Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Macam-Macam Paragraf Eksposisi dan Contohnya

7 Macam Paragraf Eksposisi dan Contohnya - Paragraf eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memberikan suatu informasi secara jelas kepada para pembacanya. Paragaraf eksposisi sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah paragraf eksposisi laporan, perbandingan atau pertentangan, ilustrasi, klasifikasi, proses, dan definisi. Di bawah ini adalah pengertian dan contoh – contoh paragraf eksposisi.

1. Eksposisi laporan

Eksposisi laporan adalah paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.

Contoh:

Amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. Proses ini tidak membutuhkan perkawinan. Dengan kata lain, Amoeba tidak perlu amoeba lainnya untuk berkembang biak. Hal ini dikarenakan hewan ini memiliki sebuah sel yang disebut dengan inti sel. Sel ini lah yang nantinya akan membelah menjadi dua. Sel tersebut akan memisah dan membentuk dua kutub yang saling menjauh. Pada saat sel inti hampir benar – benar terpisah, terbentuklah dua buah amoeba yang akan saling melepas satu sama lain. Proses pembelahan sel ini memakan waktu yang relatif lama.

2. Eksposisi perbandingan

Eksposisi perbandingan merupakan eksposisi yang gagasan utamnya disajikan dengan membandingkannya dengan hal lain.

Letusan gunung Krakatau bukanlah letusan paling dahsyat yang pernah tercatat dalam sejarah umat manusia. Letusan yang terjadi pada tahu 1883 ini belum ada apa – apanya jika dibandingkan dengan letusan gunung tambora, dan letusan gunung toba yang sangat dahsayat. Bahkan letusan gunung toba membentuk sebuah danau yang sangat besar di tengah – tengahnya. Namun, letusan gunung krakatu terjadi pada saat jumlah populasi manusia di bumi telah banyak sehingga dampaknya lebih terasa. Oleh karena itu, letusan gunung Krakatau tercatat menyebabkan dampak yang lebih besar meskipun masih kalah dahsayat dengan letusan gunung lainnya.

3. Eksposisi pertentangan

Paragraf ini hampir sama dengan eksposisi perbandingan, tetapi eksposisi ini berisi tentang pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama dengan olahraga lari. Namun, yang membedakan adalah olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah. Terlebih lagi, olahraga jalan cepat juga tidak memerlukan energi yang sangat besar jika dibandingkan dengan olahraga lari.

4. Eksposisi ilustrasi

Eksposisi ini memaparkan gagasan utamanya dengan cara mengilustrasikannya dengan hal lain yang memiliki kesamaan.

Contoh:

Proses pembentukan energi di dalam tubuh manusia sama dengan proses kimiawi yang ada pada mobil. Pada mobil bahan bakar yang berupa bensin atau solar dibakar sehingga menghasilkan energi listrik yang kemudian dirubah menjadi energi gerak yang bisa menggerakan mobil. Begitu pula yang terjadi pada manusia, tetapi energi yang dibutuhkan adalah makanan yang akan dibakar dan dirubah menjadi glukosa yang akan menjadi sumber energi bagi manusia.
Advertisement

5. Eksposisi klasifikasi

Eksposisi ini memiliki gagasan utama yang memiliki atau dapat dikelompokan ke dalam suatu group atau kelas.

Contoh:

Makanan yang kita konsumsi sehari – hari tanpa kita sadari terbagi menjadi beberapa kelompok. Yang pertama adalah makanan bergizi, makanan ini sangat penting bagi tubuh kita karena mengandung berbagai zat atau mineral yang sangat baik untuk tubuh. Contohnya adalah, ikan, buah, buahan, daging, susu, dan lain – lain. Makanan yang kedua adalah makanan kurang bergizi, makanan ini tidak berbahaya untuk dimakan karena hanya akan memberikan efek kenyang saja, tetapi makanan ini mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung mineral atau vitamin, misalnya umbi jalar, singkong, dan nangka muda. Yang terakhir adalah makanan berbahaya, makanan ini tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebih. Disamping tidak memiliki gizi, makanan ini juga mengandung zat – zat berbahaya seperti pengawet, pewarna, dan perasa. Contohnya adalah junk food, mie instan, dan lain – lain.

6. Eksposisi proses

Eksposisi ini memiliki gagasan utama yang menyajikan tentang proses cara terjadinya atau cara membuat sesuatu. 

Hujan adalah jatuhnya air dari atmosphere bumi. Namun bagaimana caranya air bisa sampai di atas atmosphere bumi? ternyata hujan adalah akibat dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi seperti laut, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di atmosphere. Kumpulan partikel – partakel ini kemudian menjadi awan dan akan tertiup oleh angin menuju tempat lainnya. Jika konsentrasi awan tersebut menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi. Itulah sebabnya terjadi hujan di muka bumi ini.

7. Eksposisi definisi

Eksposisi ini memiliki gagasan utama yang berupa pengertian atau defines tentang suatu hal.

Contoh:

Jahe adalah tumbuhan serbaguna. Tumbuhan ini memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah bahan penyedap makanan. Jahe bisa menciptakan rasa pedas pada makanan sehingga makanan akan terasa lebih nikmat. Selain menjadi bahan makanan, jahe bisa digunakan sebagai obat – obatan. Tumbuhan ini dipercayai bisa mengobati dan mencegah penyakit seperti masuk angin. Hal ini dikarenakan jahe memiliki suatu senyawa yang berguna bagi tubuh manusia.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top