Portal pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

9 Contoh Paragraf penutup Essay dan Pidato

Contoh Paragraf penutup Essay dan Pidato - Paragraf penutup adalah paragraf akhir dalam sebuah ringkasan atau tulisan yang berupa kalimat – kalimat kesimpulan, saran, pesan maupun salam penutup.

Paragraf penutup tidak bisa disepelekan atau dianggap tidak penting  dalam tulisan karena paragraf ini merupakan bagian krusial yang akan memberikan kesan positif bagi para pembacaanya. Berikut ini adalah paragaf penutup dalam essay dan pidato:

1. Paragraf penutup essay
Paragraf penutup dalam essay berisi kesimpulan yang diambil dari ringkasan poin – poin yang telah dibahas dalam tubuh essay sebelumnya. Di bawah ini adalah cara membuat paragraf penutup essay:
1. Mulailah paragraf penutup dengan kata taransisi seperti “Oleh karena itu”, “Oleh sebab itu”, “berdasarkan …”, “jadi”, dan lain – lain.
2. Ringkaslah poin – poin utama secara singkat dengan menggunakan kalimat lain untuk memperkuat kesimpulan yang akan dibuat.
3. Buatlah kesimpulan yang manis dan menarik dalam satu kalimat.

 

A. Contoh Paragraf Penutup Essay


Paragraf penutup essay pendidikan

Berdasarkan poin – poin di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ujian nasional melalui sistem online bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada saat ini karena pada kenyataannya malah menimbulkan permasalahan baru seperti ketidaksiapan sekolah – sekolah, kekurangan fasilistas, dan menimbulkan kemungkinan kebocoran yang lebih mudah. Oleh karena itu, pelaksanaan ujian nasional online ini harus direvisi kembali agar dunia pendidikan kita menjadi lebih baik.

Paragraf penutup essay ekonomi

Oleh sebab itu, pertumbuhan ekonomi mikro sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di suatu Negara. Hal ini dikarenakan ekonomi mikro akan mempercepat laju peredaran uang, menghasilkan devisa Negara, dan mengangkat pendapatan perkapita penduduk di dalam suatu Negara. Jadi, jika pertumbuhan ekonomi masyarakatnya baik, maka tidak diragukan lagi pertumbuhan ekonomi suatu Negara juga akan membaik.

Paragraf penutup essay budaya

Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui bahwa budaya akan mempengaruhi perilaku manusia dalam bersosialisasi di masyarakat. Budaya dapat membentuk karakter seseorang, mengarahkan kehidupan seseorang dan menciptakan suatu kebiasaan. Oleh karena itu, peran budaya tidak bisa lepas dalam membentuk suatu kehidupan bermasyarakat baik hal yang buruk maupun baik.

Paragraf penutup essay kesehatan

Tak diragukan lagi bahwa merokok bisa mengakhiri hidup para pengkonsumsinya karena di dalam rokok terkandung zat – zat berbahaya seperti nikotin, tar, Co, dan ammoniac yang sangat mematikan. Oleh karena itu, rokok adalah pembunuh masal yang berdarah dingin bagi manusia.
Advertisement

B. Paragraf Penutup Pidato


Paragraf penutup pada pidato sama pentingnya dalam essay karena paragraf ini yang akan menentukan kesan pendengar akan pidato yang telah disampaikan. Pada umumnya, paragraf penutup di dalam pidato berisi kesimpulan pidato, saran yang berupa ajakan, dan salam penutup. Di bawah ini adalah cara menutup pidato:

1. Ringkas kembali pidato yang telah disampaikan dengan bahasa yang berbeda dan singkat.
2. Bisa juga ditambahkan kutipan, peribahasa, atau doa.
3. Sampaikan kesimpulan dan saran.
4. Akhiri dengan klimaks atau nada yang tinggi untuk membangkitkan semangat dalam pidato tertentu.
5. Akhiri dengan salam penutup.

Contoh paragraf penutup pidato

Paragraf penutup pidato dengan doa

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Marilah kita peringati maulid Nabi Muhammad SAW ini dengan meneladani sikap dan perilaku beliau. Semoga apa yang telah saya sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan jika ada kesalahan dalam penayampaian, saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Akhirul kalam. Wallahul muwafik, ilaa aqwamith thariiq, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh"

Paragraf penutup pidato dengan persuasif 

Hadirin yang berbahagia,

berdasarkan uraian – uraian yang telah saya sampaikan di atas, dapat kita simpulkan bahwa menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting karena akan menimbulkan dampak yang baik bagi kita. Oleh karena itu, marilah kita bersama – sama membersihkan lingkungan dengan memulainya dari lingkungan kita sendiri agar kita terhindar dari penyakit. Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan kali ini semoga apa yang saya sampaikan bisa berguna bagi kita semua. Saya akhiri wassalamualaikum wr . wb.

Pargaraf penutup pidato dengan membangkitkan semangat

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan kali ini. Di hari kemerdekaan ini, marilah kita jadikan momentum untuk kembali bersatu untuk mempertahankan negeri kita ini dan marilah bangun negeri ini agar bisa sejajar dengan bangsa – bangsa lain yang ada di dunia ini.

SEKALI  MERDEKA TETAP MERDEKA! MERDEKA!

Saya akhiri wassalamualaikum wr. wb.

Pargaraf penutup pidato dengan mengutip suatu kutipan

Hadirin yang berbahagia,

Seperti pepatah asing yang mengatakan “Men Sana in corpore sano” di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Oleh karena itu ayolah berolahraga yang teratur agar tubuh sehat dan menjadi kuat sehingga kita bisa mewujudkan apa yang telah kita cita – citakan. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan saya akhiri wassalamualaikum wr. wb.

Paragraf penutup dengan menambahkan peribahasa

Hadirin yang berbahagia,

Jika ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang mandi, dan bila ada umur yang panjang semoga kita berjumpa kembali. Demikianlah pidato kali ini, Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada guru, dan teman – teman sekalian dan  semoga  hari perpisahan ini bukanlah hari terakhir kita berjumpa tetapi awal dimana kita menata kembali pertemuan yang lebih bermakna. Jika ada kesalahan saya mohon maaf dan saya akhiri wassalamuwallaikum wr. wb.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top