Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

loading...

Definisi Paragraf Padu dan Contohnya

Definisi Paragraf Padu dan Contohnya - Paragraf adalah rangakaian kalimat yang membentuk suatu gagasan utama. Agar menjadi paragraf yang baik, suatu paragraf harus memiliki syarat – syarat kelengkapan, kesatuan, dan kepaduan. Pada kesempatan ini, penulis akan membahas paragaraf padu.

Paragraf padu merupakan paragraf yang kalimat – kalimatnya tersusun atau terjalin dengan logis dan serasi. Untuk membentuk suatu paragraf yang padu, kalimat – kalimat tersebut harus disusun dengan urutan yang logis dan disambungkan dengan kalimat lainnya dengan menggunakan konjungsi atau kata sambung.

 

Cara Menyusun Paragraf Padu


1. Mengulang kata atau kelompok kata yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya.
2. Menggunakan kata penunjuk “itu”, “ini”, “tersebut”, dan lain-lain dan menggunakan kata ganti orang.
3. Membangun urut-urutan ide yang logis.
4. Menggunakan kata sambung intra kalimat dan antar kalimat.

Kata sambung intra kalimat adalah konjungsi yang menghubungkan antara kalimat induk dan anak kalimat seperti : “karena”, “dan”, “tetapi”, dan lain – lain.

Kata sambung antar kalimat adalah konjungsi yang menghubungkan antara kalimat dalam satu paragraf seperti : “oleh karena itu”, “oleh sebab itu”, “Namun”, “Terlebih lagi”, dan lain – lain.

Perhatikan contoh berikut! Susunlah kalimat – kalimat berikut menjadi sebuah paragraf yang padu.

Aku bangun tidur jam 5 pagi
Aku mengenakan pakaian
Aku merapikan tempat tidur
Aku berangkat sekolah
Aku mandi
Aku sarapan

Hari ini aku bangun jam 5 pagi. Setelah bangun aku merapikan tempat tidurku. Sehabis semuanya rapih, lalu aku mandi pagi. Kemudian aku mengenakan seragam sekolahku.  Setelah itu, aku segera sarapan bersama orang tuaku. Setelah semua siap, aku pun berangkat ke sekolah.

Paragraf di atas telah padu. Semua gagasan pada kalimat – kalimat di atas tersusun dengan logis dan sesuai urutan. Selain tersusun dengan logis, kalimat – kalimat di atas terjalin dengan menggunakan konjungsi sehingga terkesan tidak rancu dan enak dibacanya.
Advertisement

Contoh – Contoh Paragraf Padu


Contoh 1

Jakarta adalah kota yang sangat padat. Populasinya hampir mencapai 30 ribu jiwa penduduk. Kepadatan penduduk ini bukan karena penduduk asli Jakarta itu sendiri, melainkan karena penduduk luar yang datang berbondong – bondong ke Jakarta. Fenomena ini disebut dengan Urbanisasi. Mereka datang ke Jakarta dengan mimpi – mimpi yang besar. Namun, kebanyakan para pendatang tersebut tidak memiliki bekal yang berupa kemampuan atau skill sehingga mereka tidak bisa bersaing dan menjadi gelandangan. Akibatnya mereka mendirikan perkampungan kumuh di sudut – sudut kota, misalnya di bawah jembatan, di belantaran kali, di pingir jalan tol, dan lain – lain. Oleh karena itu, ibu kota terlihat sangat padat di seluruh sudut kota.

Contoh 2

Proses menanam singkong sangatlah mudah dan cepat. Kita hanya membutuhkan batang singkong dan sebidang tanah. Namun, sebelum ditanam, batang singkong perlu disiapkan terlebih dahulu, yaitu batang singkong harus dipotong dengan panjang sekitar 5 cm dengan ujung yang diruncingkan. Sebelum ditanam, potongan batang itu harus didiamkan di tempat yang lembab selama satu minggu untuk menghilangkan getahnya. Selagi menunggu batang singkong mengeluarkan tunas, siapkanlah lahan dengan mengemburkannya terlebih dahulu agar oksigen masuk ke dalam tanah. Setelah batang singkong mengeluarkan tunas dan lahan telah disiapkan, tanamlah batang singkong dengan jarak 10 cm antar batangnya agar tidak menggangu pertumbuhan umbinya. Kemudian langah selanjutnya adalah memberikan pupuk dan merawatnya. Setelah berumur 6 bulan singkong telah siap untuk dipanen.

Contoh 3

Berenang adalah olahraga yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan ketika berenang semua otot tubuh bergerak. Akibatnya badan menjadi lebih segar dan bugar setelah selesai berenang. Selain membuat tubuh segar dan bugar, berenang juga bisa menambah ukuran tinggi seseorang. Otot – otot yang bergerak akan meregang, terutama bagian otot tulang belakang akan memanjang. Oleh karena itu, olahraga renang sangatlah bermanfaat.

Latihan

Susunlah kalimat – kalimat berikut agar menjadi paragraf padu!

(1) Indonesia tetap melakukannya untuk memberikan efek jera pada para pengedar narkoba.
(2) Bahkan Brazil dan Australia mengancam akan menarik duta besarnya dari Indonesia.
(3) Pelaksanaan hukuman mati gelombang ke dua yang dilakukan oleh Indonesia mendapat protes dari beberapa Negara.
(4) Meskipun hukuman mati telah ditentang oleh dunia
(5) Mereka tetap melaksanakan hukuman mati terhadap para pelaku tersebut.
(6) Namun, pemerintah Indonesia tidak terpengaruh dengan berbagai tekanan tersebut.
(7) Protes – protes tersebut datang dari Negara – Negara yang warganya menjadi salah satu tersangka yang akan dieksekusi seperti Brazil. Australia, philipina, dan Perancis.

Kunci jawaban:

3 – 7 – 2 – 6 – 5 – 4 – 1 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top