Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Contoh Wawancara Tentang Pendidikan Terbaru

Contoh Wawancara Tentang Pendidikan Terbaru - Di bawah ini, terdapat sebuah contoh teks wawancara yang bertemakan mengenai pendidikan. Semoga bermanfaat.

 

Wawancara 1


Di bawah ini adalah contoh wawancara dengan guru di sekolah tentang pelaksanaan ujian nasioanl online

Pewawancara : Assalamualaikum, Selamat pagi Pak! Apakah saya bisa minta waktu Bapak sebentar untuk diwawancarai ?

Narasumber : Waalaikumsalam, Dengan senang hati! Mari silahkan!

Pewawancara : Baru – baru ini siswa – siswi SMA, SMP, dan SD telah menyelesaikan ujian nasional. Bagamana pendapat Bapak tentang ujian nasional tahun ini ?

Narasumber : Menurut saya pelaksanan ujian nasional tahun ini lebih sukses jika dibandingan dengan tahun – tahun sebelumnya. Hal ini bisa dilihat dari presentase kelulusan siswa yang hampir mencapai 100%. Ini dikarenakan ujian nasional bukan lagi menjadi penentu kelulusan siswa karena pemerintah telah mengembalikan keputusan untuk meluluskan siswa oleh sekolah masing - masing. Dengan begitu, penentuan kelulusan tidak hanya mempertimbangkan ujian nasioanl saja, tetapi ujian akhir sekolah pun turut dipertimbangkan.

Pewawancara : Lantas bagaimana dengan isu kebocoran kunci jawaban ujian nasioanal tahun ini. Apakah terjadi kebocoran juga seperti tahun – tahun sebelumnya ?

Narasumber : Tahun ini masih terjad kebocoran – kebocoran itu, tetapi dengan presentase yang lebih sedikit. Hal ini dikarenakan para siswa saat ini sudah tidak menjadikan ujian nasional sebagai momok lagi, sehingga mereka lebih santai dan enjoy dalam menghadapinya.

Pewawancara : Tahun ini di beberapa sekolah dilakukan uji coba pelaksanaan ujian nasioanal secara online. Apakah sekolah Bapak termasuk ke dalam sekolah yang melaksanakan ujian nasional secara onlie ?

Narasumber : Kami masih melaksanakan ujian nasional seperti biasa, tapi kami berharap tahun depan sudah bisa menerapkan sistem baru ini.

Pewawancara : Apa pendapat Bapak tentang sistem baru yang direncanakan oleh pemerintah ini ?

Narassumber : Saya sangat setuju dengan rencana pelaksanaan ujian nasional online, karena sistem baru ini banyak sekali manfaatnya, seperti bisa menekan angka kebocoran, tidak ada lagi keterlambatan dalam pendistribusian naskah soal dan bisa menghemat pengeluaran Negara. Namun, agar manfaat itu semua bisa didapatkan pemerintah harus menggodok matang rencana ini seperti gencar melakukan pelatihan dan sosialisasi di sekolah, dan memberikan fasilitas – fasilitas di sekolah.

Pewawancara : Saya masih kurang jelas dengan pendapat Bapak yang mengatakan bahwa ujian nasional online bisa menghemat pengeluaran Negara. Apakah bisa Bapak jelaskan ?

Narasumber : Dengan diadakannya ujian nasional online, maka pemerintah tidak perlu lagi mencetak ribuan bahkan jutaan naskah soal ujian nasional karena sudah bisa diakses secara online dan juga tidak perlu lagi melakukan pendistribusian soal ke wilayah – wilayah yang memakan banyak biaya. Oleh karena itu, dengan sistem baru ini anggaran – anggaran tersebut bisa dialihkan ke proyek lain.

Pewawancara : Baiklah terimakasih Bapak atas penjelasan dan waktunya!

Narasumber : Terimakasih kembali! 
Advertisement

 

Wawancara 2


Di bawah ini adalah contoh wawancara dengan calon walikota mengenai visi misi dirinya dalam bidang pendidikan.

Pewawancara : Selamat malam Pak, kami dari surat harian Kabar Pagi. Bisa minta waktunya sebentar untuk wawancara ?

Narasumber : Selamat malam, ohh mari silahkan!

Pewawancara : Bapak telah mencalonkan diri Bapak untuk maju dalam pemilihan calon walikota kota ini. Apasih motivasi yang membuat Bapak maju dalam pemilihan tahun ini ?

Narasumber : Saya ingin mengabdikan diri saya untuk memimpin kota ini berangkat dari kecintaan saya terhadap kota ini dan rasa khawatir saya dengan masalah – masalah yang tengah dihadapi oleh masyrakat saat ini. Oleh karena itu, saya dengan hati yang tulus mencalonkan diri saya dalam pemilihan walikota tahun.

Pewawancara : Lantas apa sih visi misi atau rencana Bapak dalam memajukan kota kita ini ?

Narasumber : Saya memiliki visi untuk menjadikan kota ini sebagai kota pendidikan dengan misi – misi yang banyak terutama di bidang pendidikan yaitu memberikan layanan pendidikan murah kepada masyarakatnya.

Pewawancara : Jika Bapak terpilih nanti, bidang apa yang ingin Bapak kembangkan untuk memajukan kota ini ?

Narasumber : Saya akan fokus dalam bidang pendidikan karena menurut saya semua sumber masalah yang terjadi di dunia ini adalah pendidikan. Contohya banyak para kriminal melakukan tindakannya karena mereka tidak berpendidikan. Jika saja mereka berpendidikan, merka sudah pasti bisa bekerja dan memenuhi kebutuhan hidup mereka tanpa melakukan tindakan kriminal. Begitu juga dengan masalah kemiskinan yang ada di kota ini, akar permasalahannya adalah keterbatasan pendidikan. Oleh karena itu saya akan fokus ke dalam bidang pendidikan untuk menyelesaikan permasalahan – permasalahn yang ada.

Pewawancara : Lantas apa langkah yang akan Bapak lakukan untuk memajukan pendidikan kota ini ?

Narasumber : Saya akan menjadikan pendidikan murah dari TK hingga bangku kuliah dan juga saya akan lebih memperhatikan lagi nasib para guru.

Pewawancara : Mengapa Bapak menjadikan pendidikan murah bukan pendidikan gratis ?

Narasumber : Menurut saya pendidikan gratis itu mustahil karena dalam pelaksanaanya masih saja orang tua dimintai biaya untuk membayar keperluan lain seperti seragam, biaya fotokopi dan biaya – biaya lain. Saya tidak ingin orang – orang yang memilih saya nantinya merasa tertipu. Dengan memurahkan biaya pendidikan, selain bisa memberikan kesempatan bagi siswa miskin untuk bersekolah bisa juga memberikan mereka tanggung jawab yang besar karena jika gratis mereka akan tidak serius bersekolah.

Pewawancara : Oh jadi begitu, baiklah semoga apa yang Bapak harapkan bisa terwujud dan cita – cita Bapak untuk menjadikan kota ini sebagai kota berpendidikan semoga bisa terlaksana. Terimakasih atas waktunya!

Narasumber : Terimakasih kembali.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top