatkan dengan mudah dan memerlukan latihan yang cukup. Oleh sebab itu, untuk membantu Anda dalam berpidato dengan baik, di bawah ini adalah hal – hal penting yang harus diperhatikan dalam membaca pidato.

1. Menguasai Materi

Sebelum Anda membacakan pidato, pastikan Anda mengetahui apa yang akan Anda sampaikan. Hal ini sangat penting meskipun Anda berpidato dengan menggunakan metode membaca teks. Dengan menguasai materi pidato, tentunya Anda akan sangat nyaman ketika berpidato dan jauh dalam perasaan gugup yang dapat mengganggu. Selain itu, hai ini juga bisa mengantisipasi pertanyaan – pertanyaan yang dikeluarkan oleh pendengar kepada Anda.

2. Berpenampilan Menarik

Penampilan adalah salah satu kunci utama untuk menarik perhatian para pendengar. Yang dimaksud dengan berpenampilan menarik adalah bukan berpakaian atau berdandan berlebihan, tetapi sopan dan rapi. 

3. Berpidato dengan Singkat, Padat dan Jelas

Ketika berpidato, usahakan Anda menyampaikan pidato dengan singkat, padat, dan jelas. Hindarilah hal – hal yang tidak penting atau pembicaraan yang keluar jauh dari materi sebelumnya. Perjelas juga bagian – bagian pidato Anda, seperti mana bagian pembuka, mana bagian isi, dan mana bagian penutup. Hal ini dilakukan agar para pendengar dapat menangkap maksud atau isi pidato Anda dengan sangat mudah.  

4. Menggunakan Intonasi dan Mimik Wajah yang Tepat

Para pendengar pidato tentunya tidak menyukai pembaca pidato yang datar. Oleh karena itu, gunakanlah intonasi dan mimik wajah yang tepat. Contohnya jika Anda berpidato untuk membangkitkan semangat, maka gunakan intonasi yang tinggi dan mimik wajah yang bergairah. Namun, janganlah terlalu berlebihan karena membaca pidato tidaklah sama dengan membaca puisi.

Advertisement
5. Menggunakan Gerak Tubuh yang Wajar

Selain intonasi dan mimik wajah, gerakan tubuh juga bisa digunakan untuk mencegah kedataran dalam berpidato. Gerakanlah bagian tangan atau kepala Anda, seperti menunjuk, mengangguk, dan lain – lain, sehingga para pendengar memusatkan perhatiannya kepada Anda. Namun, hindarilah gerakan tubuh yang terlalu berlebihan karena itu bisa merusak konsentrasi pendengar.

6. Hindari Ketegangan

Jika suasana terlalu tegang, niscaya maksud atau tujuan pidato tidak akan tersampaikan kepada para pendengar. Oleh sebab itu, ciptakanlah suasana yang santai, nyaman dengan cara menyelipkan candaan atau humor – humor di tengah – tengah pidato Anda. Tetapi jangan terlalu banyak menggunakan humor karena hal itu bisa membuyarkan konsentrasi pendengar, sehingga sulit bagi mereka untuk kembali berkonsentrasi.

7. Menggunakan Bahasa yang Baik

Gunakanlah bahasa yang baik. Bahasa yang baik tidak harus bahasa yang benar, karena bahasa yang baik adalah bahasa – bahasa yang dapat dimengerti oleh para pendengar. Meskipun Anda mengunakan bahasa yang baku dan sesuai EYD tetapi para pendengar tidak mengerti apa yang Anda bicarakan, maka bahasa tersebut bukanlah bahasa yang baik. Oleh karena itu, sebelum berpidato, cari tahu terlebih dahulu siapakah orang yang akan mendengar pidato Anda, apakah para intelektual, atau masyarakat biasa.

8. Jangan Terpaku dengan Teks

Jika Anda membaca pidato dengan menggunakan teks, janganlah terpaku dengan teks karena hal itu akan sangat membosankan. Anda bisa melihat teks, lalu membacakannya dengan melihat ke arah pendengar. 

Demikianlah 8 hal penting yang harus Anda perhatikan ketika membaca sebuah pidato agar pidato Anda menjadi pidato yang baik dan menimbulkan kesan bagi para pendengarnya. Ingat, kemampuan membaca pidato yang baik memerlukan latihan dan pengalaman yang banyak. Oleh karena itu teruslah berlatih.  

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top