Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Pengertian Resensi dan Penjelasan Lengkap

Pengertian Resensi dan Penjelasan Lengkap - Resensi merupakan kata yang berasal dari bahasa Belanda yaitu “resentie” dan juga bahasa Latin recensio yang berarti mengulas kembali. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi adalah mempertimbangkan, pengulasan, penilaian sebuah buku. Seorang ahli bahasa, Gorys Keraf mendefinisikan resensi sebagai tulisan yang berisi tentang ulasan atau penilaian terhadap suatu karya tulis atau buku Oleh karena itu, resensi lebih dikenal dengan istilah ulasan atau bedah buku. Hal ini karena memang dalam resensi senantiasa mengulas sebuah buku baik buku fiksi atau nonfiksi, dari sudut pandang penilai (pembuat resensi) dengan berbagai norma-norma atau nilai – nilai yang ada. Resensi termasuk tulisan ilmiah yang memaparkan baik (keunggulan) dan buruk (kelemahan) suatu buku. Melalui resensi para pembaca dapat mengetahui isi suatu buku secara umum. Sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pembaca untuk mengacu bacaan. Penulisan resensi dilakukan oleh orang yang mengerti tentang hal-hal yang terkait dengan isi buku tersebut serta paham dengan nilai- nilai atau norma- norma kebenaran yang ada. 

Seperti halnya menulis karya tulis, menulis resensi memiliki tujuan, manfaat, dan aturan- aturan. Berikut uraiannya.

1. Tujuan Menulis Resensi


Menurut Gorys Keraf, penulisan resensi bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai suatu karya tulis ditinjau dari segi keunggulan serta kelemahan. 
Dengan demikian masyarakat (pembaca) akan mengetahui isi buku tersebut dan akan mengambil keputusan untuk mengapresiasikannya atau tidak. Sedangkan menurut Daniel Samad, menulis resensi bertujuan untuk:

a. Mengungkapkan informasi mengenai isi buku
b. Mengajak masyarakat (pembaca) untuk terlibat dalam menilai, merenungkan, memikirkan problematika yang ada di dalam buku
c. Memberikan pandangan kepada pembaca mengenai isi buku sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dan dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan yang muncul mengenai buku tersebut

2. Manfaat Penulisan Resensi


Menulis resensi dapatmemberikan banyak manfaat terutama bagi pembaca. Manfaat yang dapat diberikan antara lain:

a. Menjadi bahan pertimbangan para pembaca yang sedang membutuhkanbuku tersebut
b. Bagi penulis resensi dapat menjadi tambahan nilai ekonomi karena biasanya yang diminta untuk membuat resensi buku bukan sembarang orang, dan tentunya akan mendapat imbalan yang sesuai.
c. Bagi penulis buku, resensi dapat menjadi sarana promosi buku tersebut serta menjadi sarana  pengembang kreativitas penulis untuk menghasilkan karya –karya yang lebih baik lagi. 

Resensi dibuat untuk mengulas sebuah buku baik fiksi ataupun nonfiksi. Melalui resensi maka kita dapat mengetahui apakah buku tersebut layak atau tidak mendapat sambutan bagi pembaca. Selain itu, resensi dapat dijadikan ajang memperkenalkan buku atau karya tulis yang baru diterbitkan. Hanya orang tertentu saja yang dapat melakukan ulasan sebuah buku. Brotowijoyo menungkapkan bahwa terdapat tiga syarat utama bagi seseorang yang dapat mengulas resensi, antara lain:

1. Memiliki pengetahuan dari sudut bidang buku yang di tulis

Seorang yang diminta meresensi buku adalah ia yang ahli dibidangnya. Misal, seorang diminta untuk merensi buku biologi terbaru maka ahli biologilah yang harusnya mengulas buku tersebut. Begitu juga apabila seseorang diminta untuk mengulas buku fiksi seperti novel, maka ia memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bidang sastra. Resensi merupakan ulasan mengenai suatu karya, oleh karena itu harus dibuat oleh orang – orang yang mengerti di bidangnya. 

Advertisement
2. Memiliki kemampuan analisis

Kemampuan analisis juga perlu dimiliki oleh peresensi buku. Pengulasan unsur- unsur yang terdapat pada karya fiksi dinilai patut atau tidak untuk dibaca, apa yang terkandung di dalamnya dan lain- lain. 

3. Mengetahui karya sejenis

Seorang yang memang dikenal mahir dalam bidangnya tentu mengetahui perkembangan karya tulis. Sehingga ketika diminta menjadi untuk meresensi buku akan dnegan mudahnya mengulas buku tersebt dan membandingkan dengan karya- karya terdahuu yang sejenis. 

Karena resensi adalah tulisan ilmiah, maka terdapat beberapa aturan/ sistematika penulisan yang mana memiliki unsur- unsur berikut:

1. Judul resensi 

Menggambarkan isi ulasan buku secara umum. Pemberian judul cukup dengan kata atau kalimat yang lugas, singkat, dan tidak menimbulkan makna ganda yang memicu salah penafsiran.

2. Identitas buku, 

Pada bagian mengungkapkan identitas buku, meliputi judul buku, penulis, penerbit, edisi, ketebalan, dan lainnya. 

3. Ikhtisar buku

Menguraikan peride pokok pada tiap-tiap bab secara umum. Dapat diartikan bahwa bagian ini merupakan bagian ringkasan buku.

4. Kepengarangan

Bagian ini mengungkapkan tentang si pengarang atau penulis, mulai dari karya apa saja yang telah dibuat, prestasi dan lain –lain.

5. Kelemahan dan keunggulan

Di ending tulisan resensi mengungkapkan keungulan dan kelemahan buku dilihat dari berbagai aspek seperti kontent, missconseption, unsur – unsur instrinsik –ekstrinsik (buku fiksi ) dan lainnya. Dibagian ini merupakan bagian penting, karena penulis akan membuat keputusan yang dapat dijdikn acuan mengenai buku tersebut layak atau tidak mendapat sambutan para pembaca. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top